Iklan
Nusagatech

Sebelum Membandingkan Harga Mesin Cuci 1 Tabung, Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Mesin cuci 1 tabung menjadi pilihan sebagian besar konsumen karena mesin cuci jenis ini hemat tenaga manusia, kita hanya perlu menunggu baju kering. Namun, sebelum membandingkan harga mesin cuci 1 tabung, perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini untuk mengukur apakah kita cocok menggunakan mesin cuci 1 tabung.

Mesin Cuci 1 Tabung Membutuhkan Daya Listrik Besar

Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung yang mempunyai motor penggerak dan motor pengering di tempat yang berbeda, mesin cuci 1 tabung proses pencucian dan pengeringannya beada dalam motor yang sama.

Daya listik yang dibutuhkan oleh mesin cuci 1 tabung bebeda-beda, tegantung pada fiturnya. Setiap merk pun mempunyai kritera tersendiri untuk daya listrik yang dibutuhkan, namun pada umumnya mesin cuci 1 tabung mempunyai daya listrik sebagai berikut:

  • Mesin cuci front loading tanpa water heater : sekitar 300 watt
  • Mesin cuci front loading dengan water heater : sekitar 2.250 watt
  • Mesin cuci top loading 6 kg 1 tabung / 2 tabung : sekitar 250 watt
  • Mesin cuci top loading 8 kg 1 tabung / 2 tabung : sekitar 300 watt

Mungkin jika kita menggunakan listrik dengan daya 900 watt, masih bisa menggunakan mesin cuci 1 tabung dengan daya 300 watt,namun alat listrik lainnya harus dimatikan. Mencuci dianjurkan pada siang hari karena biasanya daya listrik menurun pada malam hari. Emak K jika nyuci biasanya pada malam hari, makanya enggak berani mengambil mesin cuci 1 tabung.

Jika menghendaki mesin cuci 1 tabung yang membutuhkan daya listrik endah, sebaiknya memilih mesin cuci top loading.

Mesin Cuci 1 Tabung Membutuhkan Air yang Mengalir

Lain dengan mesin cuci 2 tabung yangkebutuhan airnya diatur oleh kita sensiri, mesin cuci 1 tabung mengatur kebutuhan airnya secara otomatis. Mesin cuci 1 tabung membutuhkan kran yang menyala dan ketersediaan air di tandon. Jika kita tidak memiliki penampungan air yang cukup, sangat tidak disarankan memilih mesin cuci 1 tabung.

Jika kita memiliki ketersediaan air di penampungan air yang cukup, mesin cuci 1 tabung bisa menjadi pilihan karena penggunaannya yang hemat dibandingkan penggunaan mesin cuci 2 tabung. Selain itu, kita tidak perlu khawatir air akan terbuang sia-sia karena penggunaan air yang otomatis seperti pada mesin cuci 2 tabung yang airnya akan terbuang sia-sia jika kita lupa mematikan kran.

Mesin Cuci 1 Tabung Membutuhkan Detergen Khusus

Mesin cuci 1 tabung membutuhkan detergen khusus. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena perpaduan antara detergen khusus dan mesin cuci 1 tabung, terutama yang front loading, ini akan membuat pakaian bersih maksimal.

Service Mesin Cuci 1 Tabung Lebih Rumit

Mesin cuci 1 tabung sistem pengoperasiannya lebih rumit daripada mesin cuci 2 tabung. Apalagi jika pengguna mesin cuci 1 tabung kurag memperhatikan standar operasionalnya, esalahan dlam penggunakan bisa menyebabkan mesin cuci 1 tabung cepat rusak.

Beberapa tukang service mesin cuci juga becerita jika perbaikan mesin cuci 1 tabung lebih sulit daripada pebaikan mesin cuci 2 tabung dikarenakan komponen yang rumit. Selain itu, haga spare part pengganti juga lebih mahal dan langka.

 

Jika kita siap dengan konsekuensi penggunaan mesin cuci 1 tabung, its okay untuk memilih mesin cuci ini karena mesin cuci ini lebih hemat air, hemat tenaga, hemat tempat, hanya saja enggak hemat di kantong karena harga mesin cuci 1 tabung, apalagi yang front loading jauh lebih mahal daripada mesin cuci 2 tabung dengan kapasitas yang sama.

Pilihlah dengan bijak sesuai kebutuhan kita, jika kita termasuk orang super sibuk, mesin cuci 1 tabung bisa menjadi pilihan yang tepat.

Iklan
Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close