Nusagaview

Review Taman Tirto Agung Semarang

Aku sebetulnya sudah lama mengenal Taman Tirto Agung Semarang ini, sejak saat masih ikut jualan bakso di Tembalang dulu. Hanya saja belum pernah mampir atau masuk ke dalamnya. Biasanya cuma lewat saja dan tidak tertarik untuk mampir.

Ketertarikanku masuk ke dalam taman ini karena ingin mengajak si K mengenal tempat sekitar calon tempat tinggalnya yang baru. Rencananya, kami mau pindah ke Semarang untuk beberapa waktu.

Seminggu tinggal di Semarang, aku sudah mengajak si K tiga kali ke taman Tirto Agung. Sehingga, sudah memaksa diri untuk menulis review singkat ini. Hehe

Beberapa hal yang menarik dari taman Tirto Agung ini antara lain adalah sebagai berikut:

Tempat Parkirnya Luas

Aku menyukai fasilitas publik yang memiliki tempat parkir luas. Menurut pengalamanku, ada lo taman yang memiliki sedikit tempat parkir atau tempat parkirnya ditaruh di trotoar jalan contohnya seperti taman Promasan dan taman Tingkir yang keduanya berlokasi di Salatiga.

Taman Tirto Agung memiliki parkir yang cukup luas di dalam lokasi taman dan mudah diakses dari kedua pintu masuk yang tersedia.

Wifi Gratis

Saat ketiga kalinya ke taman ini, kebetulan paket data internetku sedang habis. Walhasil saat tersesat di perjalanan tidak bisa minta bantuan Google Maps.

Setibanya di taman, aku baru tahu kalau ada fasilitas wifi gratis di taman ini. Aku pun langsung mencoba menyambungkan gadget dengan layanan wifi gratis tersebut. Ternyata, layanan tersebut menggunakan jaringan indihome. Ketika kita sudah tersambung ke wifi maka akan diarahkan ke halaman landing page indihome. Kita cukup klik continue maka wifi langsung bisa digunakan. Tanpa memasukkan username dan password.

Keterjangkauan Mudah

Taman Tirto Agung sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Lokasinya dekat dengan pintu keluar/masuk tol Tembalang.

Area Luas

Area untuk bermain maupun berolahraga cukup luas. Aku belum menikmati seluruh area taman. Hanya melihat dan menikmati sebagian taman yang ada di dekat tempat parkir.

Wahana permainan anak-anak disediakan prosotan, putar-putar, gelantungan, pasir, panjat tebing, ayunan, dan lain sebagainya.

Persebaran Tempat Sampah

Aku sangat senang dengan tersedianya tempat sampah di banyak titik taman. Meskipun belum digunakan secara maksimal alias masih banyak sampah berserakan.

Dusamping kekahumanku di atas, aku memiliki beberapa catatan tidak baik terkait taman Tirto Agung ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Sampah Berserakan

Ketika datang pertama kali ke taman ini, aku langsung disambut dengan sampah yang berserakan. Pikirku saat itu adalah karena habis ada acara di situ dan sampahnya belum sempat dibersihkan. Akan tetapi hari berikutnya ke sana kondisinya masih sama. Itu kondisinya sore hari.

Hari ketiga, aku ke sana pagi hari. Sampah tampak menggunung di beberapa titik. Ada beberapa titik sampah yang tampaknya baru saja disapu oleh petugas namun belum dipindah ke tempat sampah. Namun ada yang masih berserakan dan belum disapu. Ketiga petugas kebersihan yang ada di dekatku tampak asyik memainkan gadget masing-masing.

Banjir

Baru kali ini, aku menjumpai taman yang banjir sampai demikian parahnya. Genangan air cukup tinggi dan lumpurnya membuat lantai taman yang terbuat ari batako menjadi sangat licin.

Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825
Back to top button
Close