Nikmatnya Soto Kesambi Salatiga

Kamu tahu ga sih Soto Kesambi Salatiga? Wahh pasti nyesel kalau ga tau Soto Kesambi ini, soto legendaris di Kota Salatiga. Katanya, Soto Kesambi ini menjadi salah satu fatovit Walikota Salatiga Bapak Yulianto dan Gubernur Jawa tengah bapak Ganjar Pranowo. Waw keren kan? Dimana lokasi dan berapa harga Soto Kesambi? Cek reviewku, ya!


Lokasi Soto Kesambi

Waktu itu, aku penarasan juga dengan Soto Kesambi. Kutelusuri di google map, Soto Kesambi ini berlokasi di Jalan Gladagan No. 682, Kecamatan Sidorejo, Salatiga. Kalau dari arah Kampus UKSW cukup lurus mengikuti jalan. Sesampai toko Marvel, ada gang kecil sebelah kiri, tinggal masuk dalam gang itu. Memang gang itu agak tak kelihatan kalau ga jeli melihatnya hihihi. Akhirnya aku menemukan warung Soto Kesambi setelah kian menit. Terletak di sebelah kanan sekitar 20 meter dari gang. Kalau kamu kesini jangan pas jam makan ya, soalnya lahan parkirannya terbatas.

Sejarah Soto Kesambi


Soto Kesambi atau terkenal dengan Soto Kesambi Pak Wianto (Tan Ping Tjwan) merupakan salah satu soto legendaris di Kota Salatiga. Warung ini dibuka pada tahun 1950-an bertempat di jalan Kesambi. Inilah alasan mengapa dinamakan Soto Kesambi. Pada tahun 1977, Soto Kesambi pindah ke jalan Gladagan. Sekarang, soto itu disebut Soto Kesambi Gladagan. Kini Soto Kesambi sudah generani kedua, yang dikelola oleh Handayani.

Nikmatnya Soto Kesambi Salatiga 1
Nikmatnya Soto Kesambi Salatiga 5

Review dan Harga Soto Kesambi

Kali pertama kesini, aku dibingungkan dengan tempat pemesanan. Tempatnya sederhana seperti rumah biasa, tak ada tanda tanda warung soto hihi. Ternyata pemesanannya di dalam rumah. Aku memesan seporsi soto kesambi dan teh hangat. Mumpung masih pagi, sarapan soto memang andalan para orang.


Wahh makanan yang kutunggu datang juga. Sebuah mangkuk kecil dan segelas teh kini telah dihadapanku. Baru melihatnya saja sudah bikin ngiler. Soto Kesambi tak jauh beda dari soto biasanya. Soto yang disiram dengan kuah bening. Terdapat isian nasi, bihun, kecambah, ayam suwir, seledri, dan bawang goreng.

Nikmatnya Soto Kesambi Salatiga 3
Nikmatnya Soto Kesambi Salatiga 7


Soto kesambi bertambah nikmat jika dipadukan lauk andalan yaitu rongkong, uritan, dan karak. Bagi kamu yang tidak tau rongkong, rongkong itu telur ikan dan telur rebus yang dimasukkan ke dalam ayam. Selain soto kesambi terdapat lauk tambahan lainnya seperti gorengan, tahu bakso, perkedel, saren, sate telur, dll. Kamu tinggal pilih lalu ambil sendiri.


Apa sih yang membuat Soto Kesambi memiliki ciri khas tersendiri? Soto Kesambi bertabur ayam kampung suwir. Nah bedanya, ayam kampung ini dibeli hidup-hidup. Kemudian ayamnya disembelih dan diolah sendiri. Pantas saja, saat aku menikmati sotonya, rasanya memang enak dan gurih. Selesai makan soto, perutku kenyang. Kelihatannya porsinya kecil, tapi bisa menghilangkan kelaparan hihi

Nikmatnya Soto Kesambi Salatiga 4
Nikmatnya Soto Kesambi Salatiga 8


Harga untuk soto legendaris terjangkau. Cukup keluarkan dari saku Rp 14.000,- sudah dapat seporsi soto. Harga lauk lainnya juga murah, mulai dari Rp. 2.000- an. Selain harganya terjangkau, tempatnya juga bersih dan nyaman. Kamu tinggal milih ada dua tempat duduk yaitu diluar dan didalam.


Soto Kesambi dibuka mulai pukul 06.00-14.30 wib atau sehabisnya soto. Misalkan jam 12.00 sudah habis terjual, warungnya akan tutup. Jadi, kamu harus gercep nih supaya ga kehabihan soto hihi.


Soto Kesambi ini sudah terkenal dimana-mana. Pengunjungnya tak pernah sepi. Apalagi hari libur, tempat duduk saja tak kebagian. Tak hanya warga biasa yang menyantap Soto Kesambi ini, namun beberapa pejabat dan pemudik menyempatkan mampir. Wow… Betapa melegendanya Soto Kesambi ini. Kamu kapan coba? Ditunggu ya

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit