Iklan
Nusagadu

Sistem Komputer dan Komponen Pendukungnya

Tugas Perkuliahan Universitas Terbuka

Artikel ini pertama kali dipublikasikan di elearning Universitas Terbuka untuk memenuhi tugas diskusi pada perkuliahan sesi kelima matakuliah Pengantar Sistem Informasi yang diampu oleh bapak Unggul Utan Sufandi, S.Kom., M.Si. Semoga dapat dijadikan bahan referensi untuk teman-teman yang juga mengambil matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di manapun berada.


Soal

Dear mahasiswa peserta tuton, salam sejahtera untuk kita semua.

Tidak terasa kita sudah memasuki minggu kelima tutorial online, semoga rekan-rekan tuton dalam keadaan sehat dan telah dapat mengikuti sesi sebelumnya dengan baik. Pada inisiasi yang kelima kali ini, kita akan berdiskusi tentang teknologi perangkat keras dan teknologi perangkat lunak. Seperti yang sudah dijelaskan di awal perkenalan, rekan-rekan mahasiswa diharapkan aktif dalam forum diskusi, mengerjakan tugas serta mengerjakan latihan mandiri yang tersedia.
Didalam materi sesi lima dan didalam modul 6 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434) terdapat penjelasan mengenai teknologi perangkat keras dan teknologi perangkat lunak. Dengan mengacu pada modul 6 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434), silahkan Anda:

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem komputer (computer system). Apa saja komponen-komponennya dan jelaskan mengapa komponen-komponen tersebut harus ada!
  2. Perangkat lunak dapat diklasifikasikan ke dalam dua bagian besar, sebutkan dan jelaskan secara ringkas dan padat serta berilah contoh dari masing-masing perangkat-perangkat lunak tersebut!

Selamat berdiskusi!


Pengertian Sistem Komputer

Sistem komputer adalah sekumpulan perangkat yang saling terkoneksi untuk melakukan tugas-tugas tertentu dalam rangka mengolah sumber informasi (input) menjadi produk informasi (output).

Nimda (2019) mengatakan bahwa Sistem Komputer adalah ​​ kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data, sehingga dapat​​ menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya. Perangkat yang terdapat pada Sistem Komputer diantaranya​​ Hardware​​ ,​​ Software ,​​ dan​​ Brainware.


Komponen Sistem Komputer

Komponen-komponen yang harus ada di dalam sistem komputer menurut Jogiyanto (2019) adalah perangkat keras (hardware) dan  perangkat lunak (software).

Adapun penjelasan singkat mengenai perangkat keras dan perangkat lunak adalah sebagai berikut:

  1. Perangkat keras merupakan susbsistem dari sistem komputer yang memuat komponen terdiri dari alat masukan (input device), alat  untuk memroses data atau informasi (processing device), alat untuk mencetak atau menyajikan informasi  yang telah diolah (output device), dan alat untuk menyimpan (storage). Wujud dari perangkat keras berbentuk benda fisik yang dapat disentuh dengan tangan seperti keyboard, mouse, printer, LCD, dan lain sebagainya.
  2. Perangkat lunak komputer merupakan subsistem komputer yang diklasifikasikan menjadi perangkat lunak sistem (system software) dan perangkat lunak aplikasi (application software). Wujud dari perangkat lunak tidaklah berbentuk benda fisik yang dapat disentuh dengan tagan.

Klasifikasi Perangkat Lunak

Perangkat lunak diklasifikasikan menjadi dua bagian besar sebagaimana yang dikemukanan Jogiyanto (2019) pada  Sistem Informasi Manajemen yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

Penjelasan singkat dan contoh mengenai perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi dapat di simak di bawah ini:

  1. Perangkat lunak sistem  merupakan program yang berugas untuk mengoperasikan sistem komputernya. Komponen ini diklasifikasikan menjadi perangkat lunak sistem operasi (operating system) yang bertugas untuk mengendalikan dan mengkoordinasi  sistem komputer (contoh: Windows, Ubuntu, Centos, Debian), perangkat lunak sistem bantuan (utility) yang bertugas untuk mendukung kinerja sistem komputer (contoh: Disk Partition System, Device Manager), dan perangkat lunak bahasa (language software) yang bertugas untuk menangani komunikasi antar program entah sebagai compiler maupun interpreter (contoh: C++, PHP, Java, dan Kotlin).
  2. Perangkat lunak aplikasi merupakan program yang dibuat menggunakan perangkat lunak bahasa tertentu yang dapat dipahami komputer untuk melakukan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya adalah Google Chrome, Microsoft Word,  Foxit, dan lain sebagainya.

Referensi

  1. Febrianza, G. G. & Purnamasari, K. K., 2017. Kompiler untuk Pemrograman dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), Issue 2089-9033.
  2. Jogiyanto, 2019. Sitem Informasi Manajemen. 3 ed. Jakarta: Universitas Terbuka.
  3. Nimda, 2019. Apa itu sistem Komputer?. [Online] Tersedia di: https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/apa-itu-sistem-komputer/ [Diakses 21 April 2020].
Iklan
Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: nusagates@gmail.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close