Teknik Membuat CV yang Baik dan Benar

Curriculum Vitae (CV) menjadi lampiran utama melamar pekerjaan. HRD akan melihat curriculum vitae terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjajaki proses berikutnya. Maka jangan sekali-kali ada pikiran untuk membuat CV seadanya, karena cv menjadi pertimbangan apakah kamu akan dipanggil untuk proses interview atau tidak.

Perlu kamu ketahui, bahwa sebelum kamu dipanggil untuk interview, orang yang akan menerimamu bekerja tentunya akan melihat CV-mu terlebih dahulu. Mereka pasti akan berusaha melihat dan memahami kepribadianmu dari lembaran kertas yang menuliskan riwayat hidupmu, serta segala hal yang terkait tentangmu dari sana. Kesan pertama mereka terhadapmu dilihat dari curriculum vitae yang kamu buat.

Tidak ada aturan baku dalam membuat curriculum vitae, tetapi mungkin kamu juga perlu melihat beberapa hal berikut agar rekruiter mempertimbangkan namamu untuk ke tahap interview dan diterima kerja.

  1. Pahami dulu apa yang akan kamu masukan ke dalam CV

CV adalah daftar riwayat hidupmu yang di dalamnya berisi data dan informasi yang nantinya diperlukan untuk melamar pekerjaan. Maka, pilihlah informasi terkait dirimu yang mungkin akan memperkuat nilai dirimu terhadap pekerjaan yang akan kamu lamar.

Hal yang wajib kamu masukan yakni terkait seputar data diri, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar, serta hal-hal pokok lain terkait dirimu.

Cantumkan skill yang kamu kuasai ke dalam CV. Beri peringkat seberapa dalam kamu menguasai skill tersebut. Skill yang mendukung pekerjaan yang kamu lamar akan menambah bobot nilai CV kamu di mata HRD. Namun, perlu dicatat bahwa disana kamu benar-benar menguasai skill tersebut. Mulailah kejujuran atas hal ini, karena kebohongan akan menyulitkan kamu nantinya di masa yang akan datang.

Pengalaman kerja yang pernah kamu jalani juga perlu dimasukkan ke dalam CV walaupun tidak ada sangkut pautnya dengan posisi yang akan kamu lamar. Hal tersebut bisa menunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang gigih dalam bekerja. Tuliskan nama tempat kerja, posisi terakhir di tempat kerja, serta periode bekerja.

Pengalaman menjadi pengurus organisasi juga bisa dicantumkan ke dalam cv sebagai bahan pertimbangan baru. Pengalaman berorganisasi akan menunjukkan seberapa jauh kemampuanmu untuk bekerja dalam tim. Bisa organisasi yang ada di kampus ataupun di luar kampus.

  • Perhatikan tata bahasa yang kamu pakai dalam tulisanmu

Penulisan CV yang baik adalah yang isinya singkat, padat, dan jelas ringkas, sehingga nantinya tidak membingungkan recruiter. Maka, usahakanlah kamu membuat CV seringkas mungkin, umumnya jangan sampai lebih dari dua halaman.

Salah satu caranya, masukanlah data-data pribadi dengan jelas dan singkat di setiap kolomnya. Jika ingin memasukkan deskripsi diri, usahakan tonjolkan kelebihan-kelebihanmu agar tidak terlalu panjang lebar. Jangan lupa, walaupun kamu meringkas CV yang kamu buat, maka maksimalkan dalam memilih diksi yang tepat untuk kamu gunakan dalam menggambarkan dirimu. Jangan lupa juga, kamu harus memastikan font yang kamu gunakan tepat agar terlihat profesional, bukan font seadanya yang sulit dibaca.

  • Masukan fakta yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan yakni sebuah fakta, bukan rekayas. Jangan sampai karena kamu ingin mendapatkan pekerjaanmu, kamu melebih-lebihkan beberapa hal dalam CV yang kamu buat.  Jangan membuat data palsu, sebab bukan hal sulit untuk perekrut melakukan validasi data. Sesuaikan dengan fakta yang ada, jangan mempersulit jalanmu kedepannya dengan memalsukan data, tulis apa adanya dan tidak dibuat-buat.

Terkait data, terkadang kamu pernah  beranggapan bahwa memasukan semua pengalaman atau skill yang kita miliki dapat membantu dalam proses seleksi, seperti melebihkan point pertama tadi. Namun, pada kenyataannya tidak semua pengalaman dan kemampuan perlu kamu tuliskan di CV tersebut.

Maksimalkan memasukan pengalaman dan skill yang memang sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar saja yang harus kamu cantumkan. HRD akan memastikan terlebih dahulu jika skill yang kamu cantumkan berhubungan dengan posisi yang sedang kamu lamar.

Tiga point di atas mungkin terasa berat dan memusingkan untuk kamu yang masih fresh graduate. Namun jangan khawatir, kita tetap bisa membuat cv menarik dengan baik dan benar sehingga HRD mempertimbangkan keberadaan kita dengan memanfaatkan fitur di dalam https://cvmenarik.com/. Kita bisa membuat cv yang baik dan benar sekaligus enak dipandang dengan cv menarik tanpa bersusah payah menata layout dan data-data yang kita miliki.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit