Nusagatizen

Tutorial Cara Membuat Bitcoin Wallet

Daftar Isi Cara Membuat Bitcoin Wallet

  1. Pengertian Bitcoin (BTC)
  2. Pengertian Bitcoin Wallet
  3. Pengertian Blockchain
  4. Cara Membuat Bitcoin Wallet atau Alamat Bitcoin

Pengertian Bitcoin (BTC)

Bitcoin atau yang biasa disebut dengan BTC adalah mata uang crypto currency yang ditemukan oleh Satoshi Nakamoto. Mata uang bitcoin ini semakin meningkat penggunanya seiring berjalannya waktu. Konon, Bank Indonesia (BI) juga memiliki rencana untuk mengadopsi mata uang bitcoin sebagai mata uang pembayaran yang sah di Indonesia.

Menurut Wikipedia, secara singkat, bitcoin digambarkan seperti kutipan di bawah ini:

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka (open source) yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi . Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas (anonymous) dan pemindahan kekayaan. Bitcoin – bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu Bitcoin – bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin. Topologi peer-to-peer bitcoin dan kurangnya administrasi tunggal membuatnya tidak mungkin untuk otoritas, pemerintahan apapun, untuk memanipulasi nilai dari bitcoin – bitcoin atau menyebabkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin. (dikutip dari Wikipedia pada 16 Mei 2017 pukul 05:27 )

Pada saat tutorial ini ditulis, Kurs bitcoin terhadap mata uang rupiah adalah Rp. 24.762.000/1 BTC. Nilai yang cukup fantastis. Dulu waktu pertama kali aku mengenal bitcoin, kursnya terhadap rupiah baru sekitar 7 sampai 8 jutaan.

Aku pernah ragu mengenai mata uang bitcoin karena di sebuah forum ramai memperbincangkan mengenai para pelaku trading bitcoin yang terkena tipu oleh orang-orang yang mengiming-imingi mereka laba besar dengan berinvestasi sejumlah nominal. Ternyata ketika jatuh tempo investasi dan pembagian hasil harus dilakukan, para trader tersebut tidak mendapat jatah bagi hasil. Malahan! situs yang memberikan penawaran investasi tersebut ditutup. Beberapa waktu kemudian, aku baru tahu kalau itu adalah skema ponzi yang digunakan untuk mengelabuhi para trader. Bukan bitcoinnya yang salah tetapi para pelakunya yang licik berusaha menyalahgunakan kesempatan untuk mencari penghidupan melalui bitcoin.

Oke! cukup sampai disitu saja basa-basinya. Sekarang kita langsung ke pembahasan mengenai cara membuat wallet bitcoin (bitcoin wallet).

Pengertian Bitcoin Wallet (Alamat Bitcoin)

Oh iya! Sebelum kita melanjutkan pada cara membuat bitcoin wallet, akan aku jelaskan secara singkat mengenai apa itu bitcoin wallet.

Bitcoin wallet atau bisa disebut juga dengan bitcoin address adalah alamat bitcoin yang dapat menampung saldo bitcoin. Bitcoin wallet ini semacam rekening bank. Jika di dalam dunia perbankan kita bisa menerima dan mengirim uang menggunakan nomor rekeneing, di bitcoin kita bisa mengirim dan menerima bitcoin menggunakan bitcoin wallet atau alamat bitcoin yang kita miliki. Contoh bitcoin wallet tersebut adalah seperti ini: 1En6drghBvQK27HxuZyYzRtqxWMGScupgk.

Transaksi yang dilakukan melalui bitcoin wallet bisa dilihat oleh siapapun alias bersifat publik. Namun, sistem bitcoin tidak menunjukkan siapa pemilik wallet tersebut karena memang konsep mata uang bitcoin adalah dibuat anonymous. Transaksi yang bersifat publik ini membuat bitcoin lebih aman karena antara pengirim dan penerima bitcoin bisa sama-sama monitor transaksi mereka. Jika misalnya pengirim bitcoin menyatakan sudah mengirim bitcoin tetapi penerima belum melihat adanya penambahan saldo pada walletnya maka mereka bisa sama-sama melihat riwayat transaksi kedua wallet tersebut dan mencocokkan hasilnya. Siapa yang berusaha berbohong akan ketahuan.

Pengertian Blockchain

Blockchain adalah sistem database yang terdistribusi untuk mencatat transaksi mata uang criptocurency. Kita bisa melihat riwayat transaksi bitcoin melalui blockchain ini. Contoh riwayat transaksi bitcoin pada blockchain bisa dilihat pada link berikut ini.

Data yang sudah masuk ke dalam database blockchain tidak bisa diubah ataupun dihapus karena terdistribusi ke jaringan pengguna sistem bitcoin di seluruh dunia. Semua pengguna bitcoin di seluruh dunia akan menampilkan jumlah bitcoin yang sama. Meskipun bitcoin tersebut disimpan di komputer pribadi, pemilik wallet bitcoin tidak bisa menambah saldonya sendiri karena kalau dia menambah saldonya sendiri akan membuat jumlah bitcoin pada sistemnya tidak sama dengan jumlah bitcoin yang beredar sesungguhnya.

Cara Membuat Bitcoin Wallet

Kita bisa membuat bitcoin wallet dengan banyak cara. Salah satu cara yang paling gampang akan dijelaskan pada tutorial ini. Langsung saja kita bahas mengenai cara membuat bitcoin wallet tersebut. Ikutilah langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Untuk membuat wallet, langkah pertama adalah klik bitcoin.co.id
  2. Isi nomor HP utama dengan benar. Nomor ini akan digunakan untuk mengirim pin verifikasi dan hal penting lainnya.
  3. Isi nomor telpon alternatif. Nomor telpon ini akan digunakan sebagai kontak cadangan ketika nomor HP utama hilang.
  4. Isi username sesuai keinginan. Username wajib diisi dan akan digunakan sebagai url afiliasi.
  5. Isikan password dan ulangi password dengan benar.
  6. Centang checkbox setuju dengan syarat dan ketentuan.
  7. Validasi capcha untuk membuktikan bahwa kamu adalah manusia. 😀
  8. Setelah semuanya valid selanjutnya klik Lanjutkan Pendaftaran. Lihat penampakannya seperti gambar di bawah ini.
    Cara Membuat Bitcoin Wallet atau Alamat Bitcoin
    Cara Membuat Bitcoin Wallet atau Alamat Bitcoin
  9. Setelah itu akan diredirect ke halaman login. Silahkan login atau verifikasi email terlebih dahulu agar tidak bolak-balik. Cek email masuk, cari email yang dari bitcoin.co.id kemudian klik link untuk verifikasi.
  10. Selesai. kamu sudah memiliki alamat bitcoin atau bitcoin wallet baru. Selamat.

Demikian tutorial singkat mengenai cara membuat bitcoin wallet.

Tahukah Kamu Arti eklektik?

ek·lek·tik /ékléktik/ a bersifat memilih yg terbaik dr berbagai sumber (tt orang, gaya, metode)
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close