Nusagatrip

Wisata Edukasi MC Edupark Cepu

Cuti bersama lebaran 2019 sudah usai. Saudara yang datang dari perantauan sudah kembali ke perantauan lagi.  Yang sekolah sudah balik ke rutinitas sekolah. Abah K masih ada beberapa urusan, jadwal pulang masih lama. Si K mulai bosan karena biasanya main sehari suntuk bersama saudara-saudaranya. Kami pun memutuskan untuk melanjutkan Family Project Mbolang Bareng si K. Mbolang Bareng si K#4 kali ini kami menjelajah MC Edupark, Cepu.

MC Edupark, Migas Cepu Edupark adalah salah satu wahana yang disediakan oleh perusahaan Minyak dan Gas Cepu untuk masyarakat umum. Kami menemukannya tidak sengaja ketika perjalanan ke rumah saudara di Cepu. MC Edupark Cepu ini tersedia beberapa spot yang lumayan terawat.

Mengenal Aneka Transportasi yang Digunakan di Migas Cepu

Spot transportasi adalah spot favorit si K. Doi girang ketika menemukan aneka transportasi, dari Grader sampai Oilfield Truck. Disini anak mengenal alat transportasi apa saja yang digunakan dalam operasional kilang minyak. Apa saja fungsi setiap alat transportasi tersebut ditampilkan dalam deskripsi di depan moda transportasi. Sayang,padabeberapa alat transportasi, deskripsinya hilang.

Grader di MC Edupark Cepu
Grader di MC Edupark Cepu

Enggak cuma alat transportasi, di spot ini juga ada lukisan 3D yang bisa kita gunakan untuk foto-foto. Ada jembatan dan ikan hias. Kami cuma sempat foto seadanya karena si K sudah melesat keluar menuju kolam renang.

Grader di MC Edupark Cepu
Grader di MC Edupark Cepu

Kolam Renang Gratis MC Edupark Cepu

Ada tiga bagian kolam renang di MC Edupark Cepu. Kolam renang pertama merupakan kolam renang penuh wahana. Dari papanluncur hingga tong guyuran air. Kolam renang kedua kolam renang dangkal. Kolam renang ketiga kolam renang dalam.

Ketiga kolam renang tersebut gratis. Tidak dipungut biaya sepeser pun. Meski gratis, rupanya pihak Migas Cepu inginmemberikan yangterbaik untuk pengunjung. Airnya jernih, wahananya terawat. Si K betah banget di kolam renang dangkal. Bocah 3 tahun ini belum berani mencoba kolam renang wahana karena papan seluncurnya meliuk-liuk panjang. Oh ya, di kolam renang dangkal juga ada papan luncurnya, hanya saja tidak sepanjang di kolam renang wahana.

Kolam Wahana MC Edupark Cepu
Kolam Wahana MC Edupark Cepu

Ada persewaan pelampung di dekat pintu keluar, jadi satu dengan persewaan ATV. Lokasinya yang enggak menyatu dengan kolam membuat kami tidak berpikir untuk menyewa pelampung. Sempat melihat beberapa anak menggunakan pelampung, tetapi tolah-toleh kanan kiri enggak ketemu persewaan pelampung. Baru ketemu saat kami keluar. Wkwkwk

Kamar mandi dan tempat bilasnya tersedia cukup bersih dan terawat. Ada 5 buah kamar mandi yang tersedia. Jadi setelah berenang kita bisa membilas badan di ruang terturtup. Meski saat itu kondisi kolam sangat ramai, kami enggak perlu antri menggunakan kamar mandi.

Restoran dan Tempat Nyantai

MC Edupark Cepu melarang pengunjungnya membawa makanan dan minuman dari luar.  Di area kolam renang terdapat restoran dan warung penyedia camilan. Kami enggak mencoba restorannya karena menu yang disajikan enggak food combiner friendly.  Kami hanya membeli jajan untuk si K, Pop Mie, kacang dan coklat. Wkwkwkwk, iya, kami masih membolehkan si K jajan Pop Mie sekali-kali. Harganya lebih mahal daripada beli di luar, sih, tapi masihlebih murah jika dibandingkan dengan tempat wisata lain, untuk Pop Mie ukuran besar harganya 8k/ cup.

Tempat nyantainya pun nyaman. Kami duduk di kursi berpayung dekat tempat memanah, di belakang warung penjual camilan. Meski ada peringatan dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, kami cukup santai sarapan buah disini. Hahaha

Fasilitas Lain MC Edupark Cepu

Selain pameran transportasi, kolam renang dan tempat nongkrong yang kece, MC Edupark Cepu juga menyediakan fasilitas sepeda air, panahan dan penyewaan ATV. Oh ya, masih ada spot foto payung warna-warni yang kece. Sayang, emak K motoin si K dan abahnya malah fotonya bocor dimana-mana. Banyak orang seliwar-seliwir. Heuuu.

Persewaan ATV MC Edupark Cepu
Persewaan ATV MC Edupark Cepu

Review MC Edupark Cepu

Tempat wisata edukasi yang hanya membebankan tarif parkir 2k untuk sepeda motor dan 5k untuk mobil ini kukasih nilai 4 dari 5 bintang. Nyaris sempurna, bersih dan dikelola dengan professional. Kelemahannya hanya di harga makanan dan persewaan alat panah yang enggak ketemu jejaknya. Hihihi.

Terletak di antara Lapangan Golf dan Lapangan Atletik Migas Cepu, Wonotejo, Cepu,Kabupaten Blora, MC Edupark tidak terjangkau layanan transportasi publik. Kalau enggak bawa kendaraan pribadi, mungkin bisa menyewa delman di Pasar Cepu atau Taman Seribu Lampu Cepu.

Payung MC Edupark Cepu
Payung MC Edupark Cepu

Waktu terbaik untuk berkunjung ke MC Edupark Cepu adalah sore jelang maghrib. Sore berenang dikolam renang dan foto-fotoan di spot transportasi dan gambar3D. Habis maghrib bisa menikmati spot MC Edupark dengan lampu-lampunya. Kami saat itu datang jam 10 siang, saat panas-panasnya dan cahaya enggak cukup bersahabat untuk diajak pepotoan, blereng, Gaiss.

Kata Kunci

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close