Nusagafood

Soto Jamur, Tetap Nyoto Enak tanpa Prothew

Resep Food Combining

 

Pengen makan soto. Pas hujan-hujan gini enaknya makan yang berkuah, panas, kan? Tetapi, mbayangin makan soto tanpa nasi membuatku…. errr, emang mau diisi apa kalo tanpa nasi? Brokoli? Wortel? Bukannya jadi soto, jadi sop ya bener.

Emak K akhirnya memutuskan untuk bikin soto jamur. Gugling resep soto jamur, enggak ada yang pure jamur, pasti ada ayam atau daging sapinya. Akhirnya nyoba-nyoba dewe, abah K yang jadi korban. Enak enggak enak wajib dimakan. Wkwkwkw.

Ini soto kedua yang kubikin, dulu pernah bikin, tetapi rasa kuahnya jamur tiram banget. Aku enggak suka. Di percobaan kedua, aku memasak jamurnya terpisah. Kuahnya enggak ada kaldu jamur sama sekali.

Berhasil?

Bagiku lumayan enak.

Bagi abah K, enak. Rasanya enak. Pantes dijual. Tetapi bukan jualan soto, lebih cocok jadi kuah bubur. Jadi jual aja bubur jamur. Wis karepmu, Bah. 😂😂😂😂

Resep Soto Jamur

Bumbu Soto Jamur:

  • Bumbu soto, emak K belinya paketan (ketumbar, lawang, pala, kayu manis, adas)
  • bawang merah 3 siung
  • bawang putih 4 siung
  • kunyit
  • daun salam
  • daun jeruk
  • serai
  • jahe geprek
  • lengkuas geprek

Bahan Utama Soto Jamur:

Jamur, suwir-suwir, direbus bentar, tiriskan.

Bahan pelengkap Soto Jamur:

  • onclang/ bawang pre/ daun bawang
  • sledri
  • Kentang goreng

Cara Masak Soto Jamur:

  1. Uleg bumbu soto, bawang merah, bawang putih dan kunyit.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Bagi menjadi 2. Satu untuk kuah, satu lagi untuk numis jamur.
  3. Buat kuah. Air 1 liter, tuangkan bumbu halus yang sudah ditumis. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, jahe geprek, lengkuas geprek. Tunggu hingga mendidih. Masukkan garam. Koreksi rasa.
  4. Tumis jamur dengan bumbu soto. Tambahkan daun salam dan serai. Emak K kemaren ditambah tomat juga. Bubuhkan garam, tambah sedikit gula aren. Koreksi rasa.
  5. Tata nasi, suwiran jamur, onclang-sledri, kentang goreng. Siram dengan kuah panas.

Sajikan dengan cinta yang meluap-luap, masak dengan lantunan doa dan sholawat. Seniat itu aku masak, ya. Ya menawa barokahe sholawat masakan sing aneh dadi masakan paling enak di lidah si K dan abah K. 😆

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close