Nusagatech

Menggunakan Adminlte Di Laravel

Aku adalah pendatang baru di dunia Laravel. Sebelumnya aku lebih suka membuat aplikasi secara natif atau tanpa framework sebelum berpindah ke Codeigniter beberapa bulan. Aku memutuskan pindah ke Laravel setelah membaca sebuah kutipan di dalam buku yang intinya menekankan bahwa laravel dapat mempercepat pembuatan aplikasi sehingga waktu programmer bisa digunakan untuk fokus memikirkan logika bisnis daripada berkutat pada logika program.

Awal-awal menggunakan Laravel membuatku harus banyak belajar dari internet, terutama Stackoverflow. Selain masalah routing url, hal pertama yang paling kucari adalah cara mengintegrasikan tema html. Setelah bisa mengintegrasikan tema html barulah mencari cara yang dapat mempercepat integrasi tersebut. Salah satu tema html andalan yang paling sering kugunakan untuk membuat aplikasi web adalah adminlte. Sehingga, saat menggunakan Laravel aku tetap berusaha menggunakannya pada aplikai-aplikasi yang aku buat.

Paket AdminLte Untuk Laravel

Adminlte yang dibuat oleh Almasaeed pada tahun 2010 itu telah dibuat sebagai paket khusus yang dapat digunakan pada project-project Laravel dengan mudah.  Nama paket di Github yang dibuat oleh Jeroen Noten adalah Laravel-AdminLTE.

Di dalam paket ini, sudah disediakan fitur untuk membuat halaman pendaftaran, login, reset password, kustomisasi tampilan (view), pembuatan menu, dan beberapa konfigurasi lainnya.

Integrasi AdminLte di Laravel

Cara mengintegrasikan AdminLte menggunakan paket Laravel-AdminLTE ini cukup mudah. Caranya adalah sebagi berikut:

  • Jalankan command di bawah ini pada cmd
  • Tambahkan service provider pada bagian providers di config/app.php
  • Publikasikan aset publik

Menambahkan Autentikasi

Kita bisa menambahkan autentikasi menggunakan paket Laravel-AdminLTE ini menggunakan command php artisan make:adminlte setelah itu kita tinggal menjalankan command php artisan migrate maka kita sudah bisa mencoba mendaftar pada aplikasi yang kita buat melalui alamat domain.com/register atau login melalui domain.com/login. Kita juga dapat mengganti alamat login dan register itu sesuai keinginan melalui config/adminlte.php .

Membuat Halaman Dashboard

Kita bisa menggunakan template blade untuk membuat halaman dashboard. Misalnya kita memiliki sebuah template blade home.blade.php maka kita bisa menambahkan kode di bawah ini ke dalamnya untuk membuat dashboard menggunakan tampilan adminLTE.

 

Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: nusagates@gmail.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close