Perbedaan Mobile Banking vs Internet Banking, Mulai dari Cara Daftar mBanking dan Kelengkapan Fiturnya

Di era digital seperti sekarang semua kebutuhan perbankan bisa dipenuhi dengan mudah dan cepat. Banyak layanan online tersedia untuk menyelesaikan semua urusan perbankan termasuk berbagai jenis transaksi. Salah satunya adalah m banking yang dinilai sangat mempermudah urusan masyarakat. Cara daftar m banking saat ini juga sangat praktis dan bisa dilakukan lewat satu aplikasi saja. 

Selain m banking, kita juga mengenal adanya layanan internet banking. Keduanya sama-sama mendukung pemenuhan kebutuhan layanan perbankan secara online. Namun kedua layanan ini juga punya perbedaan mendasar yang penting untuk diketahui. Mulai dari cara daftar m banking dan internet banking hingga fitur lainnya. 

Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking

Baik mobile banking maupun internet banking sama-sama bisa diakses secara online. Keduanya memungkinkan kamu untuk mendapatkan layanan perbankan dari mana saja tanpa harus datang langsung ke kantor bank. Berikut ini adalah perbedaan antara m banking dan internet banking:

Media Akses yang Digunakan

Perbedaan paling mencolok yang dimiliki oleh m banking dan internet banking adalah media akses yang dipakai. Keduanya memang sama-sama bisa diakses secara online namun media yang dipakai berbeda. Untuk internet banking kamu bisa mengaksesnya lewat website resmi dari bank yang menyediakan layanan tersebut. Selama kamu punya perangkat yang memadai dan ada koneksi internet yang stabil maka mudah saja untuk mengakses internet banking. 

Sementara itu untuk aplikasi m banking bisa diakses dengan lebih fleksibel melalui aplikasi mobile. Jadi aplikasi ini bisa dipasang langsung di perangkat smartphone. Nantinya pengguna m banking bisa dengan bebas mengakses layanan perbankan kapan saja dan dimana saja lewat aplikasi mobile tersebut. 

Cara Mendaftar

Poin kedua yang menjadi perbedaan dari dua jenis layanan digital ini adalah cara mendaftarnya. Cara daftar m banking jauh lebih mudah dan praktis karena bisa diakses langsung lewat aplikasinya. Jadi kamu bisa mengunduh layanan m banking terlebih dahulu kemudian ikuti proses registrasi yang ada di aplikasi tersebut. Sebagian besar layanan bank saat ini juga sudah menawarkan aktivasi m banking saat nasabah membuka rekening. 

Sementara itu pendaftaran atau registrasi internet banking tidak dilakukan lewat aplikasi karena memang media yang digunakan bukanlah aplikasi. Kamu harus mendaftar dulu lewat fasilitas ATM atau datang langsung ke kantor bank. Cara daftar m banking dan internet banking sebenarnya sama-sama mudah hanya saja media serta prosedurnya berbeda. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing nasabah. 

Kelebihan yang Dimiliki

Layanan m banking dan internet banking sama-sama menjadi produk digital yang disukai oleh masyarakat pengguna layanan bank saat ini. Selain cara daftar m banking dan internet banking berbeda, perbedaan lain terletak pada kelebihan dari dua jenis layanan ini. Pengguna internet banking bisa merasa dimudahkan karena tidak perlu install aplikasi di smartphone yang akan memberatkan kinerja smartphone tersebut. 

Sementara itu untuk mobile banking dinilai menguntungkan karena bisa lebih mudah dijangkau. Layanan m banking ini juga dirasa menguntungkan bagi pihak bank karena bisa menghemat biaya tele-banking. Masing-masing punya kelebihan dan tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan nasabah yang menggunakan layanan bank.

Perbedaan Mobile Banking vs Internet Banking, Mulai dari Cara Daftar mBanking dan Kelengkapan Fiturnya 1
Perbedaan Mobile Banking vs Internet Banking, Mulai dari Cara Daftar mBanking dan Kelengkapan Fiturnya 2

Layanan m Banking dari PermataBank

Kini PermataBank menyediakan layanan m banking yang sangat praktis dan punya banyak kelebihan. Layanan tersebut diberi nama PermataMobile X yang pastinya akan memberi banyak kemudahan bagi nasabah. Berikut adalah kelebihan dari PermataMobile X:

  • Canggih

Layanan mobile banking dari PermataBank ini memiliki banyak fitur canggih. Bahkan ada ratusan fitur yang termuat di dalamnya. Semua fitur ini mempermudah proses transaksi para nasabah. 

  • Praktis

PermataMobile X juga sangat praktis untuk digunakan. Dalam satu aplikasi kamu bisa buka rekening, bayar kartu kredit, dan melengkapi berbagai jenis transaksi. Cara daftar m banking PermataMobile X yang cepat dan mudah saja sudah menjadi bukti bahwa aplikasi ini memang begitu praktis. 

  • Aman

Aplikasi m banking dari PermataBank ini dijamin aman untuk dipakai memenuhi berbagai jenis kebutuhan transaksi. Tersedia fitur face ID dan finger print untuk menjamin keamanan login di PermataMobile X. Cara daftar m banking PermataMobile X juga sangat aman sehingga kamu tak perlu merasa takut. 

Fitur PermataMobile X:

Jarang sekali terjadi kendala pendaftaran atau registrasi akun PermataMobile X. Jika kamu mengikuti petunjuk cara daftar m banking yang sudah dibahas tadi maka kamu dengan mudah bisa menggunakan layanan ini. Berikut adalah hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan lewat PermataMobile X:

  • Cek mutasi rekening sampai jangka waktu 12 bulan.
  • Bayar aneka jenis tagihan. 
  • Beli pulsa, isi dompet digital, juga beli voucher game. 
  • Buka rekening tabungan, kartu kredit, dan pengajuan KTA.
  • Jual, beli, dan switch Reksadana.
  • Bayar transaksi di toko atau merchant pakai QR Pay. 
  • Tarik tunai di Indomaret dengan Mobile Cash.
  • Kirim WhatsApp Gift.
  • Ajukan peningkatan limit sementara kartu kredit.

Semua kemudahan transaksi bisa dijangkau dalam satu genggaman tangan. PermataBank menghadirkan PermataMobile X ini untuk meningkatkan pengalaman nasabah dalam menggunakan layanan perbankan. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di PlayStore maupun AppStore dan langsung lakukan registrasi jika kamu sudah punya akun rekening di PermataBank.

Cukup dengan mengikuti panduan cara daftar m banking yang telah dibahas tadi kamu bisa menikmati semua fitur yang tersedia. Kebutuhan perbankan semakin mudah terpenuhi dan begitu praktis untuk dijangkau setiap hari. Jadi jangan ragu untuk menggunakan PermataMobile X dari PermataBank sekarang juga.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit