Iklan
Nusagadu

Ragam Cara dan Alat Pengembangan Sistem Informasi

Tugas Perkuliahan Universitas Terbuka

Artikel ini pertama kali dipublikasikan di elearning Universitas Terbuka untuk memenuhi tugas diskusi pada perkuliahan sesi keempat matakuliah Pengantar Sistem Informasi yang diampu oleh bapak Unggul Utan Sufandi, S.Kom., M.Si. Semoga dapat dijadikan bahan referensi untuk teman-teman yang juga mengambil matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan di manapun berada.


Soal

Dear mahasiswa peserta tuton, salam sejahtera untuk kita semua.

Tidak terasa kita sudah memasuki minggu keempat tutorial online, semoga rekan-rekan tuton dalam keadaan sehat dan telah dapat mengikuti sesi sebelumnya dengan baik. Pada inisiasi yang keempat kali ini, kita akan berdiskusi tentang pengembangan sistem informasi. Seperti yang sudah dijelaskan di awal perkenalan, rekan-rekan mahasiswa diharapkan aktif dalam forum diskusi, mengerjakan tugas serta mengerjakan latihan mandiri yang tersedia.

Didalam materi sesi keempat dan didalam modul 5 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434) terdapat penjelasan mengenai metodologi pengembangan sistem informasi terstruktur. Silahkan jelaskan secara lebih rinci dengan mengacu pada modul 5 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434), yaitu:

  1. Cara pengembangan system,
  2. Alat-alat pengembangan system.

Selamat Berdiskusi.


Cara Pengembangan Sistem

Pengembangan sistem  informasi menggunakan metodologi pendekatan tersetruktur (structured approach) bisa dilakukan melalui dua cara yaitu top down (cara atas turun) dan dekomposisi.

Cara Atas Turun (top down)

Pengembangan sistem informasi menggunakan cara ini dimulai dari penggalian infrormasi apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna kemudian turun sampai data apa saja yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan kata lain, cara ini dimulai dari penentuan output dan diakhiri dengan perumusan input.

Cara bawah naik (bottom up) adalah kebalikan cara atas turun. Dimulai dari ketersediaan data naik hingga informasi apa saja yang dibutuhkan oleh pengguna.

Cara Dekomposisi

Cara dekomposisi (decomposition approach) atau disebut juga dengan cara moduler (modul air approach) dilakukan dengan memecah sistem yang rumit menjadi bagian-bagian sistem yang disebut modul-modul lebih sederhana. Modul-modul itu kemudian akan dirangkai menjadi satu kesatuan sitem yang utuh.


Alat-Alat Pengembangan Sistem

Beberapa alat yang dibutuhkan unntuk pengembangan sistem informasi menggunakan metodologi pendekatan terstruktur antara lain: bagan alir sistem (system flow chart), diagram arus data (data flow diagram), kamu data (data dictionary), bagan alir program (program flow chart), bagan terstruktur (structured chart), structured englishpseudo code, dan tabel keputusan (decision table).


Referensi

  1. modul 5 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434)
Iklan
Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: nusagates@gmail.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close