Teks Eksplanasi; Pengertian, Struktur dan Contohnya

Tahukah kamu teks eksplanasi itu apa? Teks Eksplanasi merupakan teks berupa fakta yang berisi penjelasan atau uraian suatu hal secara detail atau terperinci. Menurut Bahasa, teks artinya tulisan panjang. Sedangkan eksplanasi berasal dari bahsa Inggris, yaitu explain yang artinya menjelaskan. Jadi secara keseluruhan teks eksplanasi artinya sebuah tulisan yang panjang berisi penjelasan suatu hal.

Seperti yang di ungkapkan oleh Restuti ( 2013:85) pengertian teks eksplanasi adalah jenis teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

Mahsun ( 2013: 189 ), Teks Eksplanasi adalah  teks yang disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup. Maka tidak heran teks eksplanasi ini berupa tulisan panjang berisi uraian penjelas.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki struktur yang tersusun teratur. Sehingga memudahkan pembaca mencerna informasi secara bertahap dan akhirnya memahami suatu hal secara menyeluruh. Struktur teks eksplanasi meliputi pernyataan umum, deretan penjelas dan kesimpulan.

Pernyataan umum

Pernyataan umum pada teks eksplanasi berisikan kalimat yang sifatnya masih umum. Mengapa masih umum? Karena informasi yang tercantum meringankan pembaca sebelum menuju ketahapan informasi yang lebih berat atau mandalam dengan menggunakan kalimat yang diketahui orang banyak dan disampaikan secara lugas.

Deretan penjelas

Deretan penjelas dalam teks eksplanasi berisi kalimat-kalimat penjelasan sebagai pendukung atau pelengkap kalimat pernyataan umum. Deretan penjelas bersifat lebih khusus, lebih mendalam dan lebih mendetail serta kompleks. Kalimat dari deretan penjelas tidak bisa dibatasi, atau dapat disesuaikan dengan kalimat pernyataan umum.

Kesimpulan

Kesimpulan pada teks eksplanasi berisi intisari dari hasil akhir pernyataan umum dan deretan penjelas. Dalam kesimpulan dapat berupa tanggapan atas pernyataan pada teks. Dapat pula berisi saran atau hikmah atau pembelajaran. Namun, kesimpulan dalam teks eksplanasi bersifat pilihan atau bukan keharusan.

Contoh teks eksplanasi

Pada contoh teks eksplanasi berikut kalimat pernyataan umum terdapat pada paragraf pertama. Sedangkan paragraf kedua dan ketiga merupakan kalimat deretan penjelas, dan paragraf terakhir adalah kesimpulan.

Asal Mula Terjadinya Hujan

Hujan adalah peristiwa alam yang ditandai dengan turunnya tetesan-tetesan air dari langit ke bumi. Air adalah salah satu sumber daya alam yang sangat dibutuhkan bagi kelangsungan dan perkembangan semua makhluk hidup dibumi.

            Tahukah kamu asal mula terjadinya hujan. Hujan dapat terjadi melalui tahapan-tahapan. Tahapan pertama, air dari danau, sungai dan laut mengalami penguapan akibat teriknya panas matahari. Tahapan kedua, air tersebut menjadi uap yang terus bergerak naik ke atas. Pada tahapan ini disebut evaporasi atau penguapan. Tahapan ketiga, uap air mengalami pengembunan atau disebut kondensasi yang membentuk butiran es atau air sehingga terbentuklah awan.

            Akibat adanya angin membuat awan-awan berkumpul membentuk awan yang membesar. Semakin besar dan membesar awannya dan semakin berat menopang air dan butiran es. Pada akhirnya butiran-butiran tersebut jatuh ke bumi. Pada tahapan terakhir inilah disebut proses presipitasi. Saat menuju permukaan bumi kadang suhu meningkat sehingga butiran es meleleh dan terjadilah hujan.

            Begitulah asal mula terjadinya hujan. Air mengalami penguapan dan pengembunan hingga ke langit. Kemudian mengumpul menjadi awan yang besar. Kemudian terjadilah turunnya tetesan air yang kita kenal sebagai hujan.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit