Nusagatech

Sebelum Membandingkan Harga Mesin Cuci 1 Tabung, Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Mesin cuci 1 tabung menjadi pilihan sebagian besar konsumen karena mesin cuci jenis ini hemat tenaga manusia, kita hanya perlu menunggu baju kering. Namun, sebelum membandingkan harga mesin cuci 1 tabung, perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini untuk mengukur apakah kita cocok menggunakan mesin cuci 1 tabung.

Mesin Cuci 1 Tabung Membutuhkan Daya Listrik Besar

Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung yang mempunyai motor penggerak dan motor pengering di tempat yang berbeda, mesin cuci 1 tabung proses pencucian dan pengeringannya beada dalam motor yang sama.

Daya listik yang dibutuhkan oleh mesin cuci 1 tabung bebeda-beda, tegantung pada fiturnya. Setiap merk pun mempunyai kritera tersendiri untuk daya listrik yang dibutuhkan, namun pada umumnya mesin cuci 1 tabung mempunyai daya listrik sebagai berikut:

  • Mesin cuci front loading tanpa water heater : sekitar 300 watt
  • Mesin cuci front loading dengan water heater : sekitar 2.250 watt
  • Mesin cuci top loading 6 kg 1 tabung / 2 tabung : sekitar 250 watt
  • Mesin cuci top loading 8 kg 1 tabung / 2 tabung : sekitar 300 watt

Mungkin jika kita menggunakan listrik dengan daya 900 watt, masih bisa menggunakan mesin cuci 1 tabung dengan daya 300 watt,namun alat listrik lainnya harus dimatikan. Mencuci dianjurkan pada siang hari karena biasanya daya listrik menurun pada malam hari. Emak K jika nyuci biasanya pada malam hari, makanya enggak berani mengambil mesin cuci 1 tabung.

Jika menghendaki mesin cuci 1 tabung yang membutuhkan daya listrik endah, sebaiknya memilih mesin cuci top loading.

Mesin Cuci 1 Tabung Membutuhkan Air yang Mengalir

Lain dengan mesin cuci 2 tabung yangkebutuhan airnya diatur oleh kita sensiri, mesin cuci 1 tabung mengatur kebutuhan airnya secara otomatis. Mesin cuci 1 tabung membutuhkan kran yang menyala dan ketersediaan air di tandon. Jika kita tidak memiliki penampungan air yang cukup, sangat tidak disarankan memilih mesin cuci 1 tabung.

Jika kita memiliki ketersediaan air di penampungan air yang cukup, mesin cuci 1 tabung bisa menjadi pilihan karena penggunaannya yang hemat dibandingkan penggunaan mesin cuci 2 tabung. Selain itu, kita tidak perlu khawatir air akan terbuang sia-sia karena penggunaan air yang otomatis seperti pada mesin cuci 2 tabung yang airnya akan terbuang sia-sia jika kita lupa mematikan kran.

Mesin Cuci 1 Tabung Membutuhkan Detergen Khusus

Mesin cuci 1 tabung membutuhkan detergen khusus. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena perpaduan antara detergen khusus dan mesin cuci 1 tabung, terutama yang front loading, ini akan membuat pakaian bersih maksimal.

Service Mesin Cuci 1 Tabung Lebih Rumit

Mesin cuci 1 tabung sistem pengoperasiannya lebih rumit daripada mesin cuci 2 tabung. Apalagi jika pengguna mesin cuci 1 tabung kurag memperhatikan standar operasionalnya, esalahan dlam penggunakan bisa menyebabkan mesin cuci 1 tabung cepat rusak.

Beberapa tukang service mesin cuci juga becerita jika perbaikan mesin cuci 1 tabung lebih sulit daripada pebaikan mesin cuci 2 tabung dikarenakan komponen yang rumit. Selain itu, haga spare part pengganti juga lebih mahal dan langka.

 

Jika kita siap dengan konsekuensi penggunaan mesin cuci 1 tabung, its okay untuk memilih mesin cuci ini karena mesin cuci ini lebih hemat air, hemat tenaga, hemat tempat, hanya saja enggak hemat di kantong karena harga mesin cuci 1 tabung, apalagi yang front loading jauh lebih mahal daripada mesin cuci 2 tabung dengan kapasitas yang sama.

Pilihlah dengan bijak sesuai kebutuhan kita, jika kita termasuk orang super sibuk, mesin cuci 1 tabung bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tahukah Kamu Arti puntir?

pun·tir v, me·mun·tir v memulas (memilin): ia menangkap pergelangan tangan musuh, kemudian ~ ke belakang;pun·tir·an n 1 sesuatu yg dipuntir; 2 cara (hasil) memuntir; 3 Fis keadaan yg terjadi jika salah satu ujung batang atau serat diputar dng arah yg berlawanan dng arah putaran pd ujung yg lain; tonsi
Kata Kunci
Selengkapnya...

Widi Utami

Deaf Blogger, Emak K.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close