Pengertian Akuntansi, Tujuan, Manfaat dan Fungsinya

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi sebagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk mengambil suatu keputusan. Akuntansi dapat dipelajari di jurusan akuntansi atau jurusan akuntansi syariah.

Pengertian Akuntansi

Hampir semua bidang membutuhkan akuntansi untuk pencatatan keuangannya, bahkan akuntansi menjadi salah satu tolok ukur untuk mengambil keputusan. Berikut adalah pengertian akuntansi dari beberapa ahli:

  1. Berdasarkan American Institute of Certified Public Accounting (AICPA) dalam Harahap (2003) menjelaskan, akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menasirkan hasil-hasilnya.
  2. Berdasarkan American Accounting Assosiation (AAA) dalam Soemarno SR (1996:5) menjelaskan akuntansi sebagai proes pengidentifikasian, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan infomasi tersebut.
  3. Bedasarkan Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison (Horngren Harrison, 2007:4) menyatakan bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.
  4. Menurut Winarno, 2006) akuntansi adalah sebuah proses pencatatan tansaksi keuangan dan mengolah data transaki yang menyajikan suatu infomasi terhadap pihak-pihak yang berhak dan berkepentingan.
  5. Berdasakan Financial Accounting Standards Board (FASB) (2017) akuntansi merupakan kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan suatu informasi kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputuan ekonomi.

Tujuan Akuntansi:

Dalam proses akuntansi, akan menghasilkan sebuah laporan yang disebut dengan laporan keuangan. Dengan demikian, tujuan akuntansi adalah menyediakan infomasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan sutu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Akuntansi menyediakan cara-cara untuk mengumpulkan dan melaporkan data ekonomi kepada bermacam-macam individu dan pihak-pihak yang membutuhkan. Pemilik dan calon pemilik perusahaan ingin mengetahui bagaimana posisi keuangan perusahaan dan pospeknya di masa mendatang. Pihak bank ingin menilai kemampuan keuangan perusahan dan mempertimbangkan risiko yang akan terjadi sebelum memberikan pinjaman dan sebagainya.

Manfaat Akuntansi

Banyak manfaat akuntansi untuk berbagai lini kehidupan. Diantara manfaat akuntansi untuk perusahaan antaralain:

Untuk perencanaan, pengawasan serta pengendalian perusahaan

Pihak internal perusahaan atau manajer membutuhkan inorfmasi keuangan yang disajikan melalui proses akuntansi untuk keperluan pengorganisasian prusahaan.

Merencanakan dan menetapkan aktifitas perusahaan

Laporan keuangan menyajikan data aset perusahaan. Untuk kepentingan operasional, perusahaan membutuhkan data tersebut agar diketahui secara valid dan akurat tentang kondisi likuiditas perusahaan. Sehingga dapat terencana dengan jelas apakah perusahaan mampu melakukan pembelian, membayar utang, dan alokasi sumber daya ekonomi lainnya.

Sebagai dasar perhitungan pajak yang akan di bayar

Perusahaan memiliki kewajiban membayar pajak pada negara. Besar pajak yang harus dipenuhi tersebut disesuaikan dengan kondisi laba yang diperoleh perusahaan.

Untuk memperoleh pinjaman dari kreditur.

Kreditur yang memberikan pinjaman biasanya memiliki persyaratan tertentu misal rasio likuiditas perusahaan yang harus bagus. Rasio ini dapat dihitung melalui laporan keuangan, yaitu dengan membandingkan aset-aset terhadap utang lancar perusahaan. Agar dapat mengetahui apakah perusahaan mampu untuk memenuhi kewajiban utang jangka pendeknya.

Menyediakan informasi keuangan bagi investor

Lapoan keuangan yang dihasilkan dari proses akuntansi dapat digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan investor yang akan menanamkan modalnya terhadap peusahaan.

Fungsi Akuntansi

Diantara fungsi akuntansi antaralain:

Untuk mencatat kejadian transaksi yang terjadi

Kegiatan akuntansi digunakan untuk mencatat aktivitas transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan sesuai konologisnya. Pencatatan aktivitas keuangan perusahaan dimulai dari pembuatan junal.

Untuk mengklasifikasikan transaksi

Transaksi yang telah dicatat sesuai dengan kronologisnya tersebut, kemudian akan digolongkan sesuai dengan jenisnya, dan disusun ke dalam buku besar dan diproses sampai dengan penyusunan lapoan keuangan.

Sebagai informasi bagi pihak yang berkepentingan

Laporan keuangan yang telah disusun, dapat digunakan bagi pihak-pihak yang membutuhkan seperti, manajer perusahaan, investor, kreditor, pegawai pajak, dll.

Sebagai analisis dan pengambilan keputusan

Laporan keuangan yang telah disajikan dapat berguna untuk pengambilan keputusan. Bagi manajemen dapat digunakan untuk melihat kineja perusahaan, apakah kineja peusahaan mengalami peenurunan atau lebih baik dai yang sebelumnya. Bagi pihak investor dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan, seperti haruskah menanamkan modal dalam perusahaan atau tidak, haruskah membeikan pinjaman atau tidak.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit