Nusagamov

Review Film Nil Battey Sannata

Nil Battey Sannata dapat diartikan sebagai nol dibagi dengan nol sama dengan nol. Ini merupakan bahasa slank untuk tidak bagus dalam hal apapun (good for nothing). Film bertema pendidikan berdurasi 104 menit ini dirilis secara internasional dengan nama The New Classmate. Dirilis pada September 2015 di dalam festival Silk Road Film.

Sinopsis

Film Nil Battey Sannata menceritakan tentang seorang anak, Apeksha “Apu” Shivlal Sahay yang diperankan oleh shukla sebagai seorang yang siswa sebuah sekolahan yang tidak memiliki motivasi dalam belajar. Masalah terbesar yang dihadapai Apu adalah pelajaran matematika. Dia dan kedua temannya, Sweety (Neha Prajapati) dan Pintu (Prashant Tiwari) memiliki masalah yang sama.

Apu adalah seorang anak dari seorang single parent bernama Chanda yang diperankan oleh Bhaskar. Chanda merupakan seorang yang tidak lulus sekolah kelas 10 yang kemudian bekerja sebagai pembantu di rumah Dr.  Diwan yang diperankan oleh Pathak. Disamping itu, dia juga bekerja serabutan di beberapa 4 tempat yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Nil Battey Sannata - Chanda Dengan Dr. Diwan
Nil Battey Sannata – Chanda Dengan Dr. Diwan | BookMyShow.com
Sebagai seorang anak pembantu yang sangat miskin, Apu merasa usahanya untuk belajar akan sia-sia. Ia mengatakan pada ibunya bahwa seorang anak dokter akan menjadi dokter, anak nelayan jadi nelayan, dan anak pembantu juga akan jadi pembantu. Maka dari itu, ia tidak memiliki semangat untuk belajar karena merasa takdirnya akan menjadi pembantu seperti ibunya. Toh kalaupun dia lulus kelas 10 belum tentu ibunya bisa membiayai pendidikan Apu di tingkat yang lebih tinggi.

Chanda yang mendapati anaknya sulit diarahkan untuk belajar menjadi bingung. Ia pun kemudian bercerita pada Dr. Diwan selaku bosnya. Mendengar ceriata pembantunya, Dr. Diwan kemudian menyarankan Chanda untuk memberikan les tambahan kepada Apu namun ternyata biaya untuk les sangat mahal. Bagi siswa yang nilainya 70% mendapat diskon biasa les sebesar 70% dan siswa yang nilainya kurang dari 50% tidak mendapat diskon sama sekali. Mendengar hal itu, Chanda membujuk tutor untuk meringankan biaya dan mendapat tawaran kalau anaknya mendapat nilai 50% di UTS yang akan datang maka akan diberi diskon biaya les sebesar 50%.

Perilaku Apu yang tidak berubah dan melihat kenyataan biaya les sangat mahal membuat Dr. Diwan menyarankan Chanda untuk ikut sekolah lagi. Dengan begitu, ia biasa mengajari anaknya sendiri secara gratis. Chanda awalnya menolak dengan beragam alasan. namun karena tidak mau anaknya menjadi pembantu maka ia nekat mengikuti saran dari bosnya itu meskipun harus dengan menahan malu dan ditentang oleh anaknya sendiri, Apu
Nil Battey Sannata - Chanda Di Dalam Kelas
Nil Battey Sannata – Chanda Di Dalam Kelas | gqindia.com

Awal-awal masuk sekolah, Chanda tidak bisa memahami sama sekali pelajaran yang disampaikan terutama pelajaran matematika. ia kemudian belajar dengan teman sebangkunya, Amar. Hasil belajarnya ini membuahkan hasil. Keberhasilan ibunya dalam belajar matematika membuat Apu terpukul. Ia kemudian membuat perjanjian dengan ibunya kalau nilai matematikanya lebih tinggi dibanding ibunya maka ibunya harus berhenti sekolah.

Apu menjadi siswa yang giat belajar demi memenangkan kompetisi dengan ibunya dan hal itu membuahkan hasil. Ketika tes matematika Apu mendapat nilai 50% sedangkan ibunya hanya mendapat 52% dan sesuai kesepakatan ibunya harus berhenti sekolah. Ibunya pun berhenti sekolah selama beberapa hari namun karena melihat perilaku Apu kembali asal-asalan seperti sebelumnya maka ia memutuskan untuk sekolah lagi sampai lulus.

titik balik Apu terjadi saat ia ditunjukkan oleh Amar ke tempat kerja ibunya sebagai pembantu di sebuah warung makan yang dikelola oleh kakaknya Amar. Sebelumnya, Apu mengira kalau ibunya mendapatkan uang dengan cara mlecurkan diri. namun setelah mengetahui kenyataaan ibunya kerja keras sebagai pembantu dan kerjaan serabutan lainnya demi anaknya akhirnya dia sadar akan kesalahannya. Ia pun kemudian berdamai dengan ibunya dan menjadi anak yang rajin hingga ia lulus.

film ini diakhiri dengan Apu yang diwawancarai saat hendak mendaftar kerja sebagai Indian Administration Service dengan materi ujian yang dipilih olehnya adalah matematika. Ketika ditanya mengapa mengambil matematika padahal jarang sekali ada wanita yang berani mengambil ujian ini, dia menjawab semua ini dipersembahkan untuk ibunya.

Pemain Film

  • Swara Bhaskar sebagai Chanda Sahay
  • Ria Shukla sebagai Apeksha “Apu” Shivlal Sahay
  • Ratna Pathak Shah sebagai Dr. Diwan
  • Pankaj Tripathi sebagai Kepala SekolahSrivastava
  • Ganesh Kumar sebagai Guru bahasa India
  • Sanjay Suri sebagai District Commissioner
  • Neha Prajapati sebagai Sweety
  • Prashant Tiwari sebagai Pintu
  • Vishal Nath sebagai Amar

Trailer

Trailer film  Nil Battey Sannata bisa dilihat pada video di bawah ini.

Pesan Moral

Film ini memiliki pesan moral bahwa setiap anak entah miskin atau kaya boleh memiliki impian yang tinggi. Keberhasilan seseorang ditentukan oleh keberuntungan dan kerja keras. Jika anak dari orang tua miskin merasa tidak beruntung maka ia harus bekerja keras untuk mencapai keberhasilannya.

Anak harus didukung pendidikannya bagaimanapun caranya. Bahkan meskipun jika orang tua harus menemaninya belajar siang malam untuk membuatnya menjadi orang yang berhasil. Orang tua harus benar-benar bertanggungjawab terkait pendidikan anak dan tidak hanya mencukupi materinya saja . Tidak hanya membayar biaya pendidikan anak tetapi juga memahami masalah pendidikan yang dihadapi anak dan berupaya menyelasikannya.

Tahukah Kamu Arti ampul-2?

am·pul 2 n Dok tempat obat suntik dr kaca berbentuk tabung kecil
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close