Nusagalture

Reog Ponorogo, Kebudayaan dan Kesenian Indonesia Yang Mendunia

Budaya

Reog adalah sebuah pertunjukan yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, setiap mendengar nama kota Ponorogo maka akan membuat kita tahu mengenai kebudayaan dan kesenian “Reog Ponorogo”.

Reog adalah salah satu kebudayaan di Indonesia yang masih kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Reog biasanya ditampilkan dalam beberapa acara seperti pernikahan, khitanan, dan hari-hari besar lainnya. Adegan dalam seni reog biasanya telah mengikuti skenario yang sebelumnya telah dibuat. Dalam pementasan reog terdapat interaksi antara pemain dan dalang (pemimpin rombongan).

Terdapat adegan yang unik dalam kesenian Reog yaitu singa barong, dimana pelaku memakai topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Berat topeng ini bisa mencapai 50-60 kg. Topeng yang sangat berat ini dibawa oleh penarinya dengan gigi, maka itu untuk membawanya diperlukan latihan yang berat, juga latihan spiritual seperti puasa dan tapa.

Baru-baru ini Kebudayaan dan Kesenian Khas Indonesia Reog Ponorogo berhasil mencuri perhatian warga Korea yang menyaksikan Indonesian Street Festival 2018 di Busan yang digelar di Apec Naru Park pada 27 Mei 2018. Indonesia Street Festival 2018 diawali dengan pertunjukan berbagai tari tradisional Indonesia. Mulai dari Tari Lenggang Nyai dari Jakarta, Tari Sanggau dari Kalimantan, dan juga Reog Ponorogo. Selain kebudayaan dan kesenian, pada acara Indonesia Street Festival 2018 juga mengenalkan pada para pengunjung makanan-makanan khas Indonesia.

Menurut KBRI Seoul yang diterima CNNIndonesia.com, yang benar-benar membuat para warga Korea yang menyaksikan acara ini adalah atraksi Reog dari Kelompok Reog Singo Mudho Korea dari Kelompok Reog Singo Mudho Korea.

Menurut penonton, tingkah sang Barongan Dadak Merak sontak membuat penonton emosi, tertawa, kaget, sampai melongo dibuatnya, tak sedikit yang meminta berfoto bersama para Kelompok Reog Singo Mudho Korea.

Dengan makin berkembangnya kesenian dan kebudayaan Indonesia, tentunya akan menjadi kebanggaan bagi kita anak bangsa untuk terus melestarikan budaya Indonesia. Dan membuat Indonesia indah di mata dunia.

Tahukah Kamu Arti abiturien?

abi·tu·ri·en /abiturién/ n lulusan sekolah (terutama sekolah menengah tingkat atas)
Kata Kunci
Selengkapnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close