Resep Tumis Pakcoy untuk Santap Sahur

Momen khas bulan Ramadan tak hanya waktu berbuka puasa. Santap sahur juga menjadi momen menyatukan keluarga. Berbeda dengan menu berbuka puasa yang lebih bervariasi dan aneka pilihan, menu santap sahur biasanya lebih sederhana. Tumis pakcoy menjadi pilihan yang tepat untuk santap sahur karena praktis.

Menu santap sahur yang dianjurkan adalah sajian ringan yang mampu menghasilkan kalori dan mencukupi kebutuhan energi selama masa berpuasa. Di jam makan sahur orang biasanya enggan makan karena masih mengantuk. Namun sahur adalah waktu yang penuh keberkahan, sayang jika dilewatkan. Oleh karena itu menu sahur hendaknya dipilih yang bisa disajikan segar, hangat dan menggugah selera makan.

Menu santap sahur paling ideal adalah buah dan sayuran berserat tinggi dan kandungan airnya cukup. Vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah dan sayur membantu metabolisme tubuh berjalan lancar. Saat berpuasa, zat gizi dalam buah dan sayur sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga stamina.

Salah satu menu santap sahur pilihan adalah tumis sayuran. Bingung memilih menu? Coba resep tumis Pakcoy yang bisa disajikan lezat secara cepat dan hangat. Pak Coy mengandung berbagai zat yang bagus untuk kesehatan, diantaranya Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B6, Asam Folat, Antioksidan, Betakaroten, dan Kalsium.

Resep Menu Sahur Tumis Pakcoy

Bahan Menu Sahur Tumis Pakcoy:

1 ikat Pak Coy

Bakso sapi

Cabe rawit iris serong tipis

Tempe potong kotak kecil-kecil, goreng setengah matang.

Margarin untuk menumis

Bumbu:

Bawang Bombay, merica bubuk, gula, garam, kecap manis, saos tiram

Cara Membuat Menu Sahur Tuis Pakcoy:

  1. Iris tipis-tipis Pakcoy, cuci di bawah air mengalir.
  2. Iris tipis bawang Bombay, masukkan dalam margarin yang telah dipanaskan, tumis. 
  3. Masukkan gula, garam, merica bubuk. Tambahkan sedikit air.
  4. Masukkan bakso sapi dan cabe rawit.
  5. Jika bakso sudah terlihat matang, masukkan Pakcoy dan tempe.
  6. Koreksi rasa. Tambahkan kecap manis dan saos tiram
  7. Sajikan hangat. Bisa tambahkan toping bawang goreng renyah untuk meningkatkan cita rasa.

Bersantap sahur dengan tumis Pakcoy hangat adalah pilihan tepat. Selain rasanya lezat, sayuran ini juga membantu menjaga stamina tubuh dan memiliki berbagai manfaat. Pakcoy bisa membantu memelihara kesehatan mata, mengurangi risiko terpapar kanker, dan mencegah tekanan darah tinggi.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Widi Utami
Widi Utamihttp://widiutami.com
Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit