Menu Buka Puasa|Resep Cap Cay Rumahan Penggugah Selera

Menu dan resep hidangan buka puasa menjadi salah satu yang diutamakan saat bulan Ramadan. Momen berbuka puasa terasa istimewa dan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Duduk bersama menanti adzan Maghrib tiba, untuk kemudian menyantap hidangan berbuka. Sajian cap cay rumahan yang disajikan panas-panas akan menjadi teman buka puasa yang lezat.

Menu buka puasa tidak selalu harus menghabiskan anggaran melebihi anggaran menu makan sehari-hari. Sebaiknya menu berbuka puasa pun tidak berlebihan dan hindari menyiapkan makanan karena lapar mata. Selain berpeluang buang-buang makanan jika menyiapkan menu berlebihan, berbuka puasa hendaknya tetap mengacu pada panduan makanan sehat gizi seimbang dengan porsi sewajarnya.

Menu buka puasa ideal adalah yang mengutamakan nilai gizi dan kalori serta membangkitkan selera makan. Salah satu menu yang cocok untuk buka puasa adalah cap cay. Masakan khas oriental ini sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, bahan-bahannya pun mudah didapat. Kandungan nutrisi dalam satu porsi cap cay juga cukup lengkap, mengandung protein, lemak, vitamin dan mineral.

Menyiapkan sajian cap cay rumahan tidaklah sulit. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak juga tidak terlalu lama, sehingga menu lezat ini bisa dipilih sebagai salah satu sajian berbuka puasa yang istimewa.

Resep Cap Cay Rumahan

Bahan : 

  1. Wortel dua buah, iris tipis melintang
  2. Jamur kuping hitam secukupnya (rendam dahulu dengan air panas, kemudian tiriskan dan iris tipis)
  3. Baby corn secukupnya, iris tipis melintang
  4. Sawi sesuai selera, iris kasar
  5. Telur yang telah dimasak orak-arik
  6. Bakso sapi iris kotak
  7. Hati dan rempela ayam yang sudah direbus dan diiris
  8. Daging ayam suwir kasar
  9. Udang secukupnya

10.Minyak atau margarin untuk menumis

Bumbu:

  1. Bawang Bombay iris tipis
  2. Dua siung bawang putih cacah halus
  3. Merica bubuk dan garam secukupnya
  4. Saos tomat
  5. Tepung Maizena yang sudah dilarutkan dalam sedikit air
  6. Kaldu ayam (boleh skip jika kurang suka)
  7. Saos tiram secukupnya

Cara membuat

  1. Tumis bawang Bombay yang telah diriis tipis-tipis dan bawang putih cincang dengan sedikit minyak atau margarin hingga aroma harum menguar.
  2. Masukkan udang dan suwiran daging ayam, tambahkan air
  3. Masukkan wortel yang sudah diiris tipis melintang, kemudian masukkan baby corn, sawi, jamur dan bagi pecinta sayuran bisa ditambahkan pula bunga kol dan brokoli)
  4. Masukkan bakso sapi dan hati ayam serta orak arik telur.
  5. Tambahkan saos tomat, merica bubuk, sedikit kaldu. Koreksi rasa. Tambahkan gula dan garam sesuai selera.
  6. Terakhir tambahkan saos tiram dan larutan tepung maizena
  7. Sajikan hangat

Mudah kan cara membuatnya? Menyajikan resep menu buka puasa ini hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Warna-warni bahan cap cay, rasa yang lezat dan aroma masakannya menggugah selera, sangat pas disajikan sebagai hidangan buka puasa.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Avatar of Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit