Pebisnis, Mari Manfaatkan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Profit Penjualan

Internet menjadi bukti kemajuan teknologi yang telah merasuk ke berbagai sektor, tak terkecuali sektor bisnis. Internet pun berhasil membuka interaksi, sehingga muncul jaringan baru dalam dunia bisnis yang dapat membantu meningkatkan penjualan usaha. Salah satu strategi bisnis dengan memanfaatkan internet adalah digital marketing.

Pemasaran digital sendiri merupakan upaya untuk mempromosikan produk ataupun jasa melalui internet, dan menjadi salah satu strategi paling banyak digunakan di era globalisasi saat ini. Untuk itu bagi Anda pebisnis pemula, tak ada salahnya memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan profit bisnis.

Memilih Platform

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai langkah awal promosi digital adalah memilih platform penjualan yang tepat. Pasalnya tak sedikit pebisnis pemula masih kebingungan menentukan platform promosi apa yang paling cocok dan sesuai dengan produk yang dijual. Untuk itu terlebih dahulu Anda perlu memahami bagaimana karakteristik sasaran pemasaran produk tersebut.

Misalnya usaha Anda merupakan perusahaan B2B atau business to business, maka memilih Google Business atau website sebagai platform promosi merupakan pilihan tepat. Sementara apabila usaha Anda masih tergolong kecil seperti menjual pakaian, tas, dan-lain-lain, penggunaan media sosial sebagai langkah awal dapat menjadi pilihan.

Memilih Media Komunikasi

Setelah menentukan platform, langkah selanjutnya adalah memilih media apa yang paling efektif sebagai jembatan komunikasi antara seller dan buyer.

Salah satu contoh adalah penggunaan WhatsApp atau link tautan online shop di e-commerce. Misalnya pengunjung website atau media sosial tertarik dengan produk Anda, maka dapat melakukan diskusi lebih lanjut terkait produk melalui WhatsApp atau media chatting lainnya. Sehingga nantinya proses pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman dapat diawasi secara transparan.

Menentukan Media untuk Transaksi Digital

Karena menggunakan strategi digital marketing, maka tak heran jika pebisnis perlu mempersiapkan media tepat untuk transaksi digital. Karena tak seperti transaksi offline yang dapat langsung membayar dalam bentuk uang tunai, pemasaran digital memungkinkan penjual memiliki banyak konsumen di kota bahkan negara lain.

Terdapat beberapa media yang dapat memudahkan pembeli ketika bertransaksi, mulai dari dompet digital, rekening bersama, hingga transfer bank. Dompet digital contohnya seperti DANA, OVO, Gopay, Link Aja, dan lain-lain. Rekening bersama yakni transaksi yang kerap dilakukan oleh market place, sementara transfer antar bank banyak dipilih oleh pembeli yang tidak memiliki dompet digital.

Mengevaluasi Strategi Pemasaran Digital

Setelah serangkaian proses di atas telah dijalani, hal selanjutnya adalah mengevaluasi strategi penjualan. Terdapat beberapa tips untuk mengetahui efektivitas dari saluran promosi yang digunakan, yakni:

  • Melihat jadwal waktu posting, apakah sudah cocok dengan waktu luang dari target pasar atau belum?
  • Mengevaluasi saluran promosi, apakah sudah sesuai dengan sasaran market? Perlukah menambah platform promosi?
  • Apakah strategi yang digunakan berhasil meningkatkan trafik dan penjualan? Atau justru sama saja dan tidak membawa peningkatan apapun pada bisnis?

Hindari Memilih Strategi Endorsement

Mungkin tak sedikit penjual yang memilih melakukan endorsement produknya dengan influencer ataupun artis. Hal tersebut sah-sah saja, namun perlu diingat jika biaya endorsement tidaklah murah. Selain itu, strategi tersebut belum tentu dapat menghasilkan calon pelanggan potensial dan sesuai target market.

Untuk itu langkah tepat yang bisa dilakukan adalah menyewa jasa ahli di bidang digital marketing, seperti Stucel. Telah dipercaya sejak tahun 2005, Stucel merupakan perusahaan web designer dan pemasaran digital berbasis di Jakarta. Bagi para pebisnis, pengusaha, atau organisasi apapun, Stucel dapat membantu memperkenalkan bisnis serta meningkatkan profit bisnis Anda secara efektif.

Itulah pemanfaatan digital marketing bagi para pebisnis, agar dapat membantu meningkatkan profit penjualan. Semoga bermanfaat! Untuk informasi lebih lanjut silahkan melihat langsung di stucel.com.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit