Uncategorized

Tutorial Cara Backup Pengaturan Wifi Indihome

Indihome adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Telkom Indonesia yang menawarkan beberapa paket di dalamnya. Diantara layanan-layanan yang disediakan oleh Telkom Indonesia melalui Indihome ini adalah koneksi Internet yang menggunakan jaringan fiber optic, layanan Usee TV untuk menikmati konten yang disediakan oleh stasiun TV lokal maupun internasional, dan layanan telpon rumah maupun kantor.

Setiap pelanggan yang menggunakan layanan Indihome akan mendapat hak sewa modem yang digunakan sebagai broadcaster dan control layanan Indihome. Modem yang disewakan ini tidak selalu sama dari segi merk dan tipenya. Setiap pengguna bisa saja diberi modem yang berbeda-beda merk dan tipe. Kebetulan modem yang disewakan untuk layanan Indihome yang kugunakan adalah merek ZTE F609.

Melalui web panel yang disediakan, kita bisa mengatur atau mengonfigurasi modem yang kita pakai untuk layanan Indihome sesuai keinginan kita. Kita bisa mengaktifkan multi SSID (wifi) menggunakan satu modem ini, kita bisa mengatur sandi (password) untuk masing-masing SSID yang diaktifkan, memfilter URL atau IP yang boleh diakses, atau mengganti password login ke web panel. Fitur lainnya masih banyak namun tidak dijelaskan secara detail pada catatan ini.

Catatan ini hanya fokus pada pembahasan mengenai tutorial cara membackup pengaturan Wifi Indihome menggunakan USB. Cara itu bisa disimak dan diikuti seperti langkah-langkah yang disajikan di bawah ini:

    1. Masuk ke web panel. Umumnya menggunakan alamat 192.168.1.1, Namun untuk memastikan url web panel yang bisa kita gunakan, kita bisa mengetahuinya melalui command prompt di Windows dengan mengetikkan ipconfig.

      Cara Mengetahui Default Gateway Komputer
      Tampilan Default Gateway di Command Prompt (cmd) Windows yang didapat menggunakan command ipconfig
    2. Setelah mengakses ip default gateway kita akan dihadapkan dengan halaman login. Kita bisa masuk atau login menggunakan user: user dan password: user.

      Login Web Panel Wifi Indihome
      Tampilan halaman login web panel Wifi Indihome menggunakan modem ZTE F609
    3. Setelah berhasil masuk atau login ke dashboard web panel Wifi indihome selanjutnya adalah klik menu Administration lalu klik USB Backup.
      Backup Pengaturan Wifi Indihome
      Tampilan halaman backup USB pada dashboard web panel Wifi Indihome menggunakan modem ZTE F609

      [box type=”info” align=”” class=”” width=””]USB (flashdisk) harus ditancapkan ke modem terlebih dahulu sebelum masuk ke menu USB backup. Jika hal ini tidak dilakukan maka pada bagian USB device akan kosong (tidak ada device yang terdeteksi)[/box]

    4. Setelah sistem berhasil menginisiasi flashdisk yang mau kita gunakan untuk membackup pengaturan wifi Indihome dengan ditandai USB Device manampilkan directory USB maka selanjutnya klik tombol Start Backup. Sistem akan menampilkan prompt (dialog) apakah yakin mau membackup. Klik Yes. Tunggu sampai proses backup selesai ditandai dengan prompt backup process successfully.

Demikian catatan singkat mengenai tutorial cara backup pengaturan wifi Indihome. Semoga bermanfaat.

Pencarian Terkait:

  • backup semua pengaturan indihome
  • cara backup seting telkom indihome
  • ipconfig indihome

1 thought on “Tutorial Cara Backup Pengaturan Wifi Indihome”

Tinggalkan Balasan