NusagatizenNusagafood

Resep Cenil dari Singkong

Bapak mengirim singkong satu karung. Kami kehabisan ide bagaimana mengolah singkong ini. Sudah bosen dengan singkong rebus dan singkong goreng. Ya, meskipun singkongnya orang Salatiga itu enak, tapi kalo terus-terusan kan enggak enak lagi. Abah K urun pendapat untuk membuat cenil dari singkong.

Kami lantas keluar untuk membeli tepung tapioka dan pewarna makanan. Kami menjadikan kegiatan membuat cenil ini sebagai kegiatan bersama. Abah K yang ngupas, aku yang marut. Abah K marut kelapa, aku yang bikin adonan. 

Bahan Cenil dari Singkong

 

  1. Singkong 1/2 kg
  2. Tepung tapioka 3 munjung sendok makan
  3. Gula pasir 3 munjung sendok makan (Sesuai selera)
  4. Garam sedikit, 1/2 sendok teh kali ya
  5. Pewarna makanan

Bahan taburan: kelapa parut

Cara Membuat Cenil Singkong

  1. Kupas singkong. Parut.
  2. Tambahkan tepung tapioka dan gula pasir, uleni sampai rata.
  3. Bagi singkong menjadi beberapa adonan sesuai warna yang ingin kita buat.
  4. Tetes pewarna sedikit saja. Uleni sampai rata.
  5. Didihkan air di panci.
  6. Bulat-bulatin adonan kayak bikin bakso. Biar enggak ambyar, taruh ke dalam dandang dengan menggunakan sendok panjang.
  7. Tunggu sampai mengambang. Angkat, tiriskan.
  8. Campur dengan parutan kelapa.
  9. Singkong siap disajikan.

Kami lebih suka dengan cara ini karena cenil tidak terlalu alot dan gizi dari singkong tetap utuh. Ada sih yang pakai diperas singkongnya agar adonan lebih kalis dan mudah dibentuk, tetapi kami khawatir gizi yang ada di saripati singkong hilang bersama air perasan.

Ada juga yang menyajikan dengan tusuk sate, saat itu kami sudah membeli tusuk sate tapi ternyata sampai jelang buka cenil baru matang. Hahaha. Enak buat temen ngemil sambil nonton.

Bahan Cenil dari Singkong
Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close