Nusagatech

Rancangan Aplikasi Penilaian Karyawan Sederhana

Beberapa hari yang lalu, ada seseorang yang minta dibuatkan aplikasi penilaian karyawan sederhana. Padahal! Saat itu, aku tidak memiliki gambaran sama sekali mengenai aplikasi penilaian karyawan. Jangankan membayangkan flow-nya, membayangkan penggunaannya saja masih belum bisa. Ia sedikit menjelaskan mengenai aplikasi macam apa yang ingin dibuatnya. Hanya saja, aku tetap belum paham.

Kerena tidak paham, aku kemudian browsing untuk mencari beberapa referensi terkait aplikasi penilaian karyawan. Setelah mendapat sedikit gambaran, akhirnya aku memulai membuat project dengan flow yang sangat sederhana.


Tabel Data Aplikasi Penilaian Karyawan

Aplikasi penilaian karyawan yang kubuat kemarin menggunakan 4 (empat) table, yaitu: users, criteria, employments, dan reports.

Tabel users digunakan untuk menyimpan data pengguna aplikasi, table criteria digunakan untuk menyimpan kriteria penilaian, table employements digunakan untuk menyimpan data karyawan yang dinilai, table reports digunakan untuk menyimpan data penilaian.

Desain Tabel users

Tabel users berisi 3 (tiga) kolom, yaitu: id, username, displayname, dan password.

Id username displayname password
1 admin Admin 1 admin1
2 staff Staff 1 staff1

select * from users

Desain Tabel criteria

Tabel criteria berisi 3 (tiga) kolom, yaitu: id, name, dan weight. Kolom ide digunakan untuk menyimpan ide kriteria, kolom name digunakan untuk menyimpan nama kriteria, dan kolom weight digunakan untuk menyimpan bobot nilai kriteria.

Id name weight
1 Pencapaian Target 3
2 Usia 1

select * from criteria

Desain Tabel employments

Tabel employments hanya berisi 2 (dua) kolom saja, yaitu kolom ide dan name. Kolom id digunakan untuk menandai isian di record reports.

Id name
1 Ahmad Budairi
2 Widi Utami

select * from employments

Desain Tabel reports

Tabel reports berisi 4 (empat) kolom, yaitu, id, employers, criteria, dan value. Kolom id digunakan untuk id penilaian yang dibuat otomatis bertambah (auto increment), kolom employers digunakan untuk menyimpan id karyawan yang dinilai, kolom criteria digunakan untuk menyimpan id kriteria, dan tabel value digunakan untuk menyimpan nilai yang dimasukkan oleh pengguna aplikasi.

Id employers criteria value
1 1 1 10
2 1 2 6
3 2 1 5
4 2 2 26

select * from reports

Output Penilaian Karyawan

Sesuai permintaan, aplikasi bisa menentukan 3 (tiga) karyawan yang memiliki nilai tertinggi. Untuk mendapatkan nilai total masing-masing karyawan, aku menggunakan rumus sebagai berikut:

Rumus untuk menghitung total nilai karyawan
Rumus untuk menghitung total nilai karyawan

Setelah semua nilai karyawan dijumlah kemudian disortir secara descending (menurun) dan diambil 3 karyawan paling atas. Begitulah rancangan aplikasi penilaian karyawan sederhana dan kemudian kubuat menggunakan PDO dan MySql.

Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: budairi@nusagates.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close

Adblock Terdeteksi

Tampaknya kamu menggunakan Adblock. Iklan kami aman dan tidak mengganggu kamu mengunjungi blog ini. Sudilah kiranya mematikan Adblock untuk blog ini untuk mendukung kami.
Lewat ke baris perkakas