Cara Melemaskan Rambut dengan Pola Makan Sehat

Rambut adalah mahkota manusia. Dulu jaman masih kecil, rambut adalah salah satu hal yang bisa membuat insekyur. Jaman itu rambut lurus dan lemas menjadi primadona. Sampai-sampai pada berburu cara melemaskan rambut, dari yang herbal sampai ke salon kecantikan. Namun, belum banyak orang yang sadar jika pola makan sehat juga menjadi salah satu faktor kesehatan rambut.

Dampak Pola Makan yang Tidak Sehat ke Rambut

Pentingnya pola makan sehat ternyata enggak sekedar agar tubuh sehat saja, pola makan sehat juga sangat berpengaruh ke pertumbuhan dan penggantian sel-sel kulit, kuku, rambut, dan keseluruhan anggota tubuh. Meskipun sudah diberi berbagai ‘obat’ luar untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut, jika zat mikronutrien yang memupuk rambut dari dalam tidak dipenuhi, maka kecil kemungkinan untuk mewujudkan rambut yang sehat.

Rambut membutuhkan nutrisi untuk memperbaharui sel-selnya. Nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut antaralain; vitamin C, D dan E, zat besi, seng, niasin dan biotin. Kekurangan zat-zat ini bisa menyebabkan rambut mudah rontok, lepek, bahkan memerah. Salah satu tanda seorang anak mengalami gizi buruk adalah rambut yang seperti rambut jagung karena tidak ada mikronutrien yang ‘memupuk’ ramput.

Makanan yang Menyehatkan Rambut

Makanan yang menyehatkan rambut tidak harus makanan organik atau makanan premium yang pricey. Makanan yang menyehatkan rambut adalah makanan yang mengandung mikro nutrien yang dibutuhkan oleh rambut. Jadi, pola makan sehat bukan tentang makanan yang sulit ditemukan, organik dan pricey. Pola makan sehat adalah tentang makanan yang mengandung mikro nutrien yang dibutuhkan oleh tubuh dengan pengolahan yang tepat.

Apa saja makanan yang menyehatkan rambut? Jika kita sudah melakoni pola makan sehat dengan menu gizi seimbang, biasanya mikronutrien yang dibutuhkan oleh rambut sudah terpenuhi. Namun, mungkin kita harus memperbanyak konsumsi makanan tertentu ketika merasa bermasalah dengan rambut.

Makanan Kaya Protein

Rambut membutuhkan asam amino sistein dan metionin untuk memberikan efek elastisitas dan kilau. Protein yang perlu kita konsumsi boleh protein yang berasal dari hewani maupun protein nabati. Setidaknya, kita membutuhkan setengah gram protein per pon berat badan. Protein hewani yang disarankan adalah ikan, daging dan telur. Sementara, untuk protein nabati bisa kita dapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Jadi bagi yang diet vegetarian tidak perlu risau.

Makanan Kaya Vitamin E

Vitamin E penting untuk memperpanjang, menebalkan rambut dan menyehatkan kulit kepala. Vitamin E menjadi kandungan utama di shampo-shampo. Meskipun shampo kita sudah mengandung vitamin E, tetapi kita tetap butuh mengkonsumsi makanan kaya vitamin E.

Vitamin E dapat didapatkan dari kacang almond, biji bunga matahari dan minyak biji gandum. Jika kesulitan mendapatkan ketiga kacang dan biji-bijian tersebut, kita masih bisa mendapatkan vitamin E dalam buah alpukat.

Makanan Kaya Lemak

Lemak enggak selalu jahat, loh. Bahkan kita tetap membutuhkan lemak sehat untuk menyehatkan tubuh. Yang harus dihindari adalah lemak jahat yang sulit dicerna. Lemak yang berperan dalam kesehatan rambut adalah asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam ikan salmon, walnuts, alpukat dan minyak zaitun.

Makanan Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk memperbaharui sel rambut. Laiknya kulit, vitamin D juga dibutuhkan untuk memelihara kesehatan rambut. Salah satu makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan Kod. Bisa juga kita mengkonsumsi suplemen vitamin D untuk meningkatkan kadar vitamin D.

Selain dari makanan, kita juga bisa mendapatkannya dengan berjemur di bawah matahari. Hanya saja, terlalu lama dan terlalu panas berjemur bisa membuat rambut kita lepek dan pecah, maka kita harus membatasi waktu saat berjemur di bawah matahari. Cukup 10-15 menit di pagi hari.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Widi Utami
Widi Utamihttp://widiutami.com
Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit