Menu Buka Puasa | Resep Steak Daging

Momen mana yang paling kalian suka ketika Ramadan tiba? Teriakan “Sahur sahur” dan musik patrol atau suara bedug dan adzan Maghrib? Setiap orang punya momen favorit, juga hidangan Ramadan kesukaan. Salah satu menu yang mudah disajikan dan cita rasanya tidak mengecewakan adalah steak daging.

Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai menu lezat. Kandungan zat di dalamnya juga cukup lengkap. Di dalam daging sapi terdapat kalori, lemak, protein, Kalsium, Zat Besi, Vitamin D, Vitamin B12, Vitamin B6 dan Magnesium. Zat-zat ini diperlukan tubuh untuk metabolisme. Tetapi daging sapi tidak mengandung serat, sehingga perlu makanan lain sumber serat alami seperti buah dan sayur. Maka ketika menyajikan steak daging sapi akan lebih baik jika dilengkapi dengan sayur sebagai pelengkap.

Bahan Steak Daging:

2 potong daging Sirloin

1 sdm kecap asin

1sdm kecap inggris

Merica/lada bubuk secukupnya

2 sdm mentega

Aneka sayuran: wortel, jagung manis, buncis

Kentang goreng

Saus Steak Daging:

3 buah tomat ukuran kecil, direbus hingga lumat

5 siung bawang merah, iris halus

2 sdm saus tomat

1 sdm kecap Inggris

250 ml kaldu daging

1 sdm maizena, larutkan

Cara Membuat Steak Daging:

1. Campur kecap asin, kecap inggris dan merica bubuk. Lumuri daging dengan campuran bumbu ini. Tusuk-tusuk daging menggunakan garpu agar bumbu lebih meresap. Biarkan selama 30 menit
2. Cairkan mentega dalam wajan. Masukkan daging, masak hingga kecoklatan. Kecilkan apinya. Biarkan daging matang, angkat. Tiriskan
3. Potong wortel seperti korek api, potong miring buncis. Rebus /kukus bersama pipilan jagung manis hingga matang. Tiriskan.
4. Siapkan saus tomat: saring tomat rebus, ambil sarinya. Tumis bawang merah hingga harum. Tambahkan saos tomat, kecap Inggris, garam dan lada. Aduk rata
5. Masukkan tomat kecil dan kaldu daging ke dalam saus. Masak hingga mendidih. Tambahkan larutan Maizena.
6. Biarkan mendidih dan kental. Angkat
7. Sajikan stik daging dengan sayuran rebus dan kentang goreng

Daging sapi atau daging merah mengandung tingkat kolesterol dan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan daging ayam atau ikan. Maka pelengkap berupa sayur dan buah adalah pilihan menu pendamping yang bijaksana. Selamat menikmati.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit