Metode Pengobatan untuk Memiliki Keturunan Ala Primbon Jawa

10
silhouette photo of a mother carrying her baby at beach during golden hour
Photo by Pixabay on Pexels.com

Ada banyak cara untuk memiliki keturunan. Selain menggunakan pengobatan medis, ada pula obat tradisional. Obat atau ramuan tradisional ini, selain terbuat dari tumbuhan ada pula ramuan dari hewan atau serangga. Salah satu jenis pengobatan tradisional yang populer adalah pengobatan tradisional masyarakat jawa. Pengobatan ini diturunkan antar generasi dan digunakan sebagai budaya di suatu kelompok masyarakat.

Selain menggunakan tanaman atau hewan, sistem pengobatan ini juga dilakukan sesuai tanggal pasaran atau penanggalan jawa. Dalam penanggalan ini terdapat siklus mingguan (senin sampai minggu) dan siklus pancawara (pahing, pon wage, kliwon, legi).  Masyarakat jawa sangat percaya bahwa melakukan ritual di tanggal tertentu akan memberikan dampak yang positif pada kegiatan atau keinginan mereka di masa depan. Konsep ini seperti feng shui bagi masyarakat Cina.

 Berikut adalah metode pengobatan untuk memiliki keturunan menurut primbon jawa:

Pertama, pada hari selasa kliwon atau jumat kliwon, cari laba laba bertelur. Perut dan telurnya diambil lalu dimakan dengan pisang mas. Sebelum itu, mandi wuwung (mandi menggunakan bunga ratus) lalu minum ramuan berupa temulawak hitam sebesar kepala ayam yang dihaluskan dengan sedikit air ditambah garam sejumput lalu diminum tiap hari rabu dan sabtu.

Kedua, buah pala seruas jari, kayu timur dan asam dibakar lalu dihaluskan. Setelah itu ditempel ke bagian perut kebawah menggunakan kapas.

Ketiga, menggunakan mangga jenis pakel, bonggol tanaman nampu lalu dimakan

Keempat, tanaman bengle, bawang putih, tanaman jungrahab, kayu manis jangan, kencur, daun sirih diberi sedikit air, dihaluskan dan diminum

Lima. Cabe, lempuyang, jahe dan sedikit air dihaluskan. Saring, airnya lalu diminum. sedangkan Ampasnya diusapkan pada perut dan kaki secara merata

Lakukan pengobatan ini secara rutin untuk memaksimalkan hasilnya. Metode pengobatan ini bisa dilakukan oleh pria maupun wanita sebagai salah satu bentuk ikhtiar supaya bisa memperoleh keturunan. Selain itu, jangan lupa berdoa kepada Tuhan supaya lebih maksimal.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Tanggapan Kamu?