Nusagatech

Menghemat Paket Data Internet di Android

Paket data atau paket Sumber: Kamus Bahasa Indonesia edisi elektronik(2008)

'>internet menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar pengguna Android. Entah kebutuhan paket itu untuk keperluan bekerja atau sebatas untuk mencari hiburan melalui beragam layanan yang tersedia di jaringan internet.

[tahukah kata=”internet”]

Secara umum, OS (Operating System) Android melakukan permintaan (request) jaringan internet melalui dua cara yaitu foreground atau background service. Permintaan koneksi internet secara foreground hanya dapat dilakukan ketika pengguna membuka aplikasi Android bersangkutan. Sedangkan background service bisa meminta koneksi internet meskipun aplikasi Android tidak dibuka.

Contoh penggunaan koneksi foreground adalah ketika kita membuat status, komentar, atau aktivitas lainnya di aplikasi Facebook atau melalui browser. Sedangkan koneksi internet yang dijalankan melalui background service adalah aplikasi Facebook yang selalu mengecek data dari server setiap sekian detik untuk memastikan ada atau tidaknya notifikasi yang perlu dikirimkan kepada pengguna Facebook yang menggunakan aplikasinya.

Koneksi internet yang dijalankan melalui background service sering kali menghabiskan paket data internet tanpa disadari oleh pemiliknya. Jika hal ini dibiarkan maka pengguna Android akan menjadi boros dalam hal penggunaan paket internet. Walhasil sebagian paket data internet pengguna tersebut sering terbuang percuma untuk hal-hal yang sebetulnya tidak diperlukan alias mubazir.

[tahukah kata=”mubazir”]

Cara Menghemat Paket Data Internet

Cara untuk menghemat paket data internet bisa dilakukan dengan beragam cara namun pada catatan ini pembahasannya akan dibatasi pada seputar penggunaan background service.

Penghematan data internet dapat dilakukan dengan cara membatasi koneksi internet melalui background service yang dilakukan oleh aplikasi-aplikasi yang sebetulnya tidak begitu diperlukan. Untuk dapat melakukan hal tersebut, kita bisa membuka pengaturan penggunaan data atau data usage yang ada di menu pengaturan atau settings. Di dalam menu data usage, terdapat daftar aplikasi yang terinstall di Android. Ketika kita memilih salah satu maka akan ada pilihan untuk mencentang batasi/cegah penggunaan data background atau restrict background data atau semacamnya. Jika pilihan itu dicentang maka aplikasi tersebut tidak akan bisa mengakses internet jika tidak sedang dibuka atau dijalankan. Jika hal ini diterapkan pada aplikasi Facebook maka notifikasi atau pemberitahuan tidak akan diterima jika aplikasi Facebook tidak dibuka. Secara singkat langkah untuk mengaktifkan pembatasan penggunakan background data pada aplikasi android adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu pengaturan atau settings
  2. Pilih pengaturan penggunaan data atau data usage
  3. Pilih aplikasi yang akan dicegah penggunaan background data-nya
  4. Centang pilihan batasi penggunaan data background atau restrict background data

Cara lainnya untuk mematikan background data adalah dengan menginstall aplikasi VPN gratis yang disediakan oleh Facebook. Aplikasi tersebut bernama Protect Free VPN + Data Manager. Download aplikasi tersebut kemudian aktifkan. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Protect antara lain:

  • Mendapat peringatan ketika aplikasi menggunakan paket internet sangat banyak
  • Menggunakan VPN gratis, cepat, dan aman untuk melindungi data pribadi
  • Mencegah aplikasi untuk menggunakan background data
  • Membatasi penggunaan internet pada aplikasi hanya pada jaringan WIFI saja.
  • Mengatur notifikasi ketika suatu aplikasi melebihi batas penggunaan data yang ditentukan
  • Menambah lapisan keamanan dan enkripsi data
[tahukah kata=”enkripsi”]

Aplikasi protect terintegrasi dengan aplikasi Facebook. Bisa diakses melalui menu Mobile Data yang terletak di dalam kategori help and settings. Cara mengaksesnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Facebook
  2. Klik drop down menu atau ikon garis mendatar yang berjajar 3
  3. Scroll ke bawah sampai menemukan menu Mobile Data
  4. Jika aplikasi Protect belum terinstall maka akan diarahkan ke Play Store untuk mendownlodnya. Jika sudah terinstall maka akan langsung membuka aplikasi protect.

Berdasarkan pengalaman penggunaan, hari ini aplikasi Protect melaporkan telah menghemat data sebanyak 13 MB. Sedangkan total penggunaan data hari ini pada saat catatan ini ditulis adalah 81 MB. Jika aplikasi ini terus digunakan maka akan bisa membantu menghemat data sebanyak 390 MB dalam sebulan jika rata-rata penghematan data harian sebanyak 13 MB. Amd.

[tahukah kata=”menu”]

Tahukah Kamu Arti bayung-2?

ba·yung 2 Jk n daun kacang panjang (biasa disayur)
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close