Nusagatizen

Syaikh Ali Jaber, Pesawat Tempur Israel, dan Malaikat Bersayap

Sejak beberapa hari lalu, kabar hoax mengenai pesawat tempur Israel beserta rudal yang diarahkan ke Palestina khususnya Masjidil Aqsho yang berjatuhan akibat gangguan dari makhluk yang dianggap sebagai malaikat bersayap  banyak beredar. Hoax itu menjadi perdebatan yang menyebalkan meskipun aku tak ikut terlibat melainkan hanya sebagai penonton.

Kemarin, ada seseorang yang membagikan status akun Facebook yang mengatas namakan akunnya sebagai Syaikh Ali Jaber. Status Facebook dari akun Syaikh Ali Jaber (palsu) itu isinya tentang kabar hoax itu yang di dalamnya dibubuhkan penggalan ayat Qur’an untuk meyakinkan pembaca. Status tersebut bisa dilihat di sini.

Gambar makhluk bersayap ini diambil dari sebuah film tapi digunakan untuk membodohi masyarakat dengan mengatakannya sebagai malaikat bersayap yang menyerang pesawat dan rudal tempur milik Israel

Jujur saja, aku tidak percaya kalau syaikh Ali Jaber ikut-ikutan menyebarkan hoax. Aku pun mengunjungi akun facebook tersebut. Kulihat profilnya, disana tampak ada sebuah alamat blog menggunakan blogspot. Pada timeline facebooknya tampak akun tersebut membagikan postingan dari blog itu. Sebagian besar postingan blog itu menggunakan clickbait. Aku langsung saja menduga kalau akun facebook yang mengatasnamakan Syaikh Ali Jaber itu adalah palsu. Saat ini, aku masih mengupayakan klarifikasi dari pemilik akun.

Aku jadi merasa perlu membahas ini karena ada salah satu saudaraku  yang menjadi korban kebiadaban pembuat kabar hoax ini. 

Kabar hoax yang dikemas dengan teknik clickbait akan mudah tersebar di Indonesia. Apalagi apabila hoax tersebut disebar oleh akun yang mengatasnamakan tokoh besar yang dikagumi di Indonesia. Kepercayaan orang terhadap kabar hoax akan meningkat meskipun itu bersebrangan dengan logika.

Mungkin saat ini sudah saatnya membuat tim untuk memburu pembuat akun sosial media klonengan yang digunakan untuk menyebar hoax. Kejengahanku semakin tak terkira melihat tingkah polah para pengejar dolar dengan cara yang busuk itu.

Tahukah Kamu Arti lembing?

lem·bing n 1 tombak pandak (dapat ditohokkan, dapat dilemparkan); 2 tombak kayu atau bambu kecil panjang yg ujungnya berlapis logam yg runcing untuk berolahraga (dng cara melemparkannya jauh-jauh);me·lem·bing v menohok (melempar) sesuatu dng lembing
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close