Rencanakan Dana Pensiun Sejak Dini dengan Aplikasi Investasi

Kesadaran tentang pentingnya melakukan manajemen finansial memang sangat penting untuk dimiliki. Termasuk kesadaran untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Adanya aplikasi investasi sebenarnya sudah sangat menguntungkan dan mempermudah kamu untuk melakukan pengelolaan dana pensiun. Jika dimanfaatkan dengan baik, aplikasi ini membantu kamu lebih matang secara finansial di masa tua.

Persiapan Dana Pensiun

Kita semua pasti ingin merasakan masa tua yang tenang dan mapan secara finansial. Hal ini bisa dicapai jika kamu mempersiapkannya sedini mungkin. Selama masih muda, kamu harus mulai mengelola dana dengan baik dan mengatur dana pensiun. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan saat merencanakan dana pensiun:

  • Tentukan Waktu Pensiun

Pertama, kamu harus menentukan dulu kapan kamu akan pensiun. Tentukan waktu dimana kamu akan berhenti bekerja dan beristirahat. Hal ini tentu tergantung dengan kondisimu sekarang dan apa yang ingin kamu lakukan di masa depan. Setiap orang mungkin memiliki rencana waktu pensiun yang berbeda-beda tergantung situasi masing-masing.

Jika kamu sudah menentukan waktu pensiun maka kamu bisa memilih jenis investasi yang paling cocok sesuai rencana waktu tersebut. Gunakan aplikasi investasi untuk menemukan instrumen yang tepat. Pilih instrumen dengan jangka waktu yang bisa memenuhi tujuan waktu pensiunmu.

  • Pahami Kebutuhan Pribadi

Setiap orang bisa saja membutuhkan dana pensiun yang berbeda-beda. Besarnya dana ini tergantung pada kebutuhan pribadi. Itulah mengapa penting sekali untuk memahami kebutuhan pribadimu. Mulai dari sekarang tuliskan apa saja pengeluaranmu dan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk memenuhi pengeluaran tersebut.

Data ini sangat berguna untuk menghitung jumlah kebutuhanmu setelah pensiun nanti. Kamu bisa membuat perkiraan berapa banyak uang yang harus dipersiapkan agar kebutuhan tetap terpenuhi setelah pensiun. Hitung juga dengan aplikasi investasi yang kamu gunakan, berapa banyak uang yang bisa diinvestasikan sampai waktu pensiun supaya target terpenuhi.

  • Tentukan Besar Dana Pensiun

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jika kamu paham kebutuhan pribadimu maka akan lebih mudah untuk menentukan besarnya dana pensiun. Langsung tentukan saja jumlah pastinya. Jangan lupa masukkan juga dana untuk keperluan mendesak misalnya dana-dana yang dibutuhkan untuk berbagai hal di luar perkiraan.

Manfaatkan aplikasi tabungan online untuk mulai mengatur dana-dana tersebut. Kumpulkan uang sebanyak mungkin setiap bulannya tanpa mengganggu kebutuhan utamamu. Lakukan investasi dengan instrumen yang bisa menghasilkan profit optimal agar target dana pensiun bisa tercapai.

  • Alokasikan Dana untuk Pensiun

Banyak orang sudah membuat anggaran bulanan secara teratur lalu menyusun rencana dana pensiun, tapi pada kenyataannya gagal di tengah jalan. Dana pensiun tidak bisa terkumpul seperti rencana yang sudah ditentukan. Kenapa ini bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah karena kamu tidak membuat alokasi dana sendiri. Seharusnya kamu membuat alokasi dana khusus untuk persiapan pensiun.

Aplikasi investasi bisa kamu manfaatkan agar lebih konsisten dalam berinvestasi. Dengan adanya aplikasi ini kamu bisa lebih mudah melakukan investasi sehingga dana tersebut dapat disetorkan secara rutin. Jika perlu terapkan fitur auto debit sehingga dana pensiun bisa terkumpul secara otomatis.

  • Lakukan Diversifikasi Investasi

Jika kamu sudah memulai investasi di satu jenis instrumen, cobalah untuk melakukan diversifikasi. Berinvestasilah sebanyak mungkin dengan jenis instrumen yang berbeda-beda. Diversifikasi ini akan membantu kamu mendapatkan lebih banyak profit dan risikonya juga bisa lebih ditekan. Melalui aplikasi investasi yang tepat, kamu akan lebih mudah melakukan diversifikasi sehingga semua tujuan finansial bisa tercapai.

Dalam melakukan diversifikasi, jangan lupa untuk tetap mempertimbangkan profil risikomu. Buatlah prioritas dan pilih instrumen yang tingkat risikonya paling sesuai. Manfaatkan pula fitur aplikasi tabungan online untuk membantu kamu mengelola dana investasi. Apalagi jika kamu ingin melakukan diversifikasi, maka pengelolaan dana harus lebih teliti supaya semua instrumen bisa bekerja optimal.

Rencanakan Dana Pensiun Sejak Dini dengan Aplikasi Investasi 1
Merencanakan Pensiun sejak Dini | Gambar: Pexels

Nikmati Digital Banking dari digibank by DBS

Persiapan dana pensiun bisa kamu lakukan sedini mungkin dengan fasilitas perbankan yang memadai. Salah satunya adalah aplikasi investasi dan digital banking dari digibank by DBS. Kamu akan merasakan banyak keuntungan dengan menggunakan layanan satu ini. Berikut adalah beberapa kelebihan digital banking digibank by DBS yang penting untuk diketahui:

  • Mudah Buka Rekening

Di zaman digital seperti sekarang ini, kemudahan membuat akun rekening memang sangat dibutuhkan. Melalui aplikasi investasi dan digital banking dari digibank by DBS, kamu akan merasakan mudahnya buka rekening. Tak perlu pergi ke bank karena kamu bisa buka rekening secara online. Kamu tidak harus antre dan tidak perlu mengumpulkan berkas-berkas sebagai syarat.

  • Syarat Verifikasi Mudah

Proses verifikasi yang harus kamu lalui jika ingin membuka akun di aplikasi investasi serta digital banking digibank by DBS ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu e-KTP dan sidik jari untuk memenuhi proses verifikasi. Sangat praktis dan prosesnya juga tak membutuhkan waktu yang lama.

  • Transfer dan Tarik Dana Gratis

Sebagai nasabah yang memiliki akun di aplikasi tabungan online digibank by DBS ini kamu bisa menikmati kemudahan transfer dan tarik dana secara gratis hanya dengan minimal saldo rata-rata 1 juta rupiah per bulan. Transfer dapat dilakukan dengan mudah lewat Aplikasi digibank by DBS. Selain itu tarik tunai juga dapat diakses di berbagai fasilitas ATM bebas biaya.

Persiapan dana pensiun akan jauh lebih mudah dilakukan jika kamu mengelola keuangan secara optimal. Tentu saja pengaturan keuangan juga akan lebih praktis jika kamu memanfaatkan aplikasi investasi serta digital banking dari digibank by DBS. Mulailah sedini mungkin mengelola finansial secara bijak dan berinvestasi di instrumen yang tepat demi masa tua yang mapan.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit