Nusagatech

Percobaan Menggunakan Twilio SMS Gateway

SMS gateway merupakan salah satu bahan yang kubutuhkan untuk membangun project yang sedang kutangani saat ini. SMS gateway ini digunakan untuk verifikasi nomor handphone pengguna yang mendaftar pada aplikasi.

Awalnya, provider SMS gateway yang kugunakan adalah Infobib. Setelah menimbang, meninjau, dan memperhatikan dengan seksama, Infobib ternyata cukup mahal dibandingkan dengan Twilio. Biaya per SMS menggunakan Infobib sekitar Rp. 360 sedangkan Twilio menawarkan biaya $0,0288 atau sekitar Rp. 100 untuk kurs saat ini.

Twilio lebih mudah digunakan. Untuk mendaftar Twilio, aku tak perlu menghubungi reseller resmi yang ada di Indonesia sehingga harga yang kudapat adalah harga dari provider langsung. Bukan harga dari reseller. Selain itu, metode pembayaran yang ditawarkan Twilio lebih banyak dan sesuai keinginanku yaitu menggunakan kartu kredit atau paypal. Bukan menggunakan transfer bank seperti yang ditetapkan pada Infobib.

Keuntungan menggunakan Twilio lainnya adalah ada versi trial sehingga aku tak perlu deposit terlebih dahulu ketika aplikasi masih dalam tahap uji coba. Hal ini tidak ada pada Infobib Indonesia.

Hari ini agendanya adalah mengintegrasikan aplikasi dengan SMS Gateway yang disediakan Twilio menggunakan Rest API. Setelah project ini rampung, potongan kode beserta tutorial integrasi aplikasi dengan SMS Gateway akan kuposting di Nusagates. Stay tune, yah.

Tahukah Kamu Arti gelebar?

ge·le·bar, ter·ge·le·bar v terserak (spt buah-buahan tumpah dr bakul); bertaburan (spt sobekan kertas kecil tertiup angin)
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close