Nusagadu

Resume Quantum Learning Bobby De Potter

What is the main goal of Learning?  

Hal yang paling berharga dalam belajar adalah bagaimana cara belajar.

Sayangnya, inilah yang sering dilupakan oleh pengajar. Kebanyakan murid masuk sekolah tanpa tahu bagaimana cara belajar yang benar. Ibarat mengharapkan anak berenang dengan mendorongnya ke dalam kolam renang, tanpa mengajari bagaimana cara berenang yang benar. Memang anak bisa menerima pelajaran, namun lebih banyak menjadikan anak menganggap belajar itu sesuatu yang sangat menakutkan.

Bobby menyelenggarakan Supercamp untuk mengatasi ini, hasilnya sungguh luar biasa. anak-anak yang mengikuti superCamp  mengalami lompatan-lompatan yang sangat menakjubkan, nilai-nilai mereka menanjak, mereka menjadi lebih menyukai belajar.

Kurikulum SuperCamp

Kurikulum SuperCamp adalah kombinasi menggabungkan beberapa unsur, dikembangkan dari suatau falsafah bahwa belajar dapat dan harus menyenangkan.

Unsur-unsur dalam kurikulum superCamp:

  1. Ketrampilan Akademis
  2. Tantangan-tantangan fisik
  3. Ketrampilan dalam Hidup

Ketiga unsur yang digabungkan tersebut merupakan campuran yang menghasilkan perbedaan dalam kehidupan ribuan siswa.

What is Quantum Learning?

Quantum learning adalah seperangkat metode dan falsafah belajar yang terbukti efektif untuk semua umur. merupakan metode yang menyatukan hiburan, permainan warna, cara berfikir positif, kebugaran fisik dan kesehatan emosional.

Manfaat Quantum Learning

  1. Sikap positif
  2. Motivasi
  3. Keterampilan Belajar Seumur hidup
  4. Kepercayaan diri
  5. Sukses

Otak Kita Otak Eistein

Ternyata otak kita mempunyai kapasitas yang sama dengan otak Einstein. Otak yang tersembunyi dalam tengkorak kita, yang hanya sebesar sekepalan tangan mempunyai rahasia yang sangat menakjubkan.

Otak Triune, Kombinasi Keren Otak Manusia

Otak Triune merupakan otak manusia yang terdiri dari tiga bagian yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda, yakni:

  1. Batang otak atau otak reptilia

Otak reptilia ini terkait dengan insting mempertahankan hidup, dorongan mengembangkan spesies.

  1. Sistem limbik atau otak mamalia

Merupakan sistem limbik yang terdapat pada sekeliling otak reptil. Otak ini terletak pada bagian tengah otak manusia yang terkait dengan fungsi emosiaonal dan kognitif. Otak ini yang menyimpan perasaan, pengalaman, memori dan kemampuan belajar.

  1. Neokorteks atau otak berpikir

Neokorteks terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi-sisi sistem limbik, yang membentuk 80 % dari seluruh materi otak. Otak ini menguasai kecerdasan,penalaran, perilaku waras, bahasa serta kecerdasan yang lebih tinggi.

Kecerdasan yang dimaksud adalah kecerdasan linguistik, matematika, visual/spasial, kinestetik, musik, dan kecerdasan intra personal. Kecerdasan tertinggi yang acapkali diabaikan juga tersimpan dalam otak ini, yakni instuisi, kemampuan untuk menerima dan menyadari informasi yang tidak dapat diterima kelima indera kita.

KEKUATAN AMBAK: APA MANFAATNYA BAGIKU

Segala sesuatu yang ingin Anda kerjakan harus menjanjikan manfaat bagi Anda atau Anda tidak akan termotivasi untuk melakukannya.

Ambak adalah motivasi yang didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu keputusan.

Menciptakan minat denganmengajkan pertanyaan AMBAK, Apa Manfaatnya BagiKu, pada diri sendiri akan membuka jalan yang sangat baik untuk memotivsi diri Anda demi mencapai tujuan,membeikan kekuatan untuk mempelajari minat baru, menciptakan reaksi rantai secara terus menerus yang akan membuat kepuasan diri semakin meningkat.

 

Menjadi Nahkoda Kapal Kehidupan

Ketika kita menemukan AMBAK dalam setiap aktifitas, kita akan menjadi nahkoda dalam kehidupan kita. Memosisikan diri sebagai pencari ilmu, bukan sekedar penerima ilmu. Semangatnya adalah untuk menelusuri setiap kawasan yang baru, mengintip ke setiap celah-celah yang tersembunyi, dan mengikuti setiap jalur yang ada dalam rangka mencari pengetahuan.

