Beranda Nusagatizen Pilihan Warung Soto Salatiga yang Enak

Pilihan Warung Soto Salatiga yang Enak

Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang digemari masyarakat. Makanan ini terbuat dari kaldu daging, sayuran, serta potongan daging itu sendiri. Daging yang digunakan dalam dapat beraneka ragam, dapat berupa daging ayam maupun daging sapi. 

Karakteristik soto sendiri berbeda – beda setiap daerahnya. Ada yang menggunakan santan, bumbu koya, susu, ataupun bumbu sambal kacang. Ciri khas dalam soto tersebut yang menambah cita rasa soto setiap daerahnya. Nah bagi kamu, yang berada di kawasan Salatiga, soto bisa menjadi salah satu makanan pilihan. Pilihan warung makan soto di Salatiga pun sangat beragam. Mulai dari warung soto legendaris hingga warung soto yang baru ada beberapa tahun lalu. Hawa dingin Kota Salatiga juga menambah kenikmatan dalam menyantap soto. Berikut adalah 7 pilihan warung makan soto enak di Salatiga.

Soto Rumput Khas Boyolali

Salah satu pilihan warung soto di jalan Jendral Ahmad Yani yaitu soto rumput khas boyolali. Soto ini terkenal dengan kuah rempah dan kaldunya yang sangat gurih. Selain menyediakan soto sapi, warung ini juga tersedia soto ayam, soto babat, dan gorengan. Warung ini juga cukup luas dan bersih sehingga nyaman bagi pengunjung. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Soto Goto

Warung soto di belakang Taman Sari ini tentu terdengar familiar bagi masyarakat Salatiga, hal ini disebabkan oleh soto goto merupakan salah satu kuliner legendaris di Kota Salatiga. Soto goto disajikan dengan potongan daging dan kuah kaldu yang nikmat. Salah satu makanan yang berbeda dari warung soto lainnya yaitu ati kepel khas soto goto. Ati kepel ini terbuat dari hati sapi yang dihaluskan dengan bumbu – bumbunya lalu digoreng dengan lumuran telur kocok. Perpaduan antara soto dengan ati kepel yang gurih dapat menjadi pilihan saat berkuliner di Kota Salatiga.

Soto Ayam Pak Kempung

Berbeda dengan soto lainnya, soto ayam pak kempung terletak di dalam wilayah permukiman penduduk. Soto ayam pak kempung ini terletak di Jalan Margorejo, Gendongan, Kecamatan Tingkir. Soto dengan kuah bening ini memiliki rasa yang super gurih dan tidak terlalu berminyak sehingga cocok dinikmati untuk sarapan di pagi hari. Meskipun soto pak kempung memiliki karakteristik kuah bening tetapi kaldu dari daging ayam dan bawang begitu terasa nikmat untuk nikmati.

Soto Kemuning

Soto kemuning memiliki rasa yang unik dari soto lainnya. Soto ini disajikan dengan potongan ayam kampung, bihun, serta potongan tomat diatasnya. Selain soto ayam, warung soto kemuning juga menyediakan sate sebagai pendampingnya. Berbagai sate mulai dari sate kerang, sate ayam, sate kulit, serta sate usus dapat menjadi pilihan sebagai pendamping soto. 

Soto Seger Mbok Giyem

Soto seger mbok giyem menyediakan dua jenis soto, soto sapi dan soto ayam kampung. Soto bening khas boyolali yang disajikan berbagai aneka lauk ini sangat cocok dinikmati saat sarapan maupun makan siang. Selain tempatnya yang luas, bersih, dan nyaman, warung soto seger mbok giyem juga memiliki parkiran yang luas. Disamping itu, harga makanan di warung ini juga relatif terjangkau bagi semua kalangan.

Soto Reksa Pak Bas

Warung soto ini memiliki lokasi yang strategis karena terletak di Jalan Jendral Sudirman. Salah satu warung soto legendaris ini sudah berdiri sejak lama. Reksa sendiri merupakan nama bioskop di Salatiga yang saat ini sudah tutup beroperasi. Karakteristik dari soto reksa pak bas memiliki kuah santan yang kaya akan kaldu sehingga gurih untuk dinikmati. Lebih uniknya lagi, soto reksa pak bas disajikan berbeda dengan soto pada umumnya, soto ini disajikan menggunakan piring. 

Soto Kesambi

Salah satu warung soto yang laris di Salatiga yaitu warung soto kesambi. Soto kesambi disajikan dengan potongan ayam kampung. Porsi soto bening ini cocok dinikmati sebagai hidangan sarapan di pagi hari. Soto ini juga merupakan salah satu makanan favorit Bapak Walikota Salatiga, Bapak Yulianto. Bahkan, beliau pernah mengajak Bapak Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo,  untuk ikut menikmati soto kesambi di Kota Salatiga.

Sampaikan pendapatmu di sini.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tanggapan Kamu? Batalkan balasan