Resep Sayur Asam Jakarta, Menu Segar untuk Berbuka

Lazimnya ketika berbuka puasa, menu yang segar dan menggugah selera menjadi favorit umat muslim yang membatalkan puasa. Apalagi masakan berkuah, segar kuahnya bisa membuat tenggorokan dan lambung terasa nyaman. Salah satu menu berkuah yang nikmat disantap saat berbuka puasa adalah Sayur Asam Jakarta.

“Buah rambutan buah pepaya 

 Satu keranjang habis dimakan 

Bulan Ramadan saatnya berpuasa 

Sayur Asam Jakarta jadi andalan”

Sayur Asam Jakarta atau Betawi berbeda dengan sayur asam yang biasa ditemui di daerah Jawa. Isian Sayur Asam Jakarta lebih komplit dan kuahnya sedikit lebih keruh karena mengandung kaldu. Namun rasanya segar seperti sayur asam lazimnya.

Bahan Sayur Asam Jakarta:

200 gram daging sapi tetelan

1000 ml air

2 buah jagung manis potong sesuai selera

200 gram nangka muda, potong kotak kecil

100 gram kacang tanah

7 helai kacang panjang, potong 3 cm

50 gram daun melinjo

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas, memarkan

5 buah belimbing sayur

10 buah asam

Bumbu Halus

6 siung bawang merah

3 siung bawang putih

4 buah cabe merah

4 butir kemiri, sangrai

1 sdt garam

Cara Membuat Sayur Asam Jakarta:

1. Rebus tetelan daging sapi dengan air mendidih hingga daging empuk
2. Masukkan jagung, nangka, kacang tanah. Masak hingga ketiga item ini tampak matang. Tambahkan daun salam, belimbing sayur dan buah asam. Didihkan sayur
3. Masukkan bumbu halus. Tambahkan kacang panjang dan daun melinjo. Aduk rata. Masak hingga kacang panjang dan daun meinjo berubah warna menjadi matang
4. Angkat, sajikan.


Perbedaan Sayur Asam Jakarta dengan sayur asam lainnya adalah isi sayurnya. Sayur asam di daerah Jawa biasanya hanya berisi kacang panjang dan labu siam. Sayur asam di Jawa lazimnya juga tidak dilengkapi dengan daging tetelan sehingga tidak berkaldu. Kuah gurihnya hanya berbumbu dari bumbu halus dan rasa asam dari belimbing atau buah asam sangat menonjol.

Baik sayur asam Jawa maupun Jakarta, makin nikmat jika disajikan bersama ikan goreng. Ikan laut atau ikan air tawat sama lezatnya. Apalagi jika dilengkapi sambal terasi. Hmmn sepiring nasi pun terasa kurang.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit