5 Rekomendasi Kuliner Sidoarjo yang Bikin Ketagihan

Berwisata kurang lengkap tanpa mencicipi makanan atau kuliner khas daerah tertentu. Wisata kuliner telah menjadi bagian dari agenda tamasya dan paket touring wisata. Berwisata kuliner tak hanya bertujuan menikmati cita rasa kearifan lokal, namun mengabadikan momen di tempat makan legendaris seperti 5 rekomendasi wisata kuliner Sidoarjo bisa menjadi salah satu ide konten bagi para konten kreator.

5 Rekomendasi Wisata Kuliner Sidoarjo

Berikut adalah 5 Rekomendasi Wisata Kuliner Sidoarjo

1. Kupang Lontong

Kuliner Sidoarjo yang cukup tenar adalah kupang lontong. Kupang adalah sejenis kerang berukuran kecil, biasanya dimasak dengan bumbu kuah petis pedas. Di Sidoarjo banyak penjual Kupang Lontong. Salah satunya di Bursa Kupang Lontong di jalan Raya Gedangan, mudah diakses dari Surabaya melalui jalan utama A Yani yang berbatasan dengan Sidoarjo. Harga per porsi antara 7-8 ribu rupiah siap memanjakan lidah pecinta seafood.

5 Rekomendasi Kuliner Sidoarjo yang Bikin Ketagihan 1
Kupang Lontong – 5 Rekomendasi Wisata Kuliner Sidoarjo – Sumber: GNFI

2. Rujak Cingur Hj Simpen

Rujak cingur lebih dikenal sebagai makanan khas Jawa Timur khususnya Surabaya. Namun Rujak Cingur Hj Simpen sangat fenomenal, hingga pembelinya tak hanya dari lokal Sidoarjo, tetapi hingga juga dari luar kota. Tidak mengherankan jika di jam makan siang antrian menikmati rujak cingur Hj. Simpen cukup panjang. Tempat makannya sederhana, warung yang tak begitu luas namun cukup memuat hingga sekitar 50 pengunjung. Warung rujak cingur ini terletak di Jl. Raya Dungus 22, Sukodono Sidoarjo. Jika dari arah Surabaya bisa mengambil arah Jl. Raya Sepanjang, belok ke kiri di pertigaan Kletek hingga menemui perenaman Dungus, belok kiri di perenaman tersebut dan warung berada di sebelah kiri jalan. Harga tak sampai 20 ribu rupiah seporsi rujak cingur siap dinikmati.

3. Ayam Panggang WAPD (Warung Ayam Panggang Dungus)

Hobi menikmati ayam panggang lengkap dengan urap-urapnya? Jangan lupakan Warung Ayam Panggang Dungus. Dengan merogoh kocek 30 ribuan, sudah dapat 1 paket 1 potong ayam kampung panggang, nasi dan urap. Selain ayam panggang, WAPD juga menawarkan ayam panggang madu dan beberapa paket lainnya. Warung makan ini bisa dituju dengan mudah Jl. Raya Dungus No.3-5, Sukodono, Sukodono, Kec. Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61258.

4. Ceker Lapindo

Nama kuliner ini mengacu pada lumpur Lapindo yang menyebabkan bencana besar di Sidoarjo beberapa tahun lalu. Terletak di Jl. Dr Soetomo No.12 Gajah Timur, Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo kuliner yang menonjolkan olahan kaki ayam bumbu pedas cukup digandrungi masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya. Kuliner dengan kisaran harga di bawah 20 ribu ini siap memanjakan pecinta makanan pedas.

5. Warung Bakso Solo Mburi Kantor Pos

Sesuai namanya, kedai bakso ini berada di belakang Kantor Pos Sidoarjo, tepatnya di Jl. Teuku Umar ll/3 Sidoarjo. Seperti bakso Solo pada umumnya, Bakso Mburi Kantor Pos ini menyajikan bakso kasar dan halus tanpa aneka isian, tetapi tahu dan gorengan masih bisa dibeli secara terpisah. Harga per porsi 15 ribu rupiah siap memadamkan kelaparan.

5 rekomendasi wisata kuliner Sidoarjo ini menjadi ciri khas kota yang terkenal dengan sebutan Kota Delta. Beberapa di antaranya bisa dipesan melalui aplikasi online, namun menikmatinya langsung di lokasi pasti meninggalkan kesan khusus di hati. Jangan lupa untuk menikmati rekomendasi kuliner Semarang jika bepergian ke Semarang.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit