Sundae, Es Krim Seminggu Sekali

Sundae adalah jenis es krim yang berasal dari Amerika Serikat. Biasanya terdiri dari es krim, saus atau sirup, sering juga ditambah topping seperti krim, kacang, dan buah. Diperkirakan Sundae muncul pada awal tahun 1890-an dan asal-usulnya ada beberapa versi. Salah satunya, Saat itu di beberapa kota Amerika ada larangan berjualan es krim soda pada hari Minggu. Karena dianggap kurang pantas untuk dikonsumsi pada hari Sabat. Penjual es krim mengakalinya dengan menyajikan es krim dan saus, tanpa soda.

Sampai saat ini tentang siapa yang menemukan es krim sundae pertama kali masih menjadi perdebatan. Ada yang menganggap ditemukan di Ithaca, New York, yang lain mengatakan asalnya dai Two Rivers, Wisconsin. Buffalo, New York dan Evanston, Illinois juga diklaim sebagai tempat asal sundae. Ithaca sendiri mempunyai bukti iklan yang ditampilkan dalam Ithaca Daily Journal edisi April 1892 yang menggambarkan promosi es krim sundae ceri.

Sebuah versi mengatakan pendeta Ithaca John M. Scott mampir ke Platt & Colt setelah kebaktian hari Minggu untuk menikmati es krim vanila yang biasa dia pesan. Hari itu, bukannya vanila biasa, dia diberi es krim dengan saus ceri dan manisan ceri. Pemilik toko berdikusi dengan pendeta sebaiknya varian es krim baru ini diberi nama apa. Disepakatilah nama sundae karena dibuat seminggu sekali pada hari minggu (Sunday).

Terlepas dari siapa sebenarnya yang menciptakan sundae, es krim baru ini segera populer di Amerika Serikat terutama di kalangan wanita. Kemudian pada awal abad ke dua puluh, bermunculan variasi sundae yang banyak sekali jumlahnya. Topping yang digunakan termasuk hot fudge, marshmallow, strawberry, permen dan saus karamel. Ada juga yang mengkombinasikan kacang, permen, dan buah-buahan.

Varian sundae yang terkenal adalah George Washington (satu sendok es krim vanilla, dihiasi dengan enam buah ceri maraschino, krim kocok, dan taburan almond panggang yang dihancurkan). Over the Top (dua sendok es krim vanila, sepotong permen nougat, sirup maple, dan krim kocok). County Cork (sirup air bunga jeruk berwarna hijau muda, es krim pistachio, jahe, filbert panggang, krim kocok, dan ceri hijau).

Saat ini sundae masih digemari, namun es krim tradisional juga masih mempunyai banyak penggemar. Di antaranya adalah es krim rendah lemak berbahan susu kambing yang diproduksi dan dijual oleh Victory Garden.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Widi Utami
Widi Utamihttp://widiutami.com
Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit