Rahasia Membuat Bawang Goreng Renyah

Bawang goreng, pelengkap bagi segala jenis menu makanan ini disukai semua kalangan. Bakso, soto, kare, opor, aneka sop tak lengkap jika tidak ditaburi bawang goreng renyah di atasnya. Rasa gurih bawang merah yang digoreng garing membuat masakan berkuah kian terasa lezatnya. Kalau ingin membuat bawang goreng sendiri, ada tips agar bawang goreng renyah dan enggak cepat melempem.

Membuat bawang goreng renyah sebenarnya cukup mudah. Bahan utama yang diperlukan hanya bawang merah dan minyak goreng. Hanya saja perlu bersabar dan tips khusus agar hasil penggorengan bawang sesuai harapan; renyah, gurih dan warnanya pun sedap dipandang.

Tips Membuat Bawang Goreng Renyah

Berikut ini adalah tahapan membuat bawang goreng renyah beserta tips khususnya:

  1. Pilih bawang merah berukuran besar dan benar-benar kering. Bawang merah Brebes punya ciri khas pada rasa yang ada manis-manisnya. Sedangkan Varietas Sembrani dan Agrihot ukuran umbinya lebih besar dan lebih cepat kering jika digoreng. Hindari menggunakan bawang merah yang masih basah, karena berpengaruh pada hasil gorengan, bawang tak kunjung kering tapi warnanya sudah berubah gelap.
  2. Iris bawang tipis-tipis. Bisa menggunakan alat pengiris bawang agar ketebalannya rata sehingga bisa matang sempurna dan warnanya sama.
  3. Siapkan air jernih dalam baskom, taburi garam secukupnya. Rendam irisan bawang ke dalam baskom air garam selama kurang lebih lima menit. Angkat irisan bawang, saring, tiriskan.
  4. Panaskan minyak dalam jumlah cukup untuk merendam bawang.
  5. Goreng hingga bawang berwarna keemasan coklat muda dan terasa kering. Jangan tunggu warnanya kecoklatan sebab bawang yang digoreng akan segera berubah warna ketika diangkat dari penggorengan. Terlambat mengangkat, bawang bisa berwarna kehitaman dan gosong
  6. Tiriskan minyak dari bawang goreng dengan cara meletakkan bawang goreng di atas kertas koran dialasi tisu.
  7. Simpan bawang goreng dalam toples tertutup
  8. Jika bawang goreng mulai terasa kurang renyah bisa disimpan di kulkas dalam toples yang tertutup rapat. Bawang akan kembali renyah.

Membuat bawang goreng renyah gampang-gampang susah. Terlihat mudah karena bahannya mudah didapat dan tidak butuh resep khusus. Susahnya adalah ketika memperkirakan kapan saat yang tepat untuk mengangkat bawang dari penggorengan. Sebab terlambat mengangkat menyebabkan bawang gosong dan terasa pahit. Rahasianya adalah tak lelah mencoba, agar insting mengenal timing kematangan bawang goreng bisa terasah karena terbiasa.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit