Nusagaview

Pengalaman Menggunakan Jenius, Layanan Fintech BTPN

Jenius adalah layanan teknologi finansial (fintech) yang ditawarkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN). Aku mengenal Jenius berawal ketika membaca review dari seorang teman di Salatiga yang telah lebih dulu menggunakan Jenius. Aku tertarik menggunakannya karena berdasarkan apa yang aku baca, fitur yang ditawarkan sangat sesuai dengan yang aku butuhkan, yaitu melakukan pembayaran ke sejumlah perusahaan di luar negeri.

Pendaftaran Akun Jenius

Berdasarkan pengalaman, Jenius adalah satu-satunya layanan finansial dari Indonesia yang kugunakan yang pendaftarannya sangat mudah. Kita bisa mendaftar hanya melalui smartphone dengan melengkapi data-data diri dan beberapa dokumen. Setelah pendaftaran selesai, kita bisa melakukan aktivasi ke kantor bank BTPN terdekat untuk yang berada di luar Jabodetabek. Sedangkan yang berada di Jabodetabek bisa meminta petugas untuk mendatangi pendaftar ke tempatnya guna melakukan proses aktivasi akun jenius.

Dokumen Yang Diperlukan Untuk Pendaftaran

Ada 2 jenis dokumen dan 2 buah foto yang diminta saat kita melakukan pendaftaran melalui aplikasi Jenius.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP), dokumen ini harus dilampirkan saat proses pendaftaran. Jika hasil foto KTP bagus maka beberapa form pendaftaran akan diisi secara otomatis berdasarkan data yang ada di KTP. Jika hasilnya tidak bagus, kita bisa mengulangi memotret ulang saat pendaftaran akun Jenius berlangsung.
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dokumen ini bersifat opsional saat melakukan pendaftaran. Jika kita sedang tidak membawa NPWP maka checkbox saya sedang tidak membawa NPWP bisa dicentang sehingga proses pelampiran NPWP bisa dilewati.
  3. Foto selfi dengan menunjukkan KTP yang sama dengan terlampir. Ini untuk membuktikan bahwa KTP yang digunakan untuk mendaftar benar-benar milik pendaftar.
  4. Foto tanda tangan. Tanda tangan yang difoto saat melakukan pendaftaran harus sama dengan yang digunakan pada KTP. Jika tidak, kemungkinan pendaftaran kita akan ditolak dan diminta mendaftar ulang.

Setelah proses pendaftaran berhasil, maka kita akan ditanya apakah ada orang lain yang mereferensikan untuk mendaftar jenius. Jika jawabannya iya maka kita diminta untuk memasukkan cashtag referer tersebut ke kolom yang tersedia. Contoh cashtag yang bisa dimasukkan adalah nusagates jika kamu mendaftar setelah membaca review ini.

Aktivasi Akun Jenius

Sesuai dengan yang kukatakan sebelumnya, untuk melakukan aktivasi Jenius kita bisa mendatangi kantor bank BTPN terdekat untuk pendaftar yang berada di luar Jabodetabek. Dokumen yang diperlukan untuk aktivasi adalah KTP asli yang ditunjukkan kepada petugas dan photocopy KTP diberikan kepada petugas. Kita akan diminta untuk melakukan tanda tangan ulang sebagi proses verifikasi pendaftar di aplikasi adalah orang yang sama dengan yang meminta aktivasi akun.

Penilaian Layanan Jenius

Pendaftaran Akun
Kemudahan Penggunaan
Biaya Layanan
Keamanan
Desain Aplikasi Mobile
Desain Aplikasi Web
Stabilitas Aplikasi
Layanan Pengaduan

Sangat Bagus

Berdasarkan pengalaman, Jenius adalah layanan fintech dari Indonesia paling canggih yang pernah aku gunakan. Pendaftaran mudah, biaya layanan murah, kemudahan penggunaan adalah kelebihan Jenius.

User Rating: 4.73 ( 2 votes)
1 2 3Laman berikutnya
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: nusagates@gmail.com. Hubungi via 0822 2500 5825

13 komentar

  1. Baru kali ini dengar Jenius. Mungkin untuk saat ini belum terlalu butuh, tapi, suatu hari pasti butuh. Karena beberapa kali aku dapat tawaran job dari luar negeri.

  2. Wah.. baru tau ada layanan fintech beginian. Skg pelayanan gini jd mudah sejak ada smartphone ya mbak. Mayan kl ga perlu kmn2 tinggal dftar via hp mah…

  3. Pengin nyobain juga bikin akun jenius. Dari kapan hari baca di grup sepertinya ini memudahkan banget ya ketika kita punya transaksi dg luar negeri.

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close