Uncategorized

Tips SEO Onpage untuk Blogger


Pengertian SEO Onpage

SEO onpage adalah optimasi SEO yang dilakukan langsung di halaman blog yang kita kelola. Optimasi ini bisa dilakukan dengan cara automatis ada juga yang dilakukan dengan cara manual. Beberapa blogger mungkin lebih suka menggunakan penerapan SEO yang otomatis karena lebih praktis, tidak ribet. Namun, ada juga yang lebih suka optimasi SEO dengan cara manual karena menyangkut masalah kepuasan blogging.

Tips SEO Onpage untuk Blogger

Artikel ini akan membahas beberapa tips SEO Onpage. Beberapa tips ini sering diabaikan oleh blogger. Padahal! pengaruhnya untuk SEO sangat bagus. Apa saja tips SEO Onpagenya? Silahkan simak di bawah ini:
  • Optimasi Judul: Ketika membuat judul, selain segi atraktif yang dikejar, kita juga harus mempertimbangkan panjang kata yang kita gunakan untuk judul. Kalau di dalam penulisan karya Ilmiah, panjang kata yang standar maksimal adalah sekitar 15 kata. Namun, hal ini tentu berbeda kalau kita membuat judul artikel yang kita gunakan untuk web. Serach Engine memiliki standar tersendiri berapa panjang karakter (bukan kata) yang bisa ditampungnya. Berdasarkan moz.com, panjang karakter yang bisa ditampung oleh Google antara 42 – 68. Jika terpaksa menulis judul melebihi jumlah karakter tersebut, sebaiknya keyword utama diletakkan di depan agar tidak terpotong oleh Google. Lihatlah contoh judul artikel panjang yang dipotong Google di bawah ini:
    Contoh Judul Artikel Terpotong oleh Google
    Contoh Judul Artikel Terpotong oleh Google
  • Optimasi Keyword Pada Konten Artikel: Ketika menulis sebuah artikel, usahakan menuliskan beberapa keyword di dalam tubuh artikel tersebut. Usahakan keyword tersebut mendukung keyword yang digunakan pada judul artikel. Jika mengacu pada plugin yoas, SEO Onpage yang bagus adalah ketika di dalam tubuh artikel ada kalimat yang sama persis dengan judul yang digunakan. Contoh dalam hal ini adalah: Tips SEO Onpage untuk Blogger. Kita bisa membuat keyword tersebut muncul secara automatis. Tambahkan kode berikut ini di atas post footer:

    Berdasarkan saran SEO oleh Yoas, minimal artikel adalah 300 kata.
    Selain itu, kita juga bisa menggunakan tag ataupun kategori yang bisa mendukung  keyword yang kita gunakan.

  • Optimasi Penggunaan Gambar: Gambar merupakan objek penting untuk SEO. Banyak pengunjung datang karena melihat gambar kita yang terlihat menarik. Untuk itu Optimasi Gambar perlu dilakukan. Hal yang paling sering dilupakan oleh blogger adalah nama gambar sering tidak ditulis dengan benar. misalnya 1.jpg image.jpg, index.jpg, nama seperti itu tidak SEO Friendly. Penamaan gambar sangat berpengaruh bagi mesin pencari untuk mendeteksinya. Gambar dengan nama Indonesia lebih disukai mesin pencari daripada 1nd0ne514. Selain penamaan pada gambar, caption, alternate, dan title gambar juga perlu diperhatikan. Usahakan saling mendukung keyword yang digunakan untuk judul artiel.
  • Optimasi Meta dan judul blog: tips ini bisa dilihat pada artikel berikut: Tips SEO untuk Blogger
  • Optimasi tampilan blog: Berdasarkan publikasi Google terbaru, Google lebih memilih blog yang responsif/user friendly. Jadi, blog yang bisa menyesuaikan layar user lebih diutamakan oleh Google.
Demikian beberapa Tips SEO Onpage untuk Blogger.

Penulis
Ahmad Budairi

Tinggalkan Balasan