Nusagates Notes

Nusagates Upgrade Sistem Besar-Besaran

Blog Nusagates tidur pulas selama seharian dua hari yang lalu. Beberapa hari sebelumnya ada percobaan hack yang ditangkap oleh sistem dan diblokir. Ketika mau membenahi sistem malah server jadi error. Apache tidak bisa dijalankan walhasil blog Nusagates bubug deh. Istirahat total. Setelah beberapa jam mencoba untuk mengambil data dari snapshot server Nusagates tapi tidak berhasil akhirnya aku memutuskan untuk men-deploy server baru tanpa memikirkan file Nusagates yang paling update. Nusagates pun akhirnya kujalankan di server baru dengan file backup yang kuambil sekitar sebulan yang lalu. Jadi, artikel Nusagates terbaru tidak terselamatkan dan harus mengambilmya manual dari blog khusus yang kugunakan untuk backup artikel-artikel Nusagates.

Sistem Server Baru Nusagates

Nusagates di server yang baru menggunakan teknologi EasyEngine yang menggunakan Nginx untuk menjalankan server PHP dan Mariadb untuk server database. Easyengine adalah teknologi yang baru kukenal. Sebelumnya, aku selalu menggunakan Apache dan Mariadb dengan OS Centos 7 sedangkan Easyengine tidak bisa digunakan di OS Centos sehingga aku harus mengganti OS menjadi Ubuntu atau Debian. Aku memilih Debian versi 8.

Easyengine memanjakan pengguna. Hanya dengan sebaris command, sebuah website dengan platform WordPress bisa dideploy dalam waktu yang singkat. Begitu pula dengan SSL bisa dipasang hanya dengan beberapa baris kode saja. Lebih simpel dibandingkan dengan cara yang kugunakan ketika menggunakan Apache.

Apa Saja Yang Berubah Dari Nusagates?

Selain OS dan teknologi server, Nusagates juga mengubah beberapa komponen lainnya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini dan mendatang. Beberapa perubahan itu antara lain:

  • IP Static: Nusagates sekarang menggunakan IP static untuk mendeploy server. IP static ini disewa dari Google Cloud untuk membuat Nusagates lebih bertaring di dunia per-blogging-an.
  • Nusagates tidak lagi menggunakan CDN untuk meng-host file-file static.
  • Nusagates sekarang menggunakan server region southeastasia-b dengan lokasi server terdekat berada di Singapura. Sebelumnya, server yang digunakan regional usawest-a.
  • Monitoring server Nusagates menggunakan layanan newrelic. Sebelumnya tidak ada monitoring khusus.
  • Tema blog Nusagates ganti menjadi Daraa. Tema gratisan yang dibuat oleh tim auttomatic. Sebelumnya menggunakan Sahifa.
  • Instant Article di Nusagates sekarang ditiadakan.
  • Teknologi AMP tidak lagi digunakan oleh Nusagates

Mengapa Terkesan Begitu Serius Mengelola Nusagates?

Nusagates bukanlah blog yang kugunakan untuk memasarkan layanan jasa maupun produk-produk milikku. Kalaupun ada sesi promosi, presentasinya akan sangat kecil karena memang desain konsep Nusagates adalah untuk blog pribadi.

Keseriusanku mengelola blog Nusagates karena memang didorong oleh keinginan menulis yang begitu kuat. Fragmen kehidupan maupun cuplikan pengetahuan yang ada di otak ingin kujadikan tulisan-tulisan yang bisa kubaca lagi suatu saat nanti. Ribuan tulisan itu harus terarsipkan dengan baik agar ketika membutuhkannya suatu saat nanti bisa dengan mudah ditemukan.

Blog Nusagates itu ibarat add-on ataupun plugin dalam kehidupan. Sebagaimana orang yang matanya minus membutuhkan add-on kacamata, berkomunikasi jarak jauh membutuhkan add-on alat telekomunikasi, perjalanan jauh membutuhkan add-on kendaraan, mengetahui waktu membutuhkan add-on jam maka dalam menulis aku pun membutuhkan add-on yaitu blog Nusagates salah satunya.

Kalau Hanya Sekedar Untuk Blogging Apa Tidak Rugi Membiayai Server Nusagates?

Bagi seseorang yang mengeluarkan banyak biaya untuk memuaskan diri dalam melakukan hobinya tidak ada kata rugi. Apalagi Nusagates ini bukan sekedar hobi. Blog Nusagates menjadi perwakilan resmiku di jagat persilatan internet. Orang-orang yang ingin mengenalku dengan mudah mencarinya di sini. Begitu pula mantan-mantan yang takut menghubungiku bisa mengobati kerinduannya melalui tulisan-tulisanku di sini ????.

Nusagates menjadi alat untuk mengabarkan pada pembaca di mana aku berpihak ketika ada suatu masalah publik. Nusagates pun menjadi alat sosial yang yahood. Pokoknya Nusagates bukan sekedar blog biasa. 

Tahukah Kamu Arti konan?

ko·nan ark, me·ngo·nan v menghajar (mengeroyok dsb): ia ditahan krn ikut ~ pencuri itu
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close