Nusagaview

Menikmati Ronde Pak Rebo Banyumanik

Ekspedisi: Ronde Hunter

Aku belum lama menjadi penikmat ronde meskipun minuman jenis ini sudah tak asing di telinga sejak belia. Aku lupa tepatnya kapan menjadi peminat ronde tapi yang jelas kurang dari 2 tahun ini.  Ketika pindah ke Semarang, aku kepincut dengan ronde pak Rebo yang rasanya bagiku sangat luar biasa.

Pertama kali beli ronde yang dijual pak Rebo sebetulnya tidak sengaja alias tidak berniat nyari ronde. Saat itu, hujan gerimis sejak sore. Aku mengajak Widut dan si K jalan-jalan. Namanya baru pindahan,aku tersesat di gang-gang sempit beberapa kali. Setelah melihat Google Maps akhirnya kami bisa keluar dari ketersesatan. Walhasil sampailah di jalan yang sudah ku kenal. Sebelum masuk gang ke rumah yang kami tempati saat itu, aku melihat sekilas ada penjual ronde. “Dingin-dingin gini, enak nih minum ronde”, pikirku. Aku pun putar balik.

Setelah antri beberapa saat, kami segera mendapatkan pesanan kami. Ternyata posinya cukup besar. Dengan harga Rp8.000 per porsi rasanya sangat istimewa ronde yang dijual pak Rebo ini. Yang paling mengesankan bagiku adalah kuahnya. Rasa jahe pada kuah ronde itu sangat kuat. Selain itu, kenyalnya kolang-kaling juga terasa pas. Tidak terlalu empuk atau keras.

Lokasi Ronde Pak Rebo

Lokasi pak Rebo jualan ronde ini di jalan Karang Rejo Raya, Banyumanik, Kota Semarang. Tepatnya di depan Alfa Midi Karang Rejo, seberang jalan.

Komposisi Ronde

Ronde pak Rebo menggunakan jahe merah dengan komposisi menu: kuah, 2 butir ronde isi gula kelapa, kacang tanah goreng, roti, kolang-kaling, dan agar-agar. Porsi kuahnya lumayan banyak.

Rasa pedas jahe dan manis pada kuahnya sangat cocok di lidah. Kalau untuk ronde dan isi lainnya tidak begitu mengesankan alias biasa saja. Hanya saja cara masak kolang-kalingnya yang kenyal itu lumayan meningkatkan citarasa.

Harga Ronde

Secara umum, pak Rebo mematok harga rondenya per porsi Rp8.000. Tapi pak rebo menerima custom order.Jadi misalnya kita mau beli 1 porsi kurang banyak tapi kalau beli 2 kebanyakan, maka kita bisa beli Rp10.000 saja. Kuah dan ronde ditambah sedikit. Kalau dibungkus akan jadi splastik penuh dan ditali dengan karet. Kalau porsi biasa ditali dengan ujung plastik (dibundel) tanpa karet.

Pelayanan

Pak Rebo biasanya melayani pelanggan dengan cara yang unik. Jika pembeli yang minta ronde dibungkus banyak alias antri, biasanya tidak dilayani langsung satu per satu. Tapi semua orderan ditampung dulu kemudian isi ronde dimasukkan ke dalam wadah plastik. Setelah jumlahnya sesuai orderan baru diisi dengan kuah. Cara ini ternyata digunakan oleh pak Rebo untuk mempercepat pelayanannya.

Review Ronde Pak Rebo

Komposisi Ronde
Harga Ronde
Pelayanan
Tempat Parkir
Beli Di Tempat

Sangat Enak

Ronde pak Rebo yang berlokasi di jalan Karang Rejo Raya Banyumanik sangat enak dan bikin ketagihan.

User Rating: Be the first one !
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: nusagates@gmail.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close