Nusagatech

Menggunakan Fitur Instant Article di Facebook

Instant Article adalah fitur yang disediakan oleh Facebook untuk situs penerbit berita (news publisher) untuk menyajikan berita dengan cepat dan interaktif melalui aplikasi Facebook (aplikasi Android maupun Iphone). Pengguna Facebook yang menggunakan browser untuk mengakses Facebook tidak bisa menggunakan Instant Article.

Keunggulan fitur Instant Article adalah kecepatan loading artikel yang sampai 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan artikel yang disajikan melalui web browser (berdasarkan klaim Facebook). Rata-rata lama loading web yang diakses melalui browser adalah sekitar 8 detik. Jika klaim Facebook itu benar maka kecepatan loading artikel yang disajikan melalui Instant Article adalah dibawah 1 detik atau sekitar 0.8 milidetik. Selain itu, keunggulan lain fitur ini adalah mendukung konten interaktif seperti video, gambar statis, gambar animasi, grafik, ataupun lainnya.

Facebook menawarkan platform monetisasi melalui fitur Instant Article tersebut. Bagi publisher yang terbiasa dengan monetisasi artikelnya di web tidak perlu khawatir akan kehilangan pendapatan jika menggunakan hal ini. Model monetisasi yang ditawarkan antara lain: Facebook Audience Network, Direct-Sell Ads, atau iklan dari pihak ketiga yang dapat ditampilkan melalui iframe.

Cara Mendaftar Instant Article

Selain Fanspage dan Facebook App, Facebook tidak memberikan persyaratan khusus untuk bisa mendaftar pada fitur ini. Secara sederhana, langkah-langkah untuk mendaftar pada fitur ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengunjungi halaman pendaftaran Instant Artikel melalui link Pendaftaran Instant Article
  2. Setelah masuk ke halaman tersebut, selanjutnya kita diminta untuk memilih Fanspage yang ingin digunakan untuk memanajemen publikasi artikel
  3. Tambah admin pada Fanspage jika untuk model kolaborasi publisher
  4. Mendapatkan atau membuat aplikasi pengelola halaman yang mau didaftarkan Instant Article
  5. Hubungkan dengan situs web/blog. Pada tahap ini, kita akan mendapat kode khusus berbentuk tag meta <meta> yang perlu ditambahkan pada tag head <head>. Setelah kode ditambahkan maka selanjutnya klik tombol autorisasi di halaman pendaftaran Instant Article. Pengguna WordPress bisa dengan mudah melakukan tahapan ini dengan menggunakan plugin Instant Article for WP yang disediakan resmi oleh Facebook dengan kolaborasi bersama tim Automattic.
  6. Setelah situs berhasil diautorisasi maka tahap selanjutnya adalah menyiapkan Audience Network jika kita ingin memonetisasi artikel kita dengan iklan dari Facebook.
  7. Membuat template untuk artikel yang diterbitkan. Jika kita menggunakan Plugin WordPress maka bisa secara otomatis menggunakan template yang kita buat untuk menerbitkan artikel melalui RSS/Feed.
  8. Setelah semuanya selesai dikonfigurasi maka tahap selanjutnya adalah mengajukan permintaan review pada Facebook pada artikel-artikel yang mau diterbitkan melalui Instant Article. Untuk dapat mengirim permintaan review, kita sekurang-kurangnya harus mengirim 5 artikel untuk direview. Jika kurang dari itu maka tombol untuk minta review tidak aktif.

Proses review atau peninjauan aplikasi kita membutuhkan waktu antara 1 sampai 3 hari. Jika aplikasi kita disetujui maka kita akan bisa menggunakan fitur Instant Artikel ini untuk menerbitkan artikel kita dengan lebih cepat dan interaktif.

Kesalahan Umum Pendaftar Instant Article

Beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan pendaftar saat mendaftar Instant Article antara lain:

  1. Belum mengupload logo pada template/gaya yang telah disediakan (default) atau template custom yang dibuat. Penggunaan logo ini harus dilakukan untuk membranding artikel yang kita terbitkan. Tanpa upload logo pada template, kita tidak bisa mengajukan permintaan peninjauan (review).
  2. Belum memiliki cukup artikel. Untuk mendaftar pada fitur ini dan mengajukan permintaan review maka sekurang-kurangnya dibutuhkan 5 artikel yang siap saji.
  3. Belum melakukan autorisasi situs web yang mau digunakan sebagai sumber artikel yang mau diterbitkan. Autorisasi ini harus dilakukan karena semua artikel diambil dari situs yang telah diautorisi. Kita tidak bisa mengambil artikel dari situs lain untuk diterbitkan pada Fanspage kita melalui Instant Article.
  4. Belum membuat aplikasi pengelola halaman. Aplikasi ini harus dibuat untuk mendapatkan API key karena semua event yang dilakukan untuk keperluan penerbitan dilakukan melalui API jika kita mau membuat custom request pada fitur ini.

    Nusagates telah diterima Facebook untuk menerbitkan artikel-artikel yang dibuat melalui fitur Instant Article. Untuk mengetahui apakah suatu link artikel yang dishare pada Facebook menggunakan Instant Article atau tidak, kita bisa melihat pada icon flash yang ditambahkan pada preview link tersebut. Icon flash ini umumnya diletakkan pada sisi bawah bagian kiri preview atau di bawah judul artikel. Contoh artikel Nusagates yang diterbitkan melalui Instant Article bisa dilihat Screenshotnya di bawah ini:

    Screenshoot salah satu artikel Nusagates yang diterbitkan menggunakan Instant Article. Icon flash di bagian bawah judul adalah tanda bahwa link tersebut mendukung Instant Artice. Sedangkan Nusagates adalah nama Fanspage yang digunakan untuk menerbitkan artikel tersebut.

    Artikel yang telah diterbitkan melalui fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna Facebook yang menggunakan Aplikasi Facebook Android atau Iphone. Tidak hanya link yang dibagikan (share) oleh Fanspage saja. Setiap pengguna yang share link tersebut, entah melalui Fanspage atau langsung dari web maka akan tetap mendukung Instant Article. Jika pengguna Facebook mengakses link tersebut melalui mobile browser, desktop browser, atau selain kedua aplikasi Facebook yang disebutkan di atas maka akan dialihkan (redirect) ke web sumber artikel.

    Gimana, tertarik mau menggunakan Instant Article? Segeralah mendaftar. Jika ada pertanyaan bisa langsung kirim melalui komentar atau kirim melalui email [email protected]

    Kata Kunci
    Selengkapnya...

    Ahmad Budairi

    Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Close