Nusagatizen

Server Kompasiana Down, Ada Apa?

Hari ini, aku iseng-iseng buka kompasiana.com, nyari event baru, siapa tahu bisa ikut, pikirku. Namun, berkali-kali mencoba mengaksesnya selalu gagal. Halaman utama hanya tampil dua iklan yang memenuhi layar utama ketika kubuka dari ponsel. Penampakannya seperti di bawah ini.

Aku pun kemudian coba ngecek lewat proxy. Hasilnya sama saja. Kucoba juga menggunakan bantuan pagespeeed insight besutan Google, tak ada bedanya. Kucoba juga melalui downornotworking.com ternyata berdasarkan hasil uji ternyata jawabannya sedang down.

Aku masih penasaran. Kalau servernya down kenapa masih bisa menampilkan iklan? Sedangkan hanya kontennya artikelnya saja yang tidak bisa tampil. Aku pun coba inspect element. Ternyata response yang didapat dari ajax untuk menampilkan konten artikel time out semua. kenapa hal ini bisa terjadi?

Ada banyak kemungkinan.

Pertama, terlalu banyak permintaan ke database yang menyebabkan server mengalami overload request. Sehingga, response time ratenya menjadi berkurang alias lemot. Jika responnya melebihi batas waktu yang ditentukan apache, maka akan menyebabkab hasil time out request.

Kedua, pemetaan database yang kurang baik. Hal ini tergantung tidak baiknya karena apa, apakah pengelompokannya (hierarkiny), apakah modelnya, apakah tipologinya yang tidak tepat. Banyak hal yang sebenarnya. Namun, yang jelas, database mapping yang tidak baik akan menyebabkan server dadatabase akan memberi response yang lambat karena harus memutar-mutar dulu untuk menyajikan data yang diminta.

Ketiga, Kesalahan konfigurasi. Konfigurasi server cukup kompleks apalagi jika digunakan untuk banyak website yang dihost dalam satu server. Kesalah konfigurasi akan memicu crashing antar instance yang dibuat. Walhasil, website akan tidak tampil sebagaimana mestinya.

Keempat, bug kode website. Bagian ini sebenarnya bukan kesalahan server melainkan kesalahan pada kode yang dibuat oleh developer. Banyak hal yang menyebabkan kode yang dibuat developer tidak berjalan sebagaimana mestinya. Bug pada sebuah program sangatlah wajar. Untuk itulah suatu program dibuat dengan memberinya kode versi yang digunakan untuk membedakan antara yang sudah diperbaiki bugnya dengan yang belum diperbaiki. Ini salah satu penggunaan kode versipada sebuh program.

Lalu apa yang menyebabkan kompasiana.com tidak bisa diakses?  Hanya developer yang memiliki hak untuk mengakses jeroannya kompasiana yang tahu. Sekian.

Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close