Nusagatech

Tutorial Firebase: Autentikasi Google Menggunakan JavaScript

Authenticate Using Google Sign-In with JavaScript

Firebase memberikan kemudahan untuk developer dalam membuat aplikasi. Kita bisa menggunakan hosting, realtime database, cloud function, notifikasi, dan lain-lain secara terpadu hanya dengan layanan Firebase. Kita tidak perlu repot-repot menyewa server atau VPS untuk membuat suatu inovasi aplikasi berkualitas tinggi yang membutuhkan biaya mahal. Firebase menawarkan layanannya secara gratis untuk para pengembang skala kecil.

Autentikasi Google Menggunakan JavaScript

Firebase menawarkan model autentikasi yang bermacam-macam dan salah satunya adalah autentikasi menggunakan akun Google yang bisa dilakukan menggunakan API JavaScript. Dengan autentikasi ini, kita tidak perlu repot-repot membuat sistem untuk menampung pengguna sendiri. Semua itu sudah dibuatkan oleh Google melalui produknya, Firebase.

Langkah-langkah Autentikasi Google Pada Firebase

Sebelum kita dapat menggunakan Firebase pada aplikasi, kita perlu menambahkan script dependensi Javascript kedalam dokumen project kita. Adapun script yang perlu ditambahkan untuk memlakukan autentikasi ini adalah sebagai berikut:

Menambahkan Dependency Firebase

Tambahkan kode di atas di dalam tag <head>  pada dokumen project yang sedang kita kerjakan.

Menambahkan Konfigurasi Project Firebase

Setelah dependency ditambahkan, selanjutnya kita tambahkan kode konfigurasi. Kode konfigurasi ini bisa didapat dari pengaturan project Firebase:  Project SettingsAdd AppAdd Firebase  to your web app.

Kode konfigurasi tersebut kurang lebih tampak seperti di bawah ini:

Tambahkan kode konfigurasi di atas tepat setelah kode dependency yang kita tambahkan sebelumnya.

Membuat Kode Untuk Login Menggunakan Google

Di bawah ini adalah contoh untk membuat autentikasi menggunakan Google.

Mengecek Status User Sudah Login Atau Belum

Untuk mengecek status user apakah sudah login atau belum, kita bisa menggunakan fungsi onAuthStateChanged(); Contoh penggunaannya adalah seperti di bawah ini:

Demikianlah tutorial singkat untuk membuat autentikasi Google di Firebase menggunakan JavaScript. Jika ada kode yang tidak tampak/hilang, silahkan kunjungi langsung melalui browser karena pada Instant Article Facebook, biasanya kode-kode contoh tidak bisa ditampilkan.

Tahukah Kamu Arti celemotan?

ce·le·mo·tan /celémotan/ a berbercak-bercak (berpalit-palit) dng kotoran (lumpur dsb): mukanya -- krn terjatuh di tempat yg berlumpur
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close