Nusagates Notes

Menulis Arab Pegon Di Android

Inti dari kemajuan sebuah negara adalah bagaimana mereka mampu mempertahankan identitas kebangsaannya Yudi Latif

 

Sebetulnya sudah lama aku ingin membuat aplikasi Android yang bisa digunakan untuk menulis Arab Pegon. Hanya saja, percobaan demi percobaan yang kulakukan masih saja gagal. Meskipun secara fungsional sudah bisa digunakan namun secara visual dan kualitas belum layak untuk dipublikasikan.

Pembuatan Keyboard Arab Pegon Untuk Android

Suatu malam, aku tidak bisa tidur karena pikiranku penuh dengan variabel-variabel yang kompleks. Sebuah proyek yang kukerjakan ternyata tidak sesederhana seperti yang kubayangkan. Kompleksitas Relasi data dan user interface  membuatku sering tak bisa tidur karena memikirkan hal itu. Di tengah-tengah kejenuhan itulah aku memutuskan untuk meredam pikiran dengan membuat aplikasi sederhana yang bisa kubuat dalam tempo singkat. Akhirnya aku memutuskan membuat keyboard pegon untuk Android.

Aku kemudian bangkit dari tempat tidur dan memulai proyek baru dengan identitas com.nusagates.pegon. Kurang dari 24 jam, proyek itu sudah selesai dan kupublikasikan di playstore dan bisa di download melalui link Arab Pegon Keyboard. Setelah proyek itu selesai, aku baru bisa tidur. Namun, setelah bangun tidur, aku merasa ada yang kurang dengan aplikasi itu. Aku merasa perlu menambahkan emoticon pada keyboard karena sering melihat orang-orang menggunakan emoticon untuk chat. Aku pun menambahakan emoticon pada keyboard tersebut.

Setelah emoticon kutambahkan, aku merasa ada yang kurang lagi yaitu keyboard latin. Berdasarkan pengalaman sendiri, frekuensi penggunaan pegon tidak sesering penggunaan keyboard latin. Aku pun mengubah pola keyboard menjadi latin yang utama dan pegon menjadi menu tambahan. Jadi, pengguna bisa beralih (switch) ke mode pegon dengan menekan tombol ڤڬن dan kembali ke mode latin dengan menekan tombol LTN.

Melihat kenyataan orang-orang suka menulis strip , underline, italic, dan bold di sosial media maka aku pun memikirkan untuk menambah fitur tersebut pada aplikasi. Namun hanya strip dan underline saja yang baru bisa kutambahkan. Sedangkan untuk italic dan bold belum berhasil.

Instalasi Keyboard Arab Pegon Di Android

Aplikasi keyboard untuk menulis pegon di Android tidak bisa langsung digunakan setelah diinstall. Ia membutuhkan konfigurasi tambahan. Langkah-langkah untuk menggunakan keyboard tersebut secara umum adalah sebagai berikut:

  • Downoad dan install aplikasinya dari playstore melalui link berikut
  • Buka aplikasinya kemudian klik menu Pengaturan. Centang Pegon Keyboard. Pada tahap ini, kita akan mendapat peringatan bahwa ada potensi pencurian data dari developer keyboard. Peringatan ini berlaku untuk semua keyboard yang didownload dari playstore tak terkecuali GBoard yang dibuat oleh Google sendiri.
  • Setelah Pegon Keyboard dicentang selanjutnya tutup/minimize aplikasi lalu pergi ke Pengaturan Android (Settings) – Bahasa dan Masukan (Language and Input Method) kemudian ubah mode defaultnya menjadi Pegon Keyboard.
  • Setelah diubah menjadi default, maka keyboard pegon bisa digunakan untuk menulis sms, update status facebook, membuat twit, dan lain sebagainya.

 

Pencarian Terkait:

Tahukah Kamu Arti provokator?

pro·vo·ka·tor n orang yang melakukan provokasi: perang terselubung itu melibatkan dinas rahasia, -- teroris, dan pembunuh
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close