Merayakan Keberhasilan

Ketika sudah menyelesaikan pekerjaan, maka penting untk merayakan prestasi ini. Merayakan selesainya tugas akan memberikan perasaan keberhasilan, kesempurnaan, kepercayaan diri dan motivasi untuk pekerjaan selanjutnya.

Perayaan atas prestasi bisa dilakukan dengan melakukan hal-hal yang sederhana, misalnya; memutuskan untk makan malam dengan seorang sahabat setelah menyelesaikan sebuah buku.

Inilah Saatnya!

Kadangkala saat kita mengerjakan suatu hal, ada bisikan yang mengganggu kita; bukan ini yang harus kukerjakan, bukan saat ini waktunya. Itu adalah bisikan ego, bagian diri yang mencari kesenangan dan kenyamanan.

Lebih efektif mengikuti suatu pelajaran tanpa terpikir dengan hal-hal lain, pun lebih menyenangkan untuk menikmati liburan tanpa erganggu dengan tumpukan pekerjaan yang harus dikerjaakan.

Jika kita dapat mempelajari bagaimana menciptakan suasana ynag mendukung, berarti kita telah mempelajari cra membawa diri kita ke dalam pikiran yang ideal; tanggap terhadap detil, merasa positif dan mempunyai keteguhan untuk melakukan yang terbaik.

Inilah saatnya!

Menjadi Arsitek untuk Diri Sendiri

Bekerja dalam lingkungan yang ditata dengan baik menjadikan kita lebih mudah untuk mengembangkan dan mempertahanan sikap juara. Sikap ini akan menghasilkan pelajar yang berhasil.

Bagaimana cara menciptakan lingkungan yang ideal? Bobby mengungkapkan dalam buku ini dengan sangat menarik. Let we go!

  1. Memulai dari Rumah

Pikirkan suatu suasana dimana anda dapat berkonsentrasi dengan mudah, meliputi pilihan ruangan dan pencahayaan. Ada beberapa detil yang harus diperhatikan dalam lingkungan fisik:

  • Papan buletin tempat perangkat visual.
  • Rak untuk buku dan bahan rujukan
  • Sistem penangkap untuk mencatat ide-ide yang bermuculan, bisa berupa buku atau alat perekam.
  • Rencana harian
  • ‘Sistem musik
  • Pertanyaan positif yang berfungsi sebagai pengingat agar tetap berada dalam kerangka berpikir dan bersikap ingin maju.
  1. Iringan Musik: Kunci Menuju Quantum Learning

Relaksasi yang diiringi dengan musik membuat pikiran selalu siap dan mampu berkonsentrasi.

Musik yang dapat membantu relaksasi adalah musik barok, seperti Bach, Handel, Pachelbel, dan Viaidi. Komposer musik ini menggunakan ketukan yang sangat khas dan pola-pola yang secara otomatis menyinkronkan tubuh dan pikiran kita. Dengan menggunakan musik yang khusus kita dapat mengerjakan pekerjaan mental yang melelahkan sambil tetap relaks dan berkonsentrasi.

Di superCamp digunakan campuran efektif dari berbagai jenis musik untuk aktifitas dan tujuan yang berbeda-beda. Misalnya, ketika siswa berkonsentrasi pada materi akademis, kerap kali musik barok dipasang sebagai latar belakang. Pada saat istirahat, mereka menggunakan musik pop dinamis bervolume tinggi untuk mendorong aktifitas fisik seperti menari, melempar, atau bermain balap karung.

  1. Tanda-tanda Positif

Tanda-tanda positif merupakan rangsangan visual yang mengingatkan Anda bahwa Anda mampu menjadi orang yang istimewa. Tanda-tanda ini bisa berupa:

  • Pemacu semangat, seperti slogan atau kata mutiara
  • Sertifikat dan penghargaan yang telah diterima
  • Dukungan saat puncak, berupa piala, plakat, sertifikat, ucapan terimakasih ataupun foto-foto keberhasilan
  • Catatan, hadiah, kartu penghargaan dari teman atau kolega

 

Tahukah Kamu Arti absah?

ab·sah a sah: surat keterangan ini tidak --;meng·ab·sah·kan v mengesahkan: rapat telah ~ keputusan itu;peng·ab·sah·an n pengesahan: belum diadakan ~ resmi tt persetujuan itu;ke·ab·sah·an n sifat yg sah; kesahan: puluhan tahun kemudian, orang meragukan ~ surat itu
Kata Kunci
Selengkapnya...

Widi Utami

Deaf Blogger, Emak K.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close