Nusagadu

Perpustakaan Bergerak Pemkab Kediri

Ketika pergi ke Kediri, satu tempat yang paling membuatku penasaran adalah Simpang Lima Gumul atau biasa disingkat menjadi SLG. Tempat ini telah dijadikan ikon atau landmark oleh pemerintah kabupaten (pemkab) Kediri. Selain menjadi tempat bersantai dan berkumpul masyarakat kabupaten Kediri juga menjadi destinasi wisata oleh pendatang dari berbagai daerah.

Perpustakaan Bergerak

Perpustakaan Bergerak ini diberi nama Mobil Pintar oleh pemkab Kediri. Layanan ini dikelola pemkab melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabutapen Kediri dengan harapan dapat menumbuhkan minat baca masyarakat.

Buku-buku yang disediakan oleh Mobil Pintar terdiri dari ragam koleksi untuk anak-anak sampai dewasa. Kategori buku-buku tersebut diantaranya sastra, teknologi digital atau komputer, sains, agama, buku untuk mewarnai, buku latihan menggambar, dan lain sebagainya.

Selain buku, mobil pintar juga menyediakan meja, alat tulis, dan alat peraga untuk media belajar anak-anak yang datang untuk belajar. Di samping mobil pintar, petugas menggelar karpet untuk tempat membaca maupun bermain pengunjung mobil pintar.

Waktu Beroperasi

Waktu beroperasi mobil pintar pemkab Kediri di SLG ini hanya pada hari Sabtu dan Ahad saja. Mungkin hal ini dikarenakan ramainya SLG hanya pada akhir pekan saja.

Waktu beroperasi mobile pintar di SLG adalah sebagai berikut:

  • Sabtu: pukul 07.00 s/d 20.00 WIB
  • Ahad: pukul 07.00 s/d 14.00 WIB

Cara Meminjam Buku

Pengunjung SLG bisa meminjam buku-buku yang dibawa oleh mobil pintar secara gratis. Kita bisa meminjam buku untuk dibaca di tempat tanpa menggunakan kartu anggota perpustakaan atau tanda pengenal lainnya. Namun, jika kita ingin meminjamnya untuk dibawa pulang maka kita perlu menggunakan kartu anggota perpustakaan atau meninggalkan tanda pngenal seperti KTP/SIM sebagai jaminan.

Aku berharap rumah pintar ini bisa sekaligus melayani pendaftaran anggota perpus baru agar bisa lebih mengikat masyarakat dengan kegiatan literasi. Jadi, setiap peminjam yang ingin membawa pulang buku yang dipinjamnya diberi tawaran untuk mendaftar sebagai anggota perpustakaan. Hal ini berguna untuk merapikan data peminjam sehingga dapat digunakan untuk menentukan acuan kebijakanmaupun strategi pemasaran perpustakan di masa yang akan datang.

Usulan-Usulan

Usulan ini tidak hanya kutujukan untuk perpustakaan bergerak yang disediakan pemkab Kediri saja melainkan perpustakaan bergerak yang terdapat di wilayah administratif lainnya seperti di Salatiga, Kab. Semarang, dan lain sebagainya:

  • Sediakan layanan pendaftaran anggota baru
  • Melayani panggilan dari Satuan Pendidikan untuk menjembatani satuan pendidikan yang belum memiliki perpustakaan
  • Bentuk komunitas membaca yang diikat dengan penerbitan tabloid sebagai wadah interaksi antar anggota komunitas

Tahukah Kamu Arti pestaka?

pes·ta·ka n 1 kitab primbon (yang berisi ramalan, mantra, dan sebagainya); pustaka: jika hendak melakukan pekerjaan yang besar (pesta perkawinan dan sebagainya) dilihatnya -- dahulu; 2 pengaruh baik atau buruk (yang ada pada suatu benda dan sebagainya): -- keris
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825
Close