Nusagatech

Pengalaman Menggunakan Layanan Internet MyRepublic

Pernahkah kalian mendengar penyedia jasa internet MyRepublic? Sebelum aku pindah ke Semarang, aku sudah mendengar layanan ini dari beberapa teman yang tinggal di Semarang. Selain biaya berlangganannya yang murah, katanya juga lebih cepat dari Indihome, layanan internet menggunakan fiber optic yang disediakan oleh Telkom.

Kebutuhan koneksi internet ketika pindah ke Semarang tak bisa dielakkan lagi. Pekerjaanku sebagai programmer membutuhkan koneksi internet yang lumayan stabil. Setelah berembuk dengan pak manajer dan pak bos, akhirnya diputuskan memasang jaringan internet yang disediakan oleh MyRepublik. Instalasi jaringan internet ini diperuntukkan untuk perusahaan baru tempatku bekerja.

Pemasangan MyRepublic

Pak Basuki selaku manajer operasional di perusahaan yang kantornya seatap denganku dipasrahi untuk mengurus pemasangan jaringan internet. Singkat cerita, beliau mendapat kontak salah satu marketing MyRepublic di Semarang. Setelah berembuk, disampaikan kalau biaya pemasangan awal dibawah Rp500.000. Sepakat lah beliau dengan biaya itu.

Beberapa hari kemudian, seorang teknisi datang. Mendapat kabar itu, aku pun segera meluncur ke kantor untuk melihat proses pemasangan. Namun setelah ditunggu-tunggu ternyata tidak jadi dipasang. Pihak marketing pun menjelaskan pembatalan pemasangan itu dikarenakan teknisinya minta biaya lebih dari Rp500.000. Hal itu bearti menyalahi kesepakatan awal.

Setelah pembatalan hari itu, kabar pemasangan belum terdengar sampai beberapa hari. Pak Basuki tetep memegang kesepakatan awal. Kalau biaya pasang lebih dari Rp500.000 otomatis dibatalkan. Walhasil setelah beberapa hari instalasi berhasil dilakukan.

Bandwidth 30Mbps Rasa EDGE

Paket yang diambil adalah 30Mbps dengan biaya langganan sekitar Rp300.000 per bulan. Namun namanya paket shared koneksinya jelas tidaklah stabil.

Saat-saat jam sibuk, biasanya koneksi internet menjadi lemot banget. Entah kenapa rasanya malah seperti sedang menggunakan jaringan EDGE. Aku jadi meragukan testimoni teman-teman yang katanya kecepatan internet MyRepublic bagus. Nyatanya setelah menggunakannya sendiri tidaklah seperti itu.

Customer Service Lambat

Saat liburan ke kampung halaman beberapa minggu yang lalu, aku dapat kabar dari teman kalau internetnya lagi gangguan. Aku kira mereka hanya bergurau saja dan akupun menanggapinya dengan santai.

Setelah balik ke Semarang, aku ngecek koneksi internet ternyata benar-benar gangguan. Kulihat router ternyata lampu indikator berkedip merah tandanya koneksi loss. “Sial, nih! Padahal baru masang sebulan kok sudah error gini”, batinku.

Aku pun mencoba menghubungi CS melalui Twitter namun tidak mendapat jawaban. Beberapa kali selama beberapa hari mencoba komplain lewat Twitter tetap tidak mendapat jawaban. Aku kemudian buka situsnya untuk mencaritahu di mana bisa menghubungi CS. Di sana kudapati sebuah alamat email untuk menghubungi CS. Melalui email ini, akhirnya mendapat tanggapan bahwa keluhan sudah diproses dan akan ada teknisi datang beberapa hari kemudian.

Teknisi Tak Pernah Datang

Melalui email, diberitahukan bahwa akan ada teknisi datang pada hari rabu, 13 maret 2019. Namun setelah aku tunggu sampai sore ternyata tidak ada satu pun teknisi yang datang. Sekedar pemberitahuan pembatalan pun tidak ada.

Pengalaman Menggunakan Layanan Internet MyRepublic 2

Setelah menunggu teknisi tidak datang akhirnya aku berusaha menghubungi marketing yang dulu mengurus pemasangan. Mas Rudi membantu membuat keluhan. Setelah itu, aku dapat email lagi dari MyRepublic yang isinya pemberitahuan akan adanya teknisi yang datang.

Pengalaman Menggunakan Layanan Internet MyRepublic 3

Hari jum’at yang biasanya aku berangkat ke kantor setelah jum’atan memilih berangkat ke kantor pagi demi menunggu teknisi MyRepublic datang. Tapi nyatanya tidak ada teknisi yang datang. Sekedar memberitahu alasan pembatalan pun tidak ada.

Aku menghubungi lagi mas Rudi. Dijawab oleh mas Rudi katanya sesang hujan. Mungkin teknisinya datang sore. Namun setelah kutunggu sampai sore tak ada juga teknisi yang datang. Pun pemberitahuan pembatalan tidak ada.

Malamnya, aku mendapat email lagi. Penyesuaian jadwal teknisi.

Pengalaman Menggunakan Layanan Internet MyRepublic 4

Janji kedatang teknisi yang ketiga kali ini juga ternyata tidak ditepati. Aku menunggu sampai pukul 20.00 tak ada teknisi yang datang. Sekedar memberitahu apa yang terjadi pun tidak.

Aku sekarang pasrah. Kalau memang mau diperbaiki silahkan. Kalau tidak ya ganti provider lainnya. Gitu aja kok repot.

Pencarian Terkait:

Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: nusagates@gmail.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Komentar

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close