Menu Buka Puasa | Resep Puding Coklat Susu Rice Crispy Buat Hidangan Iftar

Salah satu ciri khas bulan Ramadan adalah tiba-tiba muncul pedagang takjil dadakan., puding coklat susu rice crispy adalah satu diantaranya. Masyarakat Indonesia biasa menyebut makanan kecil atau kudapan yang mengawali berbuka puasa dengan takjil. Ditinjau dari segi bahasa Arab penggunaan kata takjil sebenarnya kurang tepat, sebab artinya adalah menyegerakan. Takjil sebenarnya diartikan sebagai perintah untuk menyegerakan berbuka puasa. 

Istilah yang lebih tepat untuk mewakili kegiatan berbuka puasa adalah iftar. Menurut bahasa Arab, iftar berarti berbuka puasa. Jadi untuk menyebut makanan buka puasa, kita bisa mengatakan “kudapan iftar”, “sajian iftar” atau “menu iftar”. Salah satu menu iftar yang dianjurkan adalah puding atau agar-agar. Selain rasanya manis, mudah dicerna, menyantap puding setelah lambung beristirahat sangat membantu mengondisikan saluran pencernaan untuk mulai mencerna pelan-pelan. Dengan demikian organ pencernaan tidak bekerja berat sehingga tidak menyebabkan gangguan. Sifat agar-agar yang lunak dan tidak butuh waktu lama untuk dicerna membantu suplai energi sehingga tubuh kembali bertenaga.

Puding layak dipertimbangkan sebagai menu iftar, sebab seluruh anggota keluarga bisa menikmatinya, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Puding juga mudah dibuat, bisa disimpan untuk dikonsumsi sebagai kudapan usai sholat tarawih. Cita rasa puding yang segar dan lezat merupakan faktor utama kudapan ini sangat digemari. Ingin mencoba membuat puding di rumah? Coba resep Puding Coklat Susu with Rice Crispy yang satu ini.

Bahan Puding Coklat Susu Rice Crispy: 

  • Setengah gelas air.
  • 1 sachet agar-agar putih
  • 2 sendok makan coklat bubuk
  • 3 sachet Susu Kental Manis rasa coklat
  • 3 sendok makan gula pasir 
  • 1 bungkus wafer yang ada rice crispynya 

Cara membuat Puding Coklat Susu Rice Crispy: 

  1. Panaskan air, masukkan agar-agar, coklat bubuk dan Susu Kental Manis 
  2. Taburkan gula sedikit demi sedikit. Aduk-aduk. 
  3. Panaskan hingga larutan mendidih. Matikan kompor. Sisihkan larutan
  4. Remas wafer rice crispy, tebarkan di cetakan puding.
  5. Tuang segera adonan agar-agar coklat ke cetakan puding.
  6. Simpan puding dalam lemari es.
  7. Sajikan dingin.

Resep Pelengkap: Saus Puding (sebagai toping bagi yang suka)

Bahan :

Air secukupnya

200 ml Susu cair

6 sdm gula pasir

2 sdm tepung maizena

½ sdt vanilla

Cara Membuat

  1. Didihkan air, masukkan gula, aduk
  2. Tambahkan susu cair dan tepung maizena, aduk rata
  3. Masukkan vanilla
  4. Aduk sebentar. Matikan kompor.
  5. Tuang saus puding di atas puding yang siap disajikan.

Cita rasa Puding Coklat Susu with Rice Crispy ini unik. Rasanya nyoklat banget dan ada sensasi crunchy dari rice crispy. Bagi yang suka tambahan saus puding, bisa tambahkan saus puding buatan sendiri, namun tanpa sausnya pun puding ini sudah cukup menggoda untuk berbuka puasa. 

Sampaikan pendapatmu di sini.
Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit