Nusagadu

Sistem Informasi yang Menghubungkan Tiga Level Manajemen

Tugas Perkuliahan Universitas Terbuka

Artikel ini pertama kali dipublikasikan di elearning Universitas Terbuka untuk memenuhi tugas diskusi pada perkuliahan sesi keempat matakuliah Pengantar Sistem Informasi yang diampu oleh bapak Unggul Utan Sufandi, S.Kom., M.Si. Semoga dapat dijadikan bahan referensi untuk teman-teman yang juga mengambil matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di manapun berada.


Soal

Yth. Peseta Tutorial Online

Sekarang sudah memasuki Sesi ke-3 tutorial online. Semoga semua dalam keadaan sehat dan dapat mengikuti Sesi ke-1 dan Sesi ke-2 dengan baik. Untuk yang belum aktif pada diskusi 1/2 mulailah aktif.

Jangan lupa juga bahwa pada Sesi ke03 ini terdapat Tugas 1, untuk itu  segeralah juga mempelajari Soal pada Tugas 1 tersebut.

Diskusi ke-3 mengenai sistem informasi yang menghubungkan tiga level manajemen. Silahkan jelaskan secara lebih rinci terkait hal tersebut dan menyebutkan sumber referensi serta dengan mengacu pada modul 4 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434).

Selamat Belajar.


Sistem informasi pada tingkatan organisasi secara umum dibedakan menjadi 3 tingkatan yaitu: manajemen tingkat atas, manajemen tingkat menengah, dan manajemen tingkat bawah. Semakin ke bawah tingkatan manajemen maka sistem informasi yang dibutuhkan dan digunakan cenderung terstruktur dan berulang. Sebaliknya semakin atas tingkatan manajemen pada sebuah organisasi maka sistem informasi yang dibutuhkan dan digunakan cenderung tidak terstruktur dan tidak berulang.

Sistem Informasi di Manajemen Tingkat Bawah

Kegiatan manajemen di tingkat bawah berbentuk pengendalian operasi dan cenderung terstruktur dan berulang. Oleh sebab itu, informasi yang dibutuhkan lebih ke pengumpulan dan tabulasi data atau disebut dengan informasi pengumpulan data (score keeping information). Tipe informasinya lebih terperinci dan dapat diserahkan ke manajemen level atasnya secara terstruktur dan berulang untuk dijadikan input informasi pada level manajemen tersebut.

Sistem Informasi di Manajemen Tingkat Menengah

Kegiatan manajemen di tingkat menengah sifatnya setengah tersetruktur. Informasi-informasi yang digunakan untuk menjalankan kegiatan manajemen bisa diperoleh dari manajemen tingkat bawah maupun tingkat atas. Oleh sebab itu kegiatan manajemennya bisa terjadi secara terstruktur dan berulang, bisa juga tidak.

Tipe informasi yang dibutuhkan untuk pengendalian manajemen digunakan untuk memperbaiki penyimpangan-penyimpangan sehingga bentuk informasinya lebih mengarah ke informasi pengarah perhatian (attention direction information).

Sistem Informasi di Manajemen Tingkat Atas

Kegiatan manajemen di tingkat atas sifatnya tidak terstruktur dan tidak berulang. Bentuk kegiatannya berupa perencanaan strategis sehingga informasi yang dibutuhkan berupa informasi untuk pemecahan masalah (problem solving information). Tipe informasi yang disajikan kepada manajemen tingkat atas harus ringkas dan bisa diakses sewaktu-waktu (online) karena kegiatannya tidak terstruktur. Barangkali sewaktu-waktu membutuhkan informasi bisa dengan mudah untuk mendapatkannya.

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close