Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Vacuum Cleaner

4
HeroImage_Shutterstock_Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Vacuum Cleaner
HeroImage_Shutterstock_Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner, penyedot debu, atau penghisap debu jadi salah satu peralatan rumah tangga yang membantu proses membersihkan rumah jadi lebih cepat dan efisien. Mulai dari bulu hewan peliharaan hingga debu-debu yang berukuran sangat kecil bisa langsung dibersihkan dengan alat satu ini.

Vacuum cleaner sendiri hadir dengan berbagai jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, saat ini sudah banyak sekali merek vacuum cleaner dengan varian harga bervariasi yang bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Begitu juga dengan teknologi yang sudah dibekali pada tiap produk, mulai dari teknologi yang menghisap mikropartikel hingga HEPA filter untuk menyaring partikel udara yang berukuran sangat kecil.

 Jika Anda ingin membeli vacuum cleaner dalam waktu dekat, perhatikan beberapa pertimbangan di bawah ini untuk memilih vacuum cleaner yang tepat.

HeroImage_Shutterstock_Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Vacuum Cleaner
Vacuum Cleaner. Source: Shutterstock

Cari tahu jenis vacuum cleaner yang tepat

Meskipun punya fungsi yang sama, tetapi vacuum cleaner hadir dalam berbagai jenis. Saat memilih, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan juga ukuran ruangan.

Berikut ini beberapa jenis vacuum cleaner yang bisa Anda temukan di pasaran:

Canister Vacuum Cleaner

Tipe canister ini berbentuk tabung dan cocok digunakan untuk menyedot debu hingga ke berbagai ruangan. Dengan model leher yang fleksibel, vacuum ini bisa menjangkau ke area sulit pada ruangan.

Vacuum Cleaner Robot

Teknologi robotic juga turut diaplikasikan pada vacuum cleaner. Biasanya berbentuk bulat dan pipih, penyedot debu satu ini bisa dikontrol dengan smartphone atau remote control.

Vacuum Cleaner Upright

Tipe vacuum cleaner ini memiliki bentuk yang lurus dengan mesin penghisap di bagian bawah. Cocok untuk digunakan pada ruangan yang tidak terlalu besar.

Handheld Vacuum Cleaner

Beralih ke tipe handheld, penyedot debu ini biasanya digunakan untuk membersihkan bagian dalam mobil. Bentuknya juga cukup compact dan mudah digunakan.

Cek ukuran ruangan atau rumah yang ingin dibersihkan

Ukuran ruangan tentunya berpengaruh dengan jenis vacuum cleaner yang ingin dibeli. Jika Anda memiliki banyak ruangan di rumah, maka penghisap debu yang ringan jadi pilihan supaya tidak pegal. Sementara jika ruangannya besar, pilihan penghisap debu tanpa kabel juga tepat supaya tidak repot mencari soket listrik.

Perhatikan daya hisapnya

Sebagai penghisap debu, daya hisap jadi salah satu pertimbangan penting demi ruangan yang lebih terasa bersih. Anda bisa cek dari indikator aliran udara dan juga daya masukan motornya.

Pilih vacuum cleaner dengan daya listrik yang kecil

Rumah bersih memang idaman, tapi jika tagihan listrik tiba-tiba melonjak, tentunya kita tidak menginginkan hal ini bukan? Saat memilih vacuum cleaner, Anda bisa cek terlebih dulu spesifikasi daya listrik produk yang Anda inginkan. Pilih produk yang menggunakan daya listrik kecil, tetapi daya hisapnya tetap kuat. Rumah bersih, tagihan listrik pun tetap aman.

Cek filter atau penyaringan yang digunakan

Memilih vacuum cleaner salah satunya juga harus mempertimbangkan filter yang digunakan. Anda bisa memilih vacuum dengan sistem penyaringan HEPA atau High Efficiency Particulate Arrestance yang bisa menyaring 99,97 persen debu, serbuk, jamur, bakteri, dan partikel udara berukuran 0,3 mikron. Dengan menggunakan filter ini, maka debu-debu kecil bisa disaring dengan sangat bersih, baik yang masuk dan yang dikeluarkan.

Selain beberapa pertimbangan di atas, Anda juga bisa memperhatikan tingkat kebisingan vacuum cleaner supaya ruangan tetap kondusif, apalagi jika Anda memiliki bayi di rumah. Terakhir, pertimbangkan harga produk yang sesuai dengan budget yang ingin dikeluarkan ya.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Tanggapan Kamu?