Nusagatrip

Menikmati Keindahan Taman Kota Salatiga

Menikmati keindahan taman kota Salatiga pagi ini sebetulnya tanpa perencanaan. Berawal dari tadi malam ketika melihat si K sedikit demam dan kehilangan senyum untuk beberapa saat, aku merasa bersalah karena beberapa hari ini jarang meluangkan waktu untuknya. Pagi tadi, aku mengajak Widut membelikan vitamin untuk si K. Setelah membeli vitamin, Widut mengajukan usul untuk pergi ke Lapangan Pancasila. Di sana bisa memanaskan tubuh dengan sinar matahari pagi. Setelah itu, kami pergi ke pasar raya Salatiga untuk membeli sarapan. Melihat si K yang tampak lesu, aku menanyai Widut, “enaknya ngajak si K pergi ke mana?”, ia menawarkan Taman Kota Salatiga dengan alasan di si K bisa melihat burung di sana dan dia pasti suka. Aku pun setuju.

Lokasi Taman Kota Salatiga

Lokasi taman ini berada di kelurahan

3D view lokasi taman Bendosari bisa dilihat di bawah ini:

Jika peta tidak bisa tampil, silahkan kunjungi alamt berikut ini.

Petunjuk Arah

Petunjuk arah di bawah ini dibuat dari arah Solo.

  • Dari gerbang masuk Kota Salatiga Ke arah utara di Jl. Raya Salatiga-Solo/Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Soekarno Hatta menuju Jl. Makam Kebo Kanigoro sekitar kurang lebih 1 km.
  • Belok kiri ke Jalan Linkar Selatan/Jalan Baru (JLS/JB) dan ikuti jalan tersebut sampai kurang lebih 5 km
  • Putar balik di jalan Setiaki. tepat di seberang jalan putar balik adalah lokasi taman Bendosari.

Masuk Taman Kota Salatiga

Taman Bendosari atau dikenal dengan Taman Kota Salatiga bisa dinimati secara gratis alias tidak ada biaya tiket untuk masuk. Paling-paling, kita hanya akan dikenai biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda 4.

Memasuki taman Bendosari, kita akan dihadapkan dengan tangga turunan yang lumayan tinggi. Sebelum menuruni tangga, kita bisa melihat pemandangan di sekitar taman.

Bersiap menuruni tangga taman kota salatiga (widiutami.com/Widut)

Setelah menuruni anak tangga terakhir, di sebelah kanan, bisa kita lihat sirkuit BMX yang sering digunakan untuk bermain maupun mengadakan event komunitas penyuka BMX di Salatiga.

Sekilas tampilan sirkuit BMX di taman kota Salatiga dari kejauhan (widiutami.com/Widut)

Tak jauh dari area sirkuit BMX, kita akan menemukan wahana permainan anak-anak. Wahan permainan ini hanya salah satu dari sekian banyak wahan yang tersebar di beberapa titik lokasi taman.

Salah Satu Wahana Permainan Anak-Anak di Taman Kota Salatiga (widiutami.com/Widut)

Tak jauh dari wahana permainan anak-anak itu, ada wahana permainan lain. Aku mengajak si K bermain di situ. Sedangkan Widut sibuk hunting foto untuk keperluan dokumentasi.

Bermain dengan si K di salah satu wahana permainan taman kota Salatiga (widiutami.com/Widut)

Selain wahana permainan, di taman kota ini juga terdapat fasilitas-fasilitas lainnya seperti aula untuk mengadakan acara/event, musholla, kamar kecil/toilet, gazebo-gazebo yang tersebar di beberapa sudut taman, tempat untuk olahraga seperti bulu tangkis, jogging, dan lain sebagainya.

Musholla Roudlotul Jannah di Taman Kota Salatiga (widiutami.com/Widut)

Kita juga bisa berwisata sambil belajar. Di taman kota ini terdapat bermacam-macam jenis tumbuhan dan tanaman yang diberi nama Indonesia dan latin di dekatnya. Tidak hanya belajar tentang flora, kita juga bisa belajar mengenal macam-macam fauna terutama untuk jenis unggas karena di taman ini terdapat beberapa jenis hewan yang disediakan untuk keperluan edukasi.

Melihat Burung Burung Beo di Tama Kota Salatiga (widiutami.com/Widut)

Sebetulnya masih banyak spot-spot yang kami ambil melalui kamera. Hanya saja sebagian diantaranya kurang sip untuk ditampilkan di sini. Jadi, jika kamu penasaran, silahkan datang aja langsung.

Tips Berwisata Di Taman Kota Salatiga

Beberapa tips berwisata di taman kota Salatiga ini mungkin bisa bermanfaat untuk kamu yang berencana untuk menikmati keindahan alam di Salatiga.

  • Bawalah payung atau mantel untuk berjaga-jaga ketika hujan datang secara tiba-tiba. Hal ini akan sangat berguna jika kamu sedang berada di tempat yang jauh dari gazebo dan ternyata hujan turun.
  • Bawa bekal makanan kalau berniat sedikit agak lama di sini. Untuk waktu-waktu tertentu seperti pagi hari, penjual makanan belum ada yang buka. Makan bekal bersama keluarga atau gebetan di taman ini akan terasa romantis.
  • Meskipun taman kota cenderung bersuhu dingin dan pohon-pohonnya sangat rindang (tempat yang mesum-able), jangan sekali-kali berencana mau berbuat mesum di sini karena ada petugas khusus untuk menangkap pengunjung yang tertangkap melakukan hal tersebut. Petugas ini dibentuk setelah tempat ini sering digunakan untuk melakukan perbuatan asusila tersebut.
  • Kalau butuh bantuan, silahkan menghubungiku. Selama aku ada di Salatiga dan tidak sedang sibuk, insya Allah akan dengan senang hati membantu.

Baca kisah kami sebelumnya mengenai kunjungan di Museum Purbakala Sangiran.

Pencarian Terkait:

  • taman kota salatiga
  • Bundaran Salatiga
  • Taman kota sala
  • tiket masuk taman kota Salatiga

Penilaian kamu?

Penyampaian Informasi
Alur Penyajian

User Rating: 4.24 ( 7 votes)

Tahukah Kamu Arti tawak-tawak?

ta·wak-ta·wak kl n gong kecil untuk memberi alamat, mengerahkan orang supaya berkumpul; dan sebagainya; tetawak
DMCA.com Protection Status
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: budairi@nusagates.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close