Riwayat Sunan Gresik Maulana Malik Ibrahim

Sunan Gresik berasal dari Kashan, sebuah tempat di Persia. Sunan Gresik mempunyai nama asli Sunan Maulana Malik Ibrahim. Sunan Maulana Malik Ibrahim merupakan keturunan Nabi Muhammad Saw. dari Fatimah az-Zahra dengan Ali bin Abi Thalib dari jalur Husain bin Ali, yang merupakan keturunan ke-11. Sunan Gresik diperkirakan lahir di Samarkand, Asia Tengah pada awal abad ke-14 atau sekitar tahun 720H / 1350M.

Keahlian Sunan Gresik

Sunan Gresik merupakan wali pertama yang mendakwahkan Islam di Jawa. Ia mengajarkan cara-cara baru bercocok tanam dan banyak merangkul rakyat kebanyakan, yaitu golongan masyarakat Jawa yang tersisihkan di akhir kekuasaan Majapahit.

Selain berdakwah, Sunan Gresik juga berdagang. Sehingga membuatnya dapat berinteraksi dengan masyarakat banyak dan mudah. Maulana Malik Ibrahim berusaha menarik hati masyarakat yang tengah dilanda krisis ekonomi dan perang saudara. Ia membangun pondok tempat belajar agama Islam di Leran, Gresik.

Riwayat Sunan Gresik Maulana Malik Ibrahim 1
Foto Klasik Makam Sunan Gresik | Dok: Facebook Cinta Sumber Shalawat

Makam Sunan Gresik

Dakwah beliau selama kurang lebih 40 tahun. Pada tahun 822 H berakhir, tepatnya pada hari Senin, 12 Rabbiulawal 822 H (8 April 1419) Sunan Maulana Malik Ibrahim wafat. Jenazah beliau dimakamkan di pemakaman Gapura Wetan Gresik Jawa Timur. Dengan wafatnya Sunan Maulana Malik Ibrahim perjuangan dan dakwah agama Islam kemudian diteruskan para santrinya.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit