Tips Menolak Cinta Secara Halus

Memilih pasangan sesuai dengan kriteria yang diinginkan merupakan dambaan setiap orang. Namun adakalanya kita ingin menolak pernyataan cinta dari orang lain karena berbagai alasan seperti: tidak sesuai harapan, kesibukan kuliah, dilarang orang tua dan lain sebagainya.

Kita perlu menolak cinta secara halus dengan kalimat yang sekiranya tidak menyakitkan agar tidak malah menimbulkan kebencian. Yuk simak tips dibawah ini supaya kamu nggak bingung gimana caranya menolak cinta secara harus.

Menolak Cinta dari Teman Sekampung

Teman sekampung biasanya orang yang dekat dengan kita sejak masa kanak-kanak. Sebagian besar orang tidak ingin merusak persahabatan yang sudah dimulai sejak kecil itu.

Pertengkaran masa kecil mungkin adalah suatu hal yang biasa. Namun ketika pertengkaran itu terjadi karena putus cinta mungkin bisa menyebabkan keduanya merasa asing saat bertemu.

Salah satu jawaban penolakan cinta secara halus yang bisa kamu gunakan untuk teman sekampung adalah sebagai berikut:

“Maaf, Selama ini aku sudah menganggapmu sebagai teman yang sangat dekat denganku. Aku tak ingin suatu saat nanti kita akan menjadi orang asing. Padahal sejak kecil kita selalu bermain bersama. Mari menjadi sahabat selamanya.”

Reyhan

Menolak Cinta dari Teman Sekelas

Beberapa orang menganggap bahwa memiliki kekasih dalam satu kelas menjadi penghambat ketika ia belajar. Mereka merasa bahwa fokusnya akan terbagi antara memperhatikan dosen yang memberikan materi atau memperhatikan kekasihnya yang tak ingin ia lewatkan. Oleh karena itu, tak jarang banyak yang memilih untuk tidak memiliki hubungan dengan teman sekelas.

Buat kalian yang pengen menolak ungkapan cinta dari teman sekelas bisa menolaknya dengan kalimat berikut:

“ Maaf untuk saat ini aku tidak ingin fokus belajarku terbagi, karena kuliah adalah prioritas utamaku. Untuk saat ini aku ingin menuntaskan kewajibanku terlebih dahulu, mungkin di lain kesempatan aku dan kamu bisa menjadi kita.”

Reyhan

Menolak Cinta dari Teman organisasi

Cinlok atau cinta lokasi dalam sebuah organisasi adalah hal yang sangat umum terjadi. Biasanya terjadi antara ketua dengan sekretaris atau antar teman satu divisi.

Kebersamaan dalam menghadapi masalah bersama terkadang membuat salah satu atau keduanya merasa nyaman. Namun sayangnya ketika hubungan tersebut terjalin tak sedikit orang yang menunjukkan sikap tidak profesional dalam melakukan tugasnya.

Bumbu-bumbu dalam sebuah hubungan terkadang bisa dibawa ke dalam organisasi.

Kalian yang ingin menolak pernyataan cinta pada kondisi seperti ini bisa mengatakan

“Maaf, aku ingin menjadi seseorang yang profesional dalam melaksanakan tugasku. Mungkin sekarang kita bisa saja berkomitmen setelah hubungan ini terjalin kita akan tetap profesional. Namun kita tidak pernah tau masalah apa yang akan kita hadapi kedepannya. Dan aku belum siap untuk menerima resiko tersebut. Setidaknya tunggu sampai masa jabatan kita selesai jika kamu ingin aku dan kamu menjadi kita.”

Reyhan

Menolak Cinta dari Dosen

Sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan adanya perbedaan status antara dosen dengan mahasiswa. Namun ada juga yang lebih menyukai hubungan dengan seseorang yang memiliki status yang sama.

Jika kalian sedang mengalaminya dan tidak ingin menjalani hubungan cinta antara mahasiswa dengan dosen, bisa menolak secara halus menggunakan kalimat seperti berikut

“Maaf pak, mungkin untuk saat ini saya ingin fokus kuliah terlebih dahulu. Jika bapak berkenan mungkin bisa menunggu saya sampai lulus kuliah.” Atau “Saya merasa nyaman disamping bapak karena saya sudah menganggap anda seperti kakak saya.”

Reyhan

Menolak Cinta dari adik kelas

Adik-kakak zone sudah menjadi masalah yang umum bagi kebanyakan remaja hingga dewasa awal (adolesence). Banyak faktor yang mendasari kenapa mereka lebih memilih melakukan hubungan tersebut. Biasanya karena kakak kelas cenderung menyukai seseorang yang lebih dewasa.

Cara menolak pernyataan cinta adik kelas secara halus bisa menggunakan kalimat berikut:

“Maaf, tapi aku sudah menganggapmu sebagai adikku sendiri.”

Reyhan

Bisa juga menggunakan jawab seperti ini:

“Maaf, aku belum tertarik untuk melakukan hubungan seperti pacaran, lagipula selama ini aku sudah menganggapmu sebagai adikku sendiri.”

Reyhan

Memang mustahil menolak cinta tanpa menyakiti hati, tetapi menolak cinta secara halus akan lebih membuat orang lain merasa dihargai sehingga cinta yang ditolak tidak menimbulkan efek yang membahayakan.

Selamat mencoba.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Pattika Reyhan
Pattika Reyhan
Seorang mahasiswa Psikologi, yang suka mengekspresikan sesuatu lewat sebuah tulisan

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